My Blog List

Thursday 27 December 2012

Guru dan Murid

Bacalah "Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika"
kemudian tulislah coment di bawah ini.

82 comments:

  1. Nama :Susiati
    Npm :09144100021
    Kelas :7a1

    Sebagai guru kita harus mendengarkan keininan siswa yang segambreng itu dan tidak boleh mementingkan keegoisan diri, tapi sebagai manusia biasa bisakah guru itu menyanggupi permintaan siswa yang buanyak itu ya?...

    ReplyDelete
  2. Nama : Eko Purwanti
    Kelas : VII A2
    NPM : 09144100057

    Assalamu'allaikum Wr. Wb.
    Memang seharusnya seorang guru menyadari semua yang di sebutkan oleh "Si Murid Cerdas" demikian halnya saya sebagai seorang calon pendidik Insya ALLAH. Meskipun pada pelaksanaan nya juga amat susah terutama dalm memperlakukan murid-murid kita yang memiliki kemampuan, ras dan jenis kelamin yang "HETEROGEN". Tentu saja tiap-tiap pribadi tidak boleh diperlakukan sama rata, karena masing-masing memiliki karakter yang berbeda-beda. Langkah yang dilakukan adalah bagaimana MAtematika itu menyenangkan dan dapat ditangkap oleh masing-masing pribadi dalam 1 kelas yang kita ampu, sehingga bermanfaat bagi mereka.

    ReplyDelete
  3. Nama : Noraini
    NPM : 09144100048
    Kelas : VII A2
    Untuk menjadi seorang guru itu tidak mudah, terkadang ada keinginan-keinginan siswa yang tidak bisa dipenuhi karena keterbatasan kemampuan atau mungkin keegoisan guru. Terkadang yang membuat siswa merasa bosan adalah ketika guru menyampaikan materi pelajaran dengan cepat dan tergesa-gesa agar semua materi dapat dipelajari. Tanpa disadari oleh guru bahwa penyampaian semacam itu sulit untuk diingat siswa bahkan kadang kurang bermakna bagi pembelajaran siswa. Maka dari itu guru haruslah bisa mengerti dan berusaha memenuhi keinginan siswa, agar siswa dengan keadaan yang berbeda-beda (heterogen) dapat termotivasi serta mempunyai kemandirian belajar. Hal itu tentunya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif, menggunakan alat peraga, dan menggunakan website.

    ReplyDelete
  4. Nama : Retno Wahyudi
    Npm : 09144100066
    Kelas : VII A2
    saya baru tersadar bahwa untuk menjadi guru yang didambakan siswa tidaklah semudah membalik telapak tangan namun seorang guru yang baik harus mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan muridnya dalam proses belajar mengajar dikelas.Oleh karena itu, sebagai guru diharapkan dapat membimbing, melatih dan memberikan kesempatan untuk siswa mengembangkan kemampuannya secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan siswa, sehingga guru bertugas sebagai fasilitator.


    ReplyDelete
  5. Nama : Dyah Oktariana
    NPM : 09144100101
    Kelas : VII A3
    Menurut pendapat saya tentang Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika yaitu sebagai calon guru kita harus mampu menciptakan pembelajaran yang dinamis, fleksibel, dan kreatif, mengembangkan RPP yang flesibel, perlu membuat LKS , dan tidak hanya menggunakan metode ceramah saja tetapi dengan multi metode misalnya dengan diskusi, pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi pada siswa, memberi kesempatan pada siswa untuk membangun konsep, dan menyimpulkan bersama-sama dengan guru.

    ReplyDelete
  6. nama: Nurreta Eka Mawarsari
    kelas: A2
    semster: VII
    Sesungguhnya pembelajaran yang diinginkan murid Cerdas seperti itulah yang akan mencapai tujuannya. Setiap siswa pasti memiliki keunikan serta bakat dalam diri mereka,dan tugas kita sebagai pendidik untuk memberikan mereka kesempatan mengembangkan bakatnya...

    semoga kita bisa menjadi seorang pendidik yang baik seperti itu...
    AMIN

    ReplyDelete
  7. Nama : Ruri Latifah
    kelas :7A1
    npm : 09144100104

    Setelah membaca artikel trsbt, seharusny kita sebagai calon guru matematika harus berintropeksi diri, karena usaha dan ilmu yang kita miliki masih jauh dari apa yg si murid cerdas inginkan. Membaca artikel diatas, sy melihat pd diri sy sendiri apakah sy pantas menjadi guru si murid cerdas yg permintaanny begitu luar biasa! Semoga kita sebagai calon guru dapat menjadi sosok guru masa depan yang diingkan murid2 cerdas, Amin

    ReplyDelete
  8. Nama : Anis Hidayatun
    NPm : 09144100068
    Kelas : VII A2

    Elegi ini merupakan masukan bagi para guru bahwa sebenarnya apa yang diminta oleh murid cerdas itu adalah sesungguhnya harapan dan keingginan para murid pada gurunya agar dapat mendidik dengan sepenuh hati dan bukan hanya mengajar. Hendaknya guru bisa menjadikan elegi ini sebagai pijakan untuk menuju kearah perubahan yang lebih baik dalam proses pembelajaran di kelas, karena interaksi dengan murid bukan hanya satu arah tetapi dua arah seperti harapan murid cerdas tersebut.

    Semoga kita bisa menjadi guru yang benar-benar bisa menjadikan murid-murid kita cerdas... Amin

    ReplyDelete
  9. Nama : Sri Mustofiati
    NPM : 10144100091
    Kelas: VII/A4

    Guru adalah sosok yang menjadi panutan bagi semua murid-muridnya dan peran yang melekat padanya sangat penting bagi pembentukan karakter-karakter murid-muridnya.Untuk menjadi seorang guru, sangatlah perlu mengetahui lebih jelas tentang etika seorang guru sehingga dapat memahami tentang perilaku tepat yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam proses belajar mengajar di kelas.Dengan pengetahuan tentang etika seorang guru,diharapkan akan mampu menjadi seorang guru dengan pribadi yang menyenangkan dan bisa mendidik murid-muridnya dengan baik serta ikhlas dalam memberikan ilmu yang ia miliki.

    ReplyDelete
  10. Nama : Yuliana Astiti Mega Putri
    NPM : 10144100104
    Kelas: VII/A4

    Tidak ada cara Belajar dan mengajar yang paling baik dan sempurna, karena manusia adalah orang yang memiliki keterbatasan. Tetapi manusia harus berusaha untuk mencari cara belajar dan mengajar yang paling tepat, dan sesuai dengan karakter siswa. Dalam elegi ini siswa menghendaki agar guru mengajar dengan menggunakan metode yang bervariasi, kontekstual dan kooperatif, serta pembelajaran harus memberi kebebasan pada siswa untuk mengkontruksi atau membangun pengetahuannya sendiri, di sini guru bukan satu-satunya sumber belajar, guru hanya sebagai fasilitator dan siswa dapat mencari referensi dimana saja. Jadi siswa juga harus berusaha untuk mendapatkan cara belajar yang paling tepat dan sesuai dengan dirinya sendiri. Sedangkan guru harus berusaha untuk memberi kesempatan seluas-luasnya bagi siswa untuk belajar.

    ReplyDelete
  11. Nama : Eny Windarsih
    NPM : 09144100053
    Kelas : VII A2

    Pembelajaran dalam sekolah ditujukan untuk murid. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran seharusnya mengutamakan kegiatan siswanya dalam memperoleh ilmu, guru berperan sebagai fasilitator dan motivator. Hal itu dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang ada.

    ReplyDelete
  12. Nama : Siti Muflikhatun
    NPM : 09144100127
    Kelas : VII A3

    Masukan yang berharga buat kita yang selama ini jadi guru matematika, yang selalu menggunakan metode CTL (Catat Tulis Latihan).
    Elegi ini mengingatkan kita tentang pembelajaran yang semestinya. Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan agar siswa dapat belajar. Jika pembelajaran dilakukan seperti apa yang dikehendaki oleh Si Murid Cerdas,maka sesungguhnya pembelajaran seperti itulah yang akan mencapai tujuannya. Setiap siswa pasti memiliki keunikan serta bakat dalam diri mereka,dan tugas kita sebagai pendidik untuk memberikan mereka kesempatan mengembangkan bakatnya. Guru harus percaya kepada siswa untuk mengembangkan kemampuannya dengan cara yang mereka pilih sendiri.
    Semoga kita sebagai guru mau berendah hati untuk memahami kondisi yang dialami oleh murid-murid kita dan pembelajaran yang benar2 pembelajaran dapat kita wujudkan terhadap siswa.

    ReplyDelete
  13. nama: heni rokhmawati
    kelas: A4/VII
    NPM: 10144100204

    Menjadi seorang guru tidaklah mudah, khususnya guru matematika. guru dituntut untuk terus berinovasi, berkreasi, memaksimalkan potensi diri yang dimiliki agar siswa pun tidak jenuh, bosan , dan lebih mudah mencerna pelajaran, lebih mudah memahami, sehingga materi pun dapat tersampaikan dengan baik juga.

    ReplyDelete
  14. Nama : Tri Hartanto
    NPM. 09144100080
    Kelas: VIIA2
    Terima kasih pak. Atas masukan yang bapak berikan. Saya Mengerti bahwa jika besok menjadi guru matematika, haruslah menjadi guru yang kreatif dan inovatif serta pengetahuan yang di miliki oleh seorang guru harus selalu berkembang mengikuti peradaban zaman.

    ReplyDelete
  15. Nama : Dela indrawati
    Npm :09144100103
    Kelas :VIIA3

    Setelah membaca elegi tersebut, Saya mengerti seperti apa yang harus saya lakukan jika besok saya menjadi guru. Jadi guru haruslah kreatif, inovatif, serta berpengetahuan seiring berkembangnya zaman. Trimakasih atas masukan bapak.

    ReplyDelete
  16. Nama : ANDI PURNAMA
    Kelas : 7A2
    NPM : 09144100077


    ELEGI PERMINTAAN SI MURID CERDAS KEPADA GURU MATEMATIKA
    Setelah membaca Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika, banyak pengetahuan yang saya dapatkan. Memang benar permintaan-pemintaan si murid cerdas tersebut dirasakan oleh kebanyakan siswa yang pernah saya temui. Kita sebagai guru dan calon guru usahakan untuk mendengarkan dan mewujudkan permintaan dari murid-murid kita, kita hendaknya untuk berusaha berinovasi dalam menyampaikan materi pelajaran. Terus berjuanglah wahai para guru dan calon guru untuk menjadi guru yang profesionalisme.

    ReplyDelete
  17. NAMA : NUR KHANIFAH
    KELAS: A4/VII
    NPM : 10144100150

    Jika seorang murid diberi kesempatan untuk mengungkapkan isi hatinya tentang pembelajaran matematika maka yang akan mencul bahwa ternyata selama ini mungkin kita sebagai guru matematika telah salah memperlakukan mereka sebagai murid dan telah salah dalam malaksanakn pembelajaran matematika. Kita juga menyadari bahwa menjadi seorang guru matematika itu tidak mudah seperti yang kita bayangkan, tidak hanya bisa menyampaikan bahwa satu ditambah satu itu sama dengan dua, namun lebih dari itu. Dan pemahaman siswa tentang apa yang kita berikan itulah yang terpenting. Bgaaimana ilmu yang mereka peroleh bisa menjiwa dalam dirinya sehingga dapat digunakan. Bukan sibuk untuk mengejar apakah tujuan kita sudah tercapai sesuai yang direncanakan tanpa melihat apakah kompetensi siswa yang harusnya tercapai sudah tercapai atau belum. Karena hakikat belajar adalah kebutuhan dan kesadaran siswa, dan bukanlah kewajiban dan perintah-perintah guru. Pendidikan itu kegiatan jangka panjang bukan sesuatu yang instan.

    ReplyDelete
  18. Nama: Deswa Wiji Rachmawati
    Kelas: VII/A4
    NPM: 10144100136

    Seharusnya kita sebagai calon guru matematika harus berintrospeksi diri, karena usaha dan ilmu yang kita miliki masih jauh dari apa yang diinginkan oleh murid yang cerdas. sebagai calon guru kita harus bisa menyadari bahwa menjadi seorang guru matematika itu tidak mudah, tidak hanya sekedar menyampaikan materi saja, namun pemahaman siswa tentang apa yang kita sampaikan adalah yang utama dan penting. Semoga kita sebagai calon guru dapat menjadi sosok guru masa depan yang diingkan murid2 cerdas.

    ReplyDelete
  19. Nama : Hanif Nurhalimah
    NPM : 10144100122
    Kelas: A4-VII
    Guru yang baik adalah guru yang mampu memahami siswa. Memahami siswa dalam artian guru dapat mengerti apa yang menjadi kebutuhan belajar siswa, guru dapat mengerti bagaimana cara atau metode yang tepat untuk dapat membelajarkan siswa. Membelajarkan siswa artinya adalah siswa bukanlah obyek melainkan subjek dalam kegiatan pembelajaran, sehingga diperlukan suatu kemampuan guru untuk dapat memfasilitasi siswa untuk aktif dalam segala kegiatan pembelajaran, misalnya dengan menerapkan metode yang sesuai dan tidak tunggal, pembuatan LKS yang dibuat sendiri oleh guru sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan konsumsi belajar siswa, penugasan dalam kelompok-kelompok diskusi sehingga siswa dapat saling berinteraksi dan dapat membangun konsep, tidak hanya menerima semua ilmu pengetahuan dari guru. Sehingga yang paling utama adalah bagaimana guru dalam memfasilitasi siswa agar dapat membangun konsep yang hendak dicapai dan bukan hanya menerima dari guru.
    Itulah yang dapat saya serap dari artikel "Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika" tulisan dari Dr Marsigit,MA yang saya baca ini. Dengan membaca artikel ini, saya dapat memahami apa itu "ada" dan apa itu "tidak ada".
    terimakasih. :)

    ReplyDelete
  20. nama : nunung rahmanto
    npm : 09144100052
    Setiap guru mempunyai metode sendiri2 dalam mengajar matematika, kita tahu tidak ada metode yang paling benar....maka usahakan metode yang tepat untuk mengajar murid yang cerdas!

    ReplyDelete
  21. Elegi ini menjadi sebuah masukan karena menjadi seorang guru tidaklah gampang yang dikira,menjadi seorang guru harus mengerti betul karakter yang dimiliki siswanya. Terkadang ada saja siswa yang merasa bosan dan jenuh dengan cara mengajarnya atau bahkan dengan pelajarannya sehingga kita sebagai calon guru terlebih dahulu harus bisa memahami situasi kelas dan juga harus bisa memilih dan menerapkan sebuah model pembelajaran dan metode yang tepat dan inovatif.

    ReplyDelete
  22. NAMA :KUMOLOWATI HARIMURTI
    NPM :10144100235
    KELAS:A4
    Elegi diatas memberikan gambaran kepada kita betapa siswa sangat mendambakan sosok seorang guru yang mampu memberikan perhatian sepenuhnya terhadap proses pembelajaran, menjadikan pembelajaran matematika bermakna, menyenangkan, bermanfaat secara aplikatif, tidak membosankan, tidak membebani, memunculkan aktivitas matematika dalam pembelajaran, dan lain sebagainya sebagaimana yang telah dipaparkan pada elegi di atas sehingga siswa akan mampu mengembangkan matematika dalam tataran kognitif, afektif dan psikomotor. Dan sebagai calon pendidik ataupun yang sedang mendidik kita juga harus mempunyai model dan metode pembelajaran yang baik agar pembelajaran matematika itu menjadi efektif dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  23. MEGA PUSPITA PUTRI
    10144100203
    A4

    sungguh merupakan sebuah realita yang ada di Indonesia apa yang telah dipaparkan dalam sebuah elegy tersebut. Sebuah kritikan yang cerdas dan harusnya mampu membangunkan dan menyadarkan para pengajar dari penerus generasi bangsa ini, agar mau dan mampu mengubah pola belajar-mengajar yang selama ini telah diterapkan dan seakan telah mengakar menjadi sebuah system yang seolah-olah sangat wajar dan wajib diterapkan. Inovasi metode belajar mengajar harus segera dicanangkan untuk menciptakan para pengajar yang handal dan mampu memenuhi berbagai ‘kebutuhan’ murid dalam belajar. salah satu metode yang menurut saya sangat urgent untuk segera diterapkan adalah metode problem-based oriented agar para murid dapat memanfaatkan ilmu khususnya matematika yang mereka dapatkan secara formal dalam proses belajar-mengajar di sekolah untuk diterapkan dalam kehidupan nyata dan memecahkan masalah yang dihadapi khususnya yang bersifat matematis, sehingga ilmu tersebut benar-benar bermanfaat sebagai bekal kehidupan, bukan sekedar bacaan wajib dan angka dalam daftar nilai yang dapat diperoleh dari berbagai cara.

    ReplyDelete
  24. Jefti Mardayanti
    09144100110
    7A3

    Menurut saya setelah membaca "Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika" karya bpk Marsigit untuk menjadi guru yang baik itu tidak lah mudah. Guru atau calon guru harus dapat memahami kebutuhan siswa. Sehingga dengan terpenuhinya kebutuhan siswa tsb maka proses pembelajaran matematika di kelas dapat terlaksana dengan baik dan menyenangkan

    ReplyDelete
  25. Nama : Arinta Ghifar Akbari
    Npm. : 10144100194
    Kelas : A4

    Elegi ini (Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika) mengingatkan bagaimana seharusnya seorang pendidik yang baik itu. Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan agar siswa dapat belajar. belajar suatu ilmu itu lebih baik menemukan bukan diberikan karena sesuatu yang diberikan akan cepat habis, tetapi sesuatu yang ditemukan akan awet. Jika pembelajaran dilakukan seperti apa yang dikehendaki oleh Si Murid Cerdas,maka sesungguhnya pembelajaran seperti itulah yang akan mencapai tujuan secara maximal.

    ReplyDelete
  26. wiwik triwahyuni
    10144100234
    a4/5

    Menurut saya, elegy tersebut berisi tentang RPP, startegi, metode, pendekatan dan model pembelajaran. Dalam mengajar matematika sebaiknya menggunakan bemacam strategi agar belajar matematika itu menyenangkan dan dapat menumbuhkan kesadaran serta kebutuhan untuk belajar para siswa, meningkatkan daya pikir (pengetahuan), dan membangun kemampuannya sendiri dengan berbagai macam pengalaman

    ReplyDelete
  27. wiwik triwahyuni
    10144100234
    a4/5

    Menurut saya, elegy tersebut berisi tentang RPP, startegi, metode, pendekatan dan model pembelajaran. Dalam mengajar matematika sebaiknya menggunakan bemacam strategi agar belajar matematika itu menyenangkan dan dapat menumbuhkan kesadaran serta kebutuhan untuk belajar para siswa, meningkatkan daya pikir (pengetahuan), dan membangun kemampuannya sendiri dengan berbagai macam pengalaman

    ReplyDelete
  28. wiwik triwahyuni
    10144100234
    a4/5

    Menurut saya, elegy tersebut berisi tentang RPP, startegi, metode, pendekatan dan model pembelajaran. Dalam mengajar matematika sebaiknya menggunakan bemacam strategi agar belajar matematika itu menyenangkan dan dapat menumbuhkan kesadaran serta kebutuhan untuk belajar para siswa, meningkatkan daya pikir (pengetahuan), dan membangun kemampuannya sendiri dengan berbagai macam pengalaman

    ReplyDelete
  29. Nama : Nevi Ristiana
    NPM : 10144100222
    Kelas : A4

    Dalam artikel tersebut, Si murid cerdas menginginkan pola mengajar guru yang lebih inovatif, dimana semua siswa juga ingin diberikan kesempatan untuk melakukan aktivitas pembelajaran dikelas, tanpa harus selalu mendengarkan ceramah dari guru. Selain itu, si murid cerdas juga menginginkan guru dapat memberikan fasilitas sumber belajar yang baik, sehingga akan menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan. Dengan siswa merasa senang dengan pembelajran tersebut, maka sedikit demi sedikit siswa akan senang dengan matematika dan berusaha mencari sumber-sumber yang lain.
    Untuk itu, agar proses pembelajaran dapat menyenangkan dengan hasil belajar yang memuaskan, maka perlu adanya perbaikan pola mengajar guru agar proses pembelajaran tersebut. Selain itu, juga sangat dibutuhkan interaksi yang baik antara guru dan siswa

    ReplyDelete
  30. Nama : Nessawati Miramar
    NPM : 10144100001
    Kelas A1

    Menurut saya isi dari elegi si murid cerdas adalah bentuk kewajiban-kewajiban seorang guru. dan sebagai seorang guru menyajikan pembelajaran yang menarik dan inofatif serta memahami karateristik dan kerakter siswa adalah hal yang wajib dilakukan

    ReplyDelete
  31. Fitriana Purnamasari1 January 2013 at 22:35

    Nama : Fitriana Purnamasari
    NPM : 09144100086
    Kelas : VII A2

    Assalamu'alaikum wr wb
    Terima kasih, dalam elegi ini memberikan pengetahuan bahwa seorang guru harus memiliki metode dalam pembelajaran yg tidak monoton dan harus berganti-ganti sesuai dengan kondisi siswa.

    ReplyDelete
  32. nama : Anis Kristini
    NPM : 09144100087
    Kelas: 7-A2
    pembelajaran matematika itu memang butuh proses dan persiapann yang benar-benar matang. pembelajaran matematika itu tidak bisa hanya disampaikan guru kepada siswa melalui transfer rumus-rumus singkat. pembelajaran itu akan bermakna jika siswa tahu bagaimana konsep matematika itu diperoleh, tau jalan mengerjakannya, siswa dapat memecahkan masalah yang diberikan. bahkan akan lebih mengena lagi jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa tersebut akan lebih paham dan jelas. pembelajaran juga akan lebih menyenangkan jika terjadi interaksi yang baik antara siswa dan guru, bahkan jika kegiatan pembelajaran dikemas sedemikian cantiknya sehingga dapat diterima siswa. pembelajaran matematika juga bisa dibantu dengan media misalnya alat peraga dengan tujuan memperlancar pemahaman matematika siswa .

    ReplyDelete
  33. NAMA : MOCHAMAD SACHIRUDIN
    NPM: 09144100038
    KELAS: 7A1
    Menurut saya setelah habis baca pak, Elegi ini merupakan masukan bagi para guru bahwa sebenarnya apa yang diminta oleh murid cerdas itu adalah sesungguhnya harapan dan keingginan para murid pada gurunya agar dapat mendidik dengan sepenuh hati dan bukan hanya mengajar. Bagi para guru hendaknya menjadikan elegy ini sebagai pijakan untuk menuju ke arah perubahan yang lebih baik dalam proses pembelajaran di kelas, karena interaksi dengan murid bukan hanya satu arah tetapi dua arah seperti harapan murid cerdas tersebut. Semoga kita bias menjadi guru yang benar-benar digugu dan ditiru dan mendidik bukan mengajar. Dan ternyata murid itu mempunyai bermacam keinginan yang dipendamnya terhadap gurunya, keinginan yang tak pernah terucap pada gurunya, karena mungkin rasa takutnya apalagi pada seorang guru matematika yang dikenal killer. Mulai ini kan kucoba untuk mendengar keluh kesah mereka tentang belajar matematika dan mencoba untuk memenuhi keinginan mereka.

    ReplyDelete
  34. nama: Eni Wulandari
    NPM: 09144100069
    kelas:A2

    memang sebagai guru bukan hanya mengajarkan materi saja melaikan harus dapat memvisualisasikan dalm kehidupan nyata, sehingga siswa paham akan materi yang diajarkan.
    dan guru harus dapat menerapkan berbagai metode, pendekatan, strategi untuk menunjang terjadinya interaksi dengan siswa. tak hanya itu guru juga harus dapat memotivasi siswa untuk menyukai matematika yangkonon katanya sangat dihindari/ tidak disukai siswa.

    ReplyDelete
  35. Nama : Rohmat Yuliyanto
    NPM : 09144100135
    Kelas : 7.A4

    Subhanallah….. Apa yang telah saya baca benar-benar memberikan insprasi dan motivasi saya sebagai calon guru dan juga sebagai guru. Benar-benar pantas untuk dibaca oleh guru, tidak hanya guru matematika saja. Kemungkinan banyak sekali guru yang menggunakan metode CTL (Catat Tulis Latihan) atau ceramah, contoh soal, soal latihan dan ulangan. Dengan membaca "Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika" saya menyadari sepenuhnya bahwa tidaklah mudah menjadi seorang guru yang tidak hanya sekedar mentrasfer ilmu pengetahuan.
    Guru, tidak hanya DIGUGU dan DITIRU. Tidak hanya sebagai alat pentransfer ilmu, sebagai orang yang mendikte, mengajari, menanamkan konsep, tetapi jauh lebih dari semua itu.
    Guru harus bisa merencanakan pembelajaran yang efektif, efisien dan mampu membangun konsep belajar yang baik bagi siswa. Guru ibarat sutradara yang menyusun skenario pembelajaran dikelas dengan berbagai lakon dan alur cerita yang berbeda dan penuh dengan kenyamanan belajar. Apalagi untuk guru mata pelajaran matematika. Sudah saatnya saya, kita dan semua guru untuk dapat menentukan model, metode dan strategi belajar yang cocok digunakan untuk siswa-siswa kita.
    Semoga dengan selalu mengingat apa yang telah saya baca dalam "Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika" saya dapat menjadi guru yang dapat membelajarkan matematika dengan menyenangkan dan bermakna.
    Amin.

    ReplyDelete
  36. Siswa menginginkan kenyamanan dalam belajar, rasa tenang dan rasa iklhas agar mereka mampu menyerap ilmu yang di salurkan oleh guru. Siswa juga ingin merasa dekat dan dihargai oleh guru, mereka ingin selalu di sapa, dan disentuh dengan perhatian, diberi kesempatan untuk berfikir dan mempelajari matematika dengan nyaman dan senang. Bukan dengan rasa terpaksa karena tuntutan target dalm satu semester atau satu tahun.
    Untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam mempelajari matematika, maka guru haruslah mengenali siswa mereka, mulai dari psikologisnya, cara belajar dan kemampuan mereka dalam menyerap ilmu. Dengan begitu guru mampu menetukan metode-metode untuk menyampaikan materi-materi pada siswa-siswanya dengan tanpa mengebaikan kemampuan siswa, cara belajar dan kebutuhan siswa yang tidak sama.

    Nama : Sri Winarni
    NPM : 09144100132
    kelas : A4

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Nama : Mukholis
    NPM : 09144100138
    Kelas: 7A4

    INSPIRASI LUAR BIASA.
    Sungguh mulia menjadi seorang guru matematika jika hal tersebut semua dapat dicoba, kita hanya bisa berusaha dan tentunya kesempurnaan dalam tindakan memang kelihatannya mustahil akan tetapi paling tidak kita sudah mencoba dengan segenap kemampuan dan kapasitas untuk membelajarkan matematika yang menyenangkan, mengkonstruksi pengetahuan sendiri seperti pepatah "Berilah saya kail bukan Ikannya".
    Satu hal yang menggelitik didunia modern sekarang yaitu "Aku juga menginginkan agar engkau mampu menggunakan teknologi canggih seperti website dalam pembelajaranmu. Kenapa guru, aku belajar matematika musti menunggu hari Selasa, padahal pada hari Selasa yang telah aku tunggu-tunggu terkadang engkau tidak dapat mengajar dikarenakan mendapat tugas yang lebih penting. Aku sangat kecewa akan hal ini". Kemajuan yang sungguh pesat, membawa kita ke dalam dunia yang tanpa batas, namun bagaimanapun juga tatap muka dalam pembelajaran matematika menurut saya hal yang tak pernah bisa tergantikan.

    ReplyDelete
  39. Siti Nur Aenni
    09144100093
    VII/A3

    Sebagai siswa berhak mendapat pengetahuan dari guru dan guru berkewajiban memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa dengan memperhatikan pribadi siswa yang beraneka ragam. Guru harus mampu mengerti apa yang siswa inginkan ketika proses pembelajaran, sehingga siswa mampu dengan mudah menerima ilmu pegetahuan dari seorang guru. Guru seharusnya juga tidak mementingkan kemauan pribadinya dalam memberi pembelajaran karena dapat mematikan kemauan siswa untuk belajar dan berkembang.

    ReplyDelete
  40. Nama : Siswantini
    NPM : 09144100117/ VII A3
    Menurut pendapat saya setelah membaca dan memahami “elegi si murid cerdas kepada guru matematika” adalah sebagai seorang guru khususnya guru matematika kita harus menciptakan dan memfasilitasi pembelajaran agar tercipta pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan. Sebelum melakukan proses pembelajaran hendaknya guru membuat RPP, silabus, media yang digunakan (LKS, CD pembelajaran, website dll). Model pembelajaran kooperatif sangat membantu siswa untuk aktif dan mengarah pada pembelajaran students centre. Dalam pembelajaran kooperatif siswa bertindak sebagai subyek dan obyek belajar sedangkan guru sebagai motivator dan fasilitator.

    ReplyDelete
  41. Fitri Nugraheni
    09144100096
    VII/A3


    Cara mengajar guru harusnya tidak hanya dengan berceramah saja, namun guru harusnya memberikan kesempatan kepada siswanya untuk berkreatifitas agar dapat meningkatkan daya pikir siswa.

    ReplyDelete
  42. Nama : Eka Prasetyawati
    NPM : 09144100109
    Kelas : VII/A3

    Melihat permintaan-permintaan dari murid diatas, maka dalam mengajar matematika guru sebaikanya bersikap profesional seperti mengembangkan RPP, membuat LKS yang dapat membantu siswa untuk menemukan konsep terhadap materi yang dipelajari, menggunakan metode yang beragam dalam setiap pembelajaran, dan juga tidak membatasi kemampuan siswa ketika proses pembelajaran matematika. Semoga semua guru dapat memenuhi permintaan dari murid cerdas tersebut, sehingga pembelajaran matematika akan lebih bermakana bagi murid-murid.

    ReplyDelete
  43. Nama : Mei Indah Lestari
    kelas : VII A2
    NPM : 09144100049

    Membaca elegi di atas rasanya sudah cukup mewakili keinginan semua siswa,,, sebagai calon guru memang harus bisa membaca apa yang siswanya butuhkan sehingga transfer ilmu dengan di imbangi metode yang tepat untuk menemukan konsep matematika dan aplikasinya terkesan tidak sia-sia.

    ReplyDelete
  44. HAti ini terketuk oleh keinginan semua murid kepada seorang guru matemetika. seorang guru harus profesional dalm mentransfer ilmu dan membentuk kepribadian siswa yang baik. dimana baik, sebelum, saat, dan setelah mengajar haruslah memperhatikan sejauhmana pencapaian siswa dalam menerima transfer ilmu. jadi guru harus fokus dan siswalah yang menjadi fokus guru (Student Centre).
    Agus sunaryo
    09144100005/7A1

    ReplyDelete
  45. Nama : Ratih Ahiran
    Kelas : A4
    NPM : 10144100142

    Pada dasarnya, menjadi seorang guru itu bukan hal yang mudah. Selain memberikan materi, guru harus bisa menarik perhatian siswa agar senang belajar matematika. Guru harusnya membuat siswa menyenangi pelajaran matematika, bukan membuat siswa tegang dengan materi-materi yang harus mereka kuasai demi mengejar terpenuhinya kurikulum. Seorang guru matematika yang baik adalah guru yang mampu membuat siswanya menyenangi pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  46. nama : puji harso
    kelas : 7A2
    npm 09144100054

    Elegi ini merupakan salah satu dari sekian elegi yang Bapak postingkan, yang menurut saya bisa menjadi acuan bagi kita semua khususnya dalam proses belajar-mengajar dan dalam proses menjadi guru yang ideal. Tidak mudah memang menjadi guru yang bisa memenuhi semua permintaan yang ada, namun kita dapat mendekati dari apa yang menjadi kriteria seperti yang telah dijabarkan di atas. Dengan selalu menggunakan berbagai variasi di dalam PBM misalnya dengan memilih model, pendekatan, strategi ataupun metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan serta yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Selain itu dengan menggunakan berbagai media yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan suatu konsep dan mampu membantu siswa mengkonstruksi ilmu di dalam dirinya,

    ReplyDelete

  47. nama: Endah Sri Setyaningsih
    kelas: 7A4
    NPM: 09144100154

    Pada hakekatnya menjadi seorang guru itu tidaklah mudah, khususnya guru matematika. Sebagai seorang guru kita harus pandai2 memahami kondisi kelas maupun kondisi masing siswa.Sebagai seorang guru harus mampu menarikperhatian siswa, menghidupkan kelas, dan membuat pelajaran menjadi pelajaran yang disenangi oleh semua siswa.

    ReplyDelete
  48. elegi seorag guru terutama guru matematika harusnya bisa membuat pelajaran matematika menjadi mudah untuk dipahami dan terutama bisa mengajak siswa untuk belajar matematika yang menyenanhkan. sehingga siswa tidak takut dan tidak mudah bosan untuk belajar matematika, bisa membuat kelas menjadi nyaman dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  49. nama : rizqi kurnia w
    kelas :7A4
    NPM :09144100150

    elegi seorag guru terutama guru matematika harusnya bisa membuat pelajaran matematika menjadi mudah untuk dipahami dan terutama bisa mengajak siswa untuk belajar matematika yang menyenanhkan. sehingga siswa tidak takut dan tidak mudah bosan untuk belajar matematika, bisa membuat kelas menjadi nyaman dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  50. pada hakekatnya tugas seorang guru tidaklah mudah terutama guru matematika, seorang guru matematika harus bisa membuat pelajaran matematika menyenangkan, mudah dipahami, menarik perhatian siswa, dan dapat membuat kelas menjadi kondusif agar siswa bisa menyukai matematika. sehingga siswa tidak merasa bahwa matematika sebagai pelajaran yang sulit, membosankan, dan pelajaran yang menakutkan.

    Nama : Rina Parwitasari
    NPM : 09144100037
    Kelas : 7A1

    ReplyDelete
  51. Nama : Tri Wijiningsih
    NPM : 09144100120
    Kelas: VII A3
    Menurut pendapat saya tentang "elegi permintaan si murid cerdas kepada guru matematika" adalah sebagai seorang guru yang baik maka guru harus memberi contoh-contoh yang baik dan mampu mendidik muridnya dengan baik pula dalam memberikan ilmu yang diajarkannya, serta dapat memberi kesempatan seluas-luasnya kepada semua murid untuk belajar dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya dengan caranya sendiri.

    ReplyDelete
  52. Tugas seorang guru tidaklah mudah. Setelah saya membaca alegi tersebut, banyak hal yang dapat saya ambil. Salah satunya harus berfikir bagaimana caranya membuat pembelajaran matematika menjadi menarik, tidak membosankan bagi siswa dan tentunya selalu melibatkan siswa menjadi aktif di setiap pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran harus diperhatikan agar dapat mencakup semua aspek tersebut.

    Nama : Siti Muna
    NPM : 09144100003
    Kelas : VII A1

    ReplyDelete
  53. Nama : Susanti
    Kelas : 7A3
    NPM : 09144100091

    Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika

    Setelah membaca elagi diatas, saya beru mengerti isi hati murid-murid yang sebenarnya. Apa yang mereka inginkan untuk bisa belajar lebih giat serta memahami berbagai materi yang disampaikan oleh guru. Melihat bebrbagai isi hati dan permintaan murid-murid di dalam elegi di atas, saya merasa belum ada apa-apanya sedikitpun, belim bisa merasakan apa yang sedang dirasakan murid-murid saat pembelajaran matematika berlangsung. Berkat membaca elegi di atas saya sadar bahwa, saya harus banyak belajar lagi.

    ReplyDelete
  54. Nama: Dede Rostianah
    NPM :10144100193
    Kelas:A4
    setelah membaca elegi permintaan Si murid cerdas kepada guru matematia, menurut saya menjadi seorang guru khususnya guru matematika tidaklah mudah dalam memahami keinginan siswa yang heterogen. matematika telah menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit, karena itu sebagai guru matematika perlu merubah pemikiran negatif tersebut menjadi sesuatu yang positif. sebagai contoh, dalam penyampaian materi, diusahakan agar semua siswa fokus dan mengikuti pembelajaran matematika. itu tidaklah mudah, maka pembelajaran perlu dibuat kreatif agar menarik minat siswa dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai maksimal.

    ReplyDelete
  55. nama: endang lestari
    kelas: VII A2
    npm: 09144100076

    Elegi ini merupakan masukan bagi para guru bahwa sebenarnya apa yang diminta oleh murid cerdas itu adalah sesungguhnya harapan dan keingginan para murid pada gurunya agar dapat mendidik dengan sepenuh hati dan bukan hanya mengajar. Hendaknya guru bisa menjadikan elegi ini sebagai pijakan untuk menuju kearah perubahan yang lebih baik dalam proses pembelajaran di kelas,

    ReplyDelete
  56. rini harti
    09144100149
    a4 / 7

    kita tidak bisa belajar sendiri kita membutuhkan orang lain dalam menggapai ilmu dan citi-cita

    ReplyDelete
  57. Nama: Nurul Safitri
    Kelas: 7a1
    NPM: 09144100029

    Sikap serta totalitas sebagai seorang PENDIDIK sudah sepantasnya dimiliki dari dalam hati dan tindakan seorang guru dalam mendidik anak didiknya.
    Tidak cukup hanya dengan "modal ilmu texboook" saja.
    Guru harus bisa memahami kondisi kejiwaan anak didiknya yang notabene ada perbedaan tingkat kecerdasan serta beragam bentuk kehidupan anak didik diluar sekolah.
    Guru adalah salah satu sumber dari kompleksitas ilmu pendidikan.

    ReplyDelete
  58. Nama : Hanik Setiyaningsih
    NPM : 10144100023
    Kelas : A1

    Selama ini kebanyakan guru masih mengajarkan matematika dengan cara tradisional, mereka hanya berpola atau berprinsip: "untuk siswa-siswa yang bermacam-macam kemampuan, engkau hanya mengajarinya matematika yang sama, dalam waktu yang sama, dengan tugas yang sama, dengan metode mengajar yang sama, dan mengharapka hasil yang sama, yaitu hasil yang sama dengan apa yang engkau pikirkan". Padahal sebenarnya bukan itu yang siswa inginkan.
    Karena Matematika merupakan salah satu ilmu yang dibenci oleh kebanyakan siswa, untuk itu seorang guru matematia harus mampu embuat siswanya tertarik pada matematika, antara lain dengan menggunakan metode-metode yang diinginan siswa atau sesuai dednga karakter siswa.

    ReplyDelete
  59. Nama : Yopin Saputri
    Kelas : A6/V
    NPM : 10144100196

    Dari uraian tersebut dapat jelas disampaikan bahwa dalam mengajar bukanlah hanya sebuah mentransfer ilmu saja..tetapi proses pemberian ilmu itu juga harus diperhatikan. Siswa butuh melakukan aktivitas juga tidak halnya melulu tentang guru saja yang beraktivitas dalam kelas. Terutama untuk mata pelajaran matematika ini, yang banyak ditakuti oleh siswa. Dengan banyak melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran maka suatu pembelajaran itu dapat mudah dipahami oleh siswa dan siswa tidak merasa bosan dengan metode2 yang seperti itu2 saja.

    ReplyDelete
  60. Nama : Yopin Saputri
    Kelas : A4
    NPM : 10144100196

    Dari uraian tersebut dapat jelas disampaikan bahwa dalam mengajar bukanlah hanya sebuah mentransfer ilmu saja..tetapi proses pemberian ilmu itu juga harus diperhatikan. Siswa butuh melakukan aktivitas juga tidak halnya melulu tentang guru saja yang beraktivitas dalam kelas. Terutama untuk mata pelajaran matematika ini, yang banyak ditakuti oleh siswa. Dengan banyak melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran maka suatu pembelajaran itu dapat mudah dipahami oleh siswa dan siswa tidak merasa bosan dengan metode2 yang seperti itu2 saja.

    ReplyDelete
  61. Nama :Auliya Rahmah
    Kelas :A3
    NPM :09144100095

    Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika, telah mengajarkan kepada saya bahwa sebagai calon guru tidaklah cuma berbekal ilmu tetapi juga harus bisa belajar memahami sifat2 dari semua muridnya, mencoba mendengarkan pendapat2 dari murid2nya, karena menurut saya jika ada hubungan yang baik antara guru dan murid maka pembelajaran akan berlangsung lebih menyenangkan.

    ReplyDelete
  62. nama : Tutut Sulistyo putri
    kelas :A4
    NPM : 09144100148

    Adakah murid sekarang yang bisa berfikir sejauh itu..selama saya menjadi seorang murid. tidak pernah terpikirkan saya meminta hal2 semacam itu untuk guru saya. tapi jika saya ditadirkan menjadi seorang guru ,semoga bisa memenuhi permintaan murid cerdas itu.

    ReplyDelete
  63. nama: prita diah palupi
    npm: 09144100111
    kelas: 7A3

    Untuk menjadi seorang guru, sangatlah perlu mengetahui lebih jelas tentang etika seorang guru sehingga dapat memahami tentang perilaku tepat yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam proses belajar mengajar di kelas.Dengan pengetahuan tentang etika seorang guru,diharapkan akan mampu menjadi seorang guru dengan pribadi yang menyenangkan dan bisa mendidik murid-muridnya dengan baik.seorang Guru tidak hanya pandai dalam materi yang diajarkan tetapi harus pandai dalam menyampaikan materi itu kepada muridnya agar pembelajaran khususnya matematika menjadi seperti yang diharapkan si murid pintar.

    ReplyDelete
  64. Pemahaman saya dari tulisan di atas guru yang baik bukan hanya pandai, jenius ataupun mahir menyelesaikan berbagai macam soal. Tetapi guru yang baik adalah guru yang dapat membuat siswanya paham dan mengerti apa yang diajarkan.

    ReplyDelete
  65. Nama : Oktaviani
    Kelas : A4
    Npm : 09144100133
    Pemahaman saya dari tulisan di atas guru yang baik bukan hanya pandai, jenius ataupun mahir menyelesaikan berbagai macam soal. Tetapi guru yang baik adalah guru yang dapat membuat siswanya paham dan mengerti apa yang diajarkan.

    ReplyDelete
  66. nama : tri haryani
    kelas : A4
    NPM : 09144100131

    mudah-mudahan jika saya menjadi seorang guru saya dapat menjadi guru yang di butuhkan oleh siswa seperti keinginan siswa cerdas pada elegi diatas. amin.

    ReplyDelete
  67. Nama : Ari Dwi Astuti
    Kelas : A3
    NPM : 09144100106

    Elegi ini mengingatkan kita, terutama kita sebagai calon guru. Bahwa perubahan-perubahan dalam pembelajaran perlu dilaksanakan. Inovasi-inovasi dalam pembelajaran penting dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Seperti merubah metode mengajar yang hanya yang menggunakan metode ceramah menjadi menggunakan menggunakan metode yang bermacam-macam, dan lebih mengutamakan teacher oriented daripada student oriented sehingga berimplikasi pada peningkatan pemahaman konsep siswa.

    ReplyDelete
  68. Nama : Ismiyati
    NPM : 09144100035
    Kelas : A1

    Subhanallah Cerdas sekali murid yang seperti itu...
    Luar biasa....
    Tapi bagaimana dengan gurunya..bagaimana cara untuk memenuhi keingingan muridnya yang secerdas itu....??
    Memang tidak mudah bagi saya seorang calon guru untuk memenuhi keinginan murid yang serentetan itu nantinya....misal itu adalah keinginan satu murid sedangkan banyak murid yang harus kita didik nanti,
    Untuk memenuhi itu semua kita harus tau karakteristik siswanya terlebih dahulu. ya mungkin hanya dengan menerapkankan model-model pembelajaran yang sesuai, kita bisa memenuhi satu persatu dari serentetan keinginan siswa yang luar biasa cerdasnya itu.

    ReplyDelete
  69. Nama : Khusni Salamah
    Npm : 09144100034
    kelas :7A1
    Komentar : setelah saya baca artikel ini, saya sadar bahwa jadi seorang guru itu mempunyai tantangan yang besar , apalagi menjadi guru Matematika. Dari atikel ini saya saya dapat pelajaran yang banyak dan sebagai calon guru saya akan berusaha menjadi guru yang kreatif, tidak membosankan, dapat memehami siswa – siswa ku dan dapat menjadi guru sekaligus sahabat darisiswa –siswa ku. Amin .....

    ReplyDelete
  70. Nama : Astri Ayomi
    kelas :a3
    NPM :10144100114
    menjadi seorang guru khususnya guru matematika tidaklah mudah dalam memahami keinginan siswa yang heterogen. matematika telah menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit, karena itu sebagai guru matematika perlu melakukan perubahan yang lebih inovatif dan kreatif,agar pandangan terhadap matematika berubah menjadi positif dan lebih disukai.

    ReplyDelete
  71. Chatarina Sinta Krisnawati
    09144100063
    7A2
    Kata murid :Aku menginginkan agar pelajaran matematika itu menyenangkan bagi diriku, memberi semangat kepadaku, dan bermanfaat bagiku.
    ini merupakan salah satu tanggan bagi guru dan calon guru agar siswa bisa belajar lebih baik

    ReplyDelete
  72. Suli Praminta Sari
    09144100075
    7a2
    asslmkm wr. wb..
    elegi ini sangat bermanfaat bagi saya, terimaksh.

    ReplyDelete
  73. Margaretha Retno Anggraeni
    09144100028
    7A1
    Menjadi seorang guru dalam memenuhi keinginan siswa tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan, ketika seorang siswa yang mempunyai kemampuan intelektualnya lebih tinggi dari yang lain mengiginkan suatu proses belajar yang beda, tetapi belum tentu siswa yang lain mempunyai pemikirn yang sama dengan siswa tersebut, sebaiknya menjadi calon guru kita harus bisa memikirkan bagaimana caranya jika kita dihadapkan pada keadaan yang seperti itu, hendaklah kita jangan pilih kasih, tetapi kita dapat memperlakukan dengan sama terhadap siswa-siswa kita.

    ReplyDelete
  74. INDAH PUSPITA DEWI (09144100027)
    7A1
    Semua siswa pasti mengunginkan pembelajaran yang menyenangkan jadi agar matematika menjadi suatu pelajaran yang menyenangkan kita dapat mengguna berbagai macam metode pembelajaran selain itu kita sebagi guru jangan mementingkan kepentingan diri sendiri berilah kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat mereka.Merubah prinsip – prinsip pembelajarn menjadi untuk siswa yang berbeda-beda, seyogyanya mempelajari matematika yang berbeda dan bermacam-macam, walau memerlukan waktu yang berbeda-beda, tetapi dengan metode yang berbeda-beda pula, alat yang berbeda-beda pula, serta hasil yang boleh berbeda, yaitu boleh berbeda dengan apa yang kita pikirkan
    LKS adalah alat bagi siswa untuk beraktivitas untuk menemukan ilmu atau menemukan rumus matematikanya. Maka seorang guru harus menembangkan sendiri LKS nya. Tiadalah orang lain mengetahui kebutuhan guru yang bersangkuta, maka sebaiknya LKS yang digunakan dibuat oleh gurunya sendiri.

    ReplyDelete
  75. kurikulum pendidikan saat ini tengah mengedepankan proses "membelajarkan" siswa, bukan lagi pengajaran saja. hal tersebut tentu harus didukung oleh kompetensi/kemampuan guru dalam dalam menerapkan berbagai macam model2 pembelajaran yang mengedepankan konstruktifis serta mengaktifkan siswa-siswanya

    Farida Ulfah
    09144100089
    VII A2

    ReplyDelete
  76. Nama : Novika Ratna Nuriani
    NPM : 09144100026
    Semester : VII A1

    Seorang guru matematika sudah seharusnya memberi kesempatan yang luas kepada para siswanya untuk berperan lebih aktif dalam proses pembelajarannya, sehingga mereka mempunyai kesempatan yang luas untuk membangun pengetahuan matematikanya sendiri sesuai dengan potensi dan pengalamannya masing-masing. Guru dituntut untuk lebih berperan sebagai fasilitator daripada sebagai satu-satunya sumber utama dalam proses pembelajaran. Sebaliknya, siswa harus diberi kesempatan seluas-luasnya untuk berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  77. NAMA; ILHAM SANJAYA
    NPM; 09144100062
    KELAS 7A2

    Elegi ini mengingatkan kita tentang pembelajaran yang semestinya. Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan agar siswa dapat belajar. Jika pembelajaran dilakukan seperti apa yang dikehendaki oleh Si Murid Cerdas,maka sesungguhnya pembelajaran seperti itulah yang akan mencapai tujuannya. Setiap siswa pasti memiliki keunikan serta bakat dalam diri mereka,dan tugas kita sebagai pendidik untuk memberikan mereka kesempatan mengembangkan bakatnya. Guru harus percaya kepada siswa untuk mengembangkan kemampuannya dengan cara yang mereka pilih sendiri.
    Semoga kita sebagai guru mau berendah hati untuk memahami kondisi yang dialami oleh murid-murid kita dan pembelajaran yang benar2 pembelajaran dapat kita wujudkan terhadap siswa.

    ReplyDelete
  78. nama : Dwi Lestari
    npm : 10144100215
    kelas : A4/VII
    Dalam elegy ini, saya sebagai calon guru dapat menyadari yang seharusnya saya lakukan untuk menjadi guru si murid cerdas adalah saya dapat mendidik dengan sepenuh hati dan bukan hanya mengajar. Dan saya haruslah menjadi guru yang kreatif dan inovatif serta pengetahuan seorang guru harus selalu berkembang mengikuti zaman.

    ReplyDelete
  79. Nama : Chusniatun
    NPM : 09144100014
    Semester/Kelas : VII/A1
    Murid mempunyai banyak permintaan terhadap guru. Sebagai seorang guru diharapkan ia dapat mengetahui keinginan murid tehadap pembelajaran. Sehingga guru dapat melakukan pembelajaran di kelas dengan strategi mengajar yang dianggap mampu menfokuskan perhatian siswa kepada pelajaran dan memenuhi sebagian besar permintaan murid.

    ReplyDelete
  80. Nama: Ika Lilik Zulfah
    NPM : 09144100033
    Kls : VII A1
    kesimpullan yang dapat saya sampaikan setelah membaca elegi ini adalah sebagai seorang guru harus dapat memahami kemauan siswanya dan secara sabar mendengarkan masukan-masukan, pendapat-pendapat dari siswanya serta menerima kritik dan saran dari siswa, guna mempererat hubungan siswa dengan guru dan menjadikan sebagai seorang guru yang lebih baik lagi, sehingga dalam proses belajar mengajar dapat berlangsung secara optimal

    ReplyDelete
  81. Nama: Esi Nofi Rahmawati
    NPM : 09144100017
    Kls : VII A1
    sebagai guru harus bisa memfasilitasi bagi anak-anak yang cerdas dan meningkatkan pengetahuan mereka dengan sejuta pertanyaan yang dilontarkan siswa untuk gurunya. guru harus bisa mengatasi semua perbedaan kemampuan berpikir semua siswanya.

    ReplyDelete
  82. Siti Zahirotussadiyah
    09144100088
    7A2
    Guru sudah seharusnya mempunyai bekal yang cukup dan pengalaman yang banyak untuk bisa memahami keinginan dan kebutuhan murid-muridnya.

    ReplyDelete