My Blog List

Thursday 27 December 2012

Apakah Matematika itu Ilmu?


Bacalah "Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?"
kemudian tulislah coment di bawah ini.

85 comments:

  1. Nama :Susiati
    Npm :09144100021
    Kelas :7a1

    Menurut saya matematika adalah pengetahuan tetapi setelah diaplikasikan pada kehidupan maka matematika itu adalah ilmu

    ReplyDelete
  2. matematika memang bisa dikatakan sebagai ilmu juga bisa dikatakan buka sebagai ilmu. Matematika dikatakan ilmu jika dia dibangun berdasarkan pemikiran. Jika Imanuel Kant mengatakan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik apriori pada prinsipnya sintetik apriori itu didapatkan dengan melalui tiga tahap; tahap indrawi, akal budi, dan tahap rasional. Pada tahap rasional pengetahuan yang telah diperoleh dalam bidang akal dikatakan sebagai putusan sintetik apriori sedangkan akal diperoleh melalui bidang indrawi. Secara singkat tugas akal yaitu untuk memikirkan apa yang ditangkap oleh indrawi sedangkan apa yang ditangkap oleh indrawi tersebut adalah sebuah materi. Jadi, matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika materi yang ada bisa digunakan sebagai bahan untuk berfikir.

    ReplyDelete
  3. Nama : Eko Purwanti
    Kelas : VII A2
    NPM : 09144100057

    Assalamu'allaikum Wr. Wb.
    Matematika dikatakan ilmu jika pengetahuan yang didapatkan melekat pada matematika itu sendiri, sehingga unsur-unsur matematika itu melekat pada pengetahuan itu sendiri. jika saya boleh menyimpulakan saya lebih berpendapat bahwa matematika itu akan dikatakan sebagai ilmu jika dapat diterapkan dalam bahasa dan kehidupan sehari-hari, itulah ilmu matematika yang sebenarnya.
    Wassalamu'allaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  4. Nama : Noraini
    NPM : 09144100048
    Kelas : VII A2

    Menurut saya matematika adalah sebuah ilmu, karena dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyelesaikan dan memecahkan masalah yang ada kaitannya dengan ilmu matematika. Dan ilmu matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Sebagai contoh dalam teorema phytagoras yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ketika seseorang akan melewati lapangan sepak bola dengan jalan yang cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama.

    ReplyDelete
  5. Nama : Retno Wahyudi
    Npm : 09144100066
    Kelas : VII A2

    Menurut sata matematika dapat sebagai ilmu tetapi matematika juga bisa berubah menjadi bukan ilmu. Matematika sebagi ilmu jika dibangun pada dimensi ruang dan waktu. Akan tetapi saya masih bingung kenapa matematika bisa berubah menjadi bukan ilmu? Mohon dijelaskan lebih detailnya agar mudah dipahami Pak. Terima kasih...

    ReplyDelete
  6. Nama : Dyah Oktariana
    NPM : 09144100101
    Kelas : VII A3
    Menurut pendapat saya tentang elegi diatas yaitu menurut Kant, Pure Logic belumlah merupakan Ilmu. Karena Pure Logic bukan sebagai Ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang KONSISTENSI yang ada pada dirinya. Dari kedua pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa matematika belum merupakan ilmu.

    ReplyDelete
  7. Nurreta Eka Mawarsari (09144100058 / VII-A2)
    matematika bisa menjadi ilmu tetapi bisa tidak ?!!!
    menurut saya matematika itu adalah ilmu.. sebuah ilmu yang bisa diterapkan setiap saat dalam kehidupan sehari-hari.. itulah ilmu.

    ReplyDelete
  8. Nama :Dela indrawati
    NPM :09144100103
    Kelas :7A3

    Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Hakekat Intuisi adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya disimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
    jadi matematika belum dikatakan ilmu jika dia belum bisa memberikan informasi apapun kecuali tentang konsistensi yang ada pada matematika itu sediri.

    ReplyDelete
  9. Nama : Tri Hartanto
    NPM : 09144100080
    Kelas :7A3

    matematika disebut ilmu jika dia dibangun dalam ruang dan waktu. maka matematika akan menjadi sebuah pengetahuan yang kebenarannya diketahui hubungannya dengan intuisi dan cara memperoleh pengetahuanya tanpa memerlukan keahlian khusus.

    ReplyDelete
  10. Nama : Ruri Latifah
    Kelas : 7A1
    npm : 09144100104
    menurut saya matematika adalah sebuah ilmu, karena matematika sering dgunakan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, tadi di dalam artikel disebutkan matematika disebut ilmu jika dibangun dalam ruang dan waktu, jadi yg dimaksud ruang dan waktu disini menurut saya "kehidupan sehari-hari"

    ReplyDelete
  11. Nama : Anis Hidayatun
    NPM : 09144100068
    Kelas : VII A2

    Setiap ilmu membutuhkan ruang dan waktu yang tepat agar ilmu itu benar-benar menjadi ilmu. Tidak hanya ilmu matematika, tetapi itu berlaku pada setiap ilmu kecuali ilmu yang Maha Kuasa yang tidak terbatas ruang dan waktu. Kaitannya dengan matematika, matematika merupakan sesuatu yang dibangun atas dasar pengalaman manusia dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  12. Nama : Sri Mustofiati
    NPM : 10144100091
    Kelas: VII/A4

    matematika jika dibangun atas kerangka ruang dan waktu maka itulah matematika sebagai ilmu.
    sedangkan matematika yang saya pelajari dan matematika yang ada di sekolah adalah matematika yang tidak memperdulikan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  13. Nama : Yuliana Astiti Mega Putri
    NPM : 10144100104
    Kelas: VII/A4

    matematika bisa menjadi sebuah ilmu, bisa juga bukan sebuah ilmu, dari elegi ini saya mengetahui bahwa untuk menjadikan mateamtika suatu ilmu, maka matematika harus dibangun dalam kerangka ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  14. Nama :Eny Windarsih
    NPM : 09144100053
    Kelas : VII A2

    "matematika bisa menjadi ilmu, tetapi juga bukan ilmu",,,
    matematika menjadi sebuah ilmu apabila dibangun dalam kerangka ruang dan waktu,,,
    nah, lalu kenapa matematika dapat juga disebut bukan ilmu,,,,???
    tolong penjelasannya,,,

    ReplyDelete
  15. Nama : Siti Muflikhatun
    NPM : 09144100127
    Kelas: VII A3

    Dalam elegi ini di jelaskan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori, ilmu itu bermuladari sekedar tahu aja dilakukan observasi lebih lanjut baru berupa pengetahuan dikembangkan lagi baru berupa ilmu, kebenaran matematika hanya berupa simbol saja. Mulai dari filsafat, memang itulah filsafat, butuh ilmu untuk mencari ilmu, termasuk butuh hidayah untuk mencari hidayah.... filsafat berperan untuk mengurai suatu ilmu untuk menuju ilmu yang baru... dan pada titik puncaknya seharusnya kita menggunakan penguraian tersebut untuk menuju yang absolut, yang maha absolut kebenarannya yaitu Tuhan. Kebenaran matematika hanyalah berupa simbol, dan pada kenyataannya memang seperti itu karena menurut para idealis logisis matematika terlepas dari ruang dan waktu...... berbeda lagi jika yang mengatakan adalah realis....... maka tugas kita sebagai pendidik haruslah menempatkan matematika dalam posisi yang pas, apa lagi sekarang pendekatan pendidikan kita digadang-gadang akan menuju pendekatan yang konstruktifisme yang konstektual, so, pendidik ada baiknya mengikuti yang dikatakan dalam elegi ini " Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu".... agar pembangunan konsep matematika untuk tingkat sekolah menengah tidaklah menjadi sesuatu yang abstrak saja, tetapi terasa.

    ReplyDelete
  16. nama: heni rokhmawati
    kelas: A4/VII
    NPM: 10144100204

    Matematika dapat menjdi sebuah ilmu jika matematika itu bersifat sintetik apriori, jika di bangun dalam kerangka ruang dan waktu. matematika bermula dari sebuah informasi yang kemudian dilakukan penelitian lebih lanjut menjadi sebuah pengetahuan dan berkembang menjadi sebuah ilmu. serta haruslah di bangun dalam kerangka ruang dan waktu agar matematika itu menjadi jelas, menjadi lebih dapat di terima, di pelajri serta dipahami tidak abstrak.

    ReplyDelete
  17. Nama : ANDI PURNAMA
    Kelas : 7A2
    NPM : 09144100077

    ELEGI PEMBERONTAKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA.
    Saya masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan Matematika dapat sebagai ilmu jika dibangun oleh intuisi ruang dan waktu. Apakah ini artinya matematika itu ilmu yang selalu berkembang sesuai dengan perkembangan ruang dan waktu pak?

    ReplyDelete
  18. NAMA : NUR KHANIFAH
    KELAS: A4/VII
    NPM : 10144100150

    Sampai sekarang banyak orang yang masih memperdebatkan apakah matematika itu sebagai ilmu atau tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas intuisi. Hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebagai seorang calon pendidik tugas kitalah bagaimana kita bisa menempatkan matematika yang dibangun di dalam kerangka ruang dan waktu. Salah satu cara yaitu dengan mengaitkan matematika dalam dunia nyata sehingga matematika akan lebih bisa terlihat secra nyata dan bukan merupakan ilmu yang abstrak. Jika hal itu dapat terwujud maka tidak akan muncul istilah bahwa matematika itu sulit dan tidak dapat terpecahkan.

    ReplyDelete
  19. Nama: Deswa Wiji Rachmawati
    Kelas: VII/A4
    NPM: 10144100136

    matematika bisa menjadi sebuah ilmu, bisa juga bukan sebuah ilmu. untuk menjadikan matematika itu sebuah ilmu, maka matematika harus dibangun dalam kerangka ruang dan waktu. Yang dimaksud ruang dan waktu disini menurut saya adalah kehidupan sehari-hari, jadi cara menjadikan matematika itu menjadi sebuah ilmu yaitu dengan mengaplikasikan matematika dalam dunia yang nyata.

    ReplyDelete
  20. NAMA : NUNUNG RAHMANTO
    NPM :09144100052/7A2
    terlepas dari banyak materi matematika yang sampai sekarang ini saya belum tahu aplikasinya dalam kehidupan sehari2, namun menurut saya tidak sedikit pula materi matematika yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari2, jadi menurut saya matematika adalah sebuah ilmu.

    ReplyDelete
  21. Nama : Ristalina Rarasanti
    Kelas : A4
    NPM: 10144100209

    Matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika matematika itu bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata atau bisa dikatakan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga matematika itu menjadi lebih jelas dan tidak abstrak.

    ReplyDelete
  22. Nama : Ristalina Rarasanti
    Kelas : A4
    NPM: 10144100209

    Matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika matematika itu bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata atau bisa dikatakan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga matematika itu menjadi lebih jelas dan tidak abstrak.

    ReplyDelete
  23. NAMA :KUMOLOWATI HARIMURTI
    NPM :10144100235
    KELAS:A4
    Menurut saya matematika itu bisa dikatakan sebagai ilmu jika dibangun di atas intuisi yaitu dibangun Ruang dan Waktu, artinya kita harus dapat menerapkan ilmu matematika itu dalam kehidupan sehari-hari. Jadi matematika dapat dikatakan sebagai ilmu.

    ReplyDelete
  24. MEGA PUSPITA PUTRI
    10144100203
    A4

    matematika memang seharusnya dibangun dalam intuisi ruang dan waktu agar menjadi sebuah ilmu, entah dengan konsep yang bersifat sintetik a priori atau dengan konsep yang mengarah pada pendekatan kontekstual. Masing-masing konsep yang dibangun menurut saya akan menjadikan matematika menjadi sebuah ilmu yang praktis bagi penggunanya, sesuai dengan konsep yang menurut mereka tepat dibangun untuk membuat matematika menjadi sebuah ilmu.

    ReplyDelete
  25. Jefti Mardayanti
    09144100110
    7A3

    Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Selain itu "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI". Berdasarkan pernyataan tersebut saya berpendapat matematika merupakan sebuah ilmu karena materi matematika dapat diaplikasikan dalam kehidupan

    ReplyDelete
  26. Nama : Arinta Ghifar Akbari
    Npm. : 10144100194
    Kelas : A4

    Matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Dalam elegi ini (Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?) di jelaskan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori dan jika berada diatas intuisi matematika. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.

    ReplyDelete
  27. wiwik triwahyuni
    10144100234
    a4/5

    Matematika adalah ilmu yang dibangun dalam kerangka ruang dan waktu. Saya masih belum mengerti maksud dari pernyataan tersebut, mohon dijelaskan. Tetapi menurut saya, matematika itu merupakan ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata, dan biasanya dituliskan secara symbolis.

    ReplyDelete
  28. Nama : Nevi Ristiana
    NPM : 10144100222
    Kelas : A4

    Dalam artikel tersebut, terdapat pernyataan menurut Kant yang mengatakan bahwa,matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
    Saya masih kurang jelas dengan pernyataan tersebut. Mengapa matematika akan menjadi ilmu jika dibangun dalam kerangka ruang dan waktu? Apakah ilmu matematika bersifat terbatas? Bukankah matematika itu bersifat luas ? maaf pak, atas ketebatasan pengetahuan dan pemahaman saya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  29. Fitriana Purnamasari1 January 2013 at 07:09

    Nama : Fitriana Purnamasari
    NPM : 09144100086
    Kelas : VII A2

    Assalamu'alaikum wr wb
    Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak.
    Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.

    MasBied.com
    Muhammad Zainal Abidin Personal Site
    Konsep dalam matematika sangat abstrak. Sebagai contoh konsep lingkaran yang didefinisikan sebagai himpunan semua titik yang berjarak sama terhadap titik tertentu. Jadi ketika kita berbicara tentang lingkaran maka gagasan yang terbayang dalam pikiran kita persis sama dengan definisi lingkaran diatas, namun faktanya tidak ada satu benda pun yang persis memenuhi definisi lingkaran. Kita memperagakan lingkaran dengan uang logam atau tutup kaleng sebenarnya itupun bukan lingkaran tetapi hanya menyerupai lingkaran. Jadi konsep lingkaran dengan benda sebenarnya tidak ada kesesuaian.

    Berpedoman pada pendapat Juhaya S. Praja pada bagian A di atas bahwa ilmu itu mempunyai kriteria antara lain adanya kesesuaian antara konsep dengan benda sebenaranya. Sementara pada matematika antara konsep dan benda sebenarnya tidak ada kesesuaian. Dengan demikian disimpulkan bahwa matematika bukan merupakan ilmu.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  30. NAMA : MOCHAMAD SACHIRUDIN
    NPM: 09144100038
    KELAS : 7A1

    Matematika dapat dipandang sebagai ilmu sekaligus bukan sebagai ilmu.
    matematika dapat dikatakan sebagai ilmu jika berada diatas intuisi matematika. hakekat intuisi itu sendiri adalah kesadaran terhadap ruang dan waktu.
    konsep matematika yang digunakan saat ini kebanyakan adalah konsep yang mutlak, dimana terbebas dari ruang dan waktu. dan matematika yang kita pelajari selama ini adalah pure logic yang menurut Khan bukan merupakan ilmu.

    ReplyDelete
  31. nama: Eni Wulandari
    NPM: 09144100069
    kelas: A2

    matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika bersifat SINTETIK A PRIORI dan jika dibangun dalam KERANGKA RUANG DAN WAKTU.

    ReplyDelete
  32. nama : Anis Kristini
    NPM : 09144100087
    Kelas : 7 - A2
    matematika itu ilmu atau bukan tergantung dari mana kita memandangnya.

    ReplyDelete
  33. Nama: Rohmat Yuliyanto
    NPM: 09144100135
    Kelas: 7.A4

    Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun diatas intuisi. Arti intuisi yang dimaksud bukanlah kemampuan untuk mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari atau bisikan hati, tetapi intuisi menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.
    Jadi Matematika adalah ilmu jika dibangun diatas ruang dan waktu tetapi tidak bisa hanya ruang atau waktu saja. Kenapa demikian??? karena ada kata "dan" sehingga tidak boleh hanya salah satu.

    ReplyDelete
  34. Nama:Nessawati Miramar
    NPM: 10144100001
    Kelas A1

    Menurut saya bila matematika dipandang sebagai ilmu maka harus dipandang secara empiris yaitu bergantung pada bukti atau konsekuensi yang teramati oleh indera. Data empiris berarti data yang dihasilkan dari percobaan atau pengamatan.

    ReplyDelete
  35. Matematika itu bisa timbul jika di bangun oleh pengelolanya. Seperti penemuan rumus-rumus yang kemudian harus kita kembangkan.

    Nama : Sri Winarni
    NPM : 09144100132
    kelas : A4

    ReplyDelete
  36. Nama : Mukholis
    NPM : 09144100138
    Kelas: 7A4

    "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
    Pandangan tersebut menyatakan bahwa matematika dibangun melalui intuisi dan logika.

    ReplyDelete
  37. Nama : Siswantini
    NPM : 09144100117/ VII A3
    Menurut pendapat saya setelah membaca dan memahami “elegi pemberontakan pendidikan matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?”. Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di atas intuisi dan matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di dalam kerangka ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  38. Siti Nur Aenni
    09144100093
    VII/A3

    Matematika akan menjadi ilmu jika dia dibangun di dalam kerangka ruang dan waktu. Matematika dianggap sebagai ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang konstitensi yang ada pada dirinya.

    ReplyDelete
  39. Fitri Nugraheni
    09144100096
    VII/A3


    Matematika akan menjadi ilmu yang berguna jika dia dibangun di atas institusi, sehingga matematika akan menjadi ilmu jika dia bersifat sintetik apriori.

    ReplyDelete
  40. Nama : Eka Prasetyawati
    NPM : 09144100109
    Kelas :VII/A3

    Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di dalam ruang dan waktu, sehingga dapat disimpulkan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori.

    ReplyDelete
  41. Matematika akan menjadi ilmu jika dia bersifat sintetik apriori yang di bangun atas intuisi dan logika

    Mei Indah Lestari
    09144100049
    VII/A2

    ReplyDelete
  42. matematika adalah suatu ilmu jika dilandasi oleh suatu intuisi yang mana dibangun dalam ruang dan waktu.
    Agus sunaryo
    09144100005/7A1

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. nama : puji harso
    kelas : 7A2
    npm : 09144100054


    Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".

    ReplyDelete

  45. nama: Endah Sri Setyaningsih
    kelas:7A4
    NPM: 091441001514

    Matematika sebagai Ilmu maka harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".

    ReplyDelete
  46. nama :rizqi kurnia W
    kelas : 7A4
    NPM : 09144100150

    matematika merupakan suatu ilmu jika di dalamnya dibangun intuisi ruang dan waktu, maka Kant menyimpulkan bahwa " Matematika akan menjadi ilmu jika dia bersifat SINTETIK APRIORI"

    ReplyDelete
  47. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.


    Nama : Rina Parwitasari
    NPM : 09144100037
    kelas : 7 A1

    ReplyDelete
  48. Nama : Tri Wijiningsih
    NPM : 09144100120
    Kelas: VII A3
    Menurut pendapat saya, matematika itu adalah sebuah ilmu yaitu sebuah ilmu yang dapat menggambarkan simpulan-simpulan yang penting dan saat ini matematika juga digunakan diseluruh dunia sebagai alat penting diberbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran, ilmu sosial dan banyak bidang lainnya.
    Maka dari itu bahwa matematika adalah Ilmu.

    ReplyDelete
  49. Menurut saya matematika itu adalah ilmu, yaitu ilmu pasti. Ilmu yang tidak dapat diperkirakan hasilnya. Sebagai contoh 1+1= 2, tidak boleh ditulis kira-kira 2.

    Nama : Siti Muna
    NPM : 09144100003
    Kelas : VII A1

    ReplyDelete
  50. Nama : Susanti
    Kelas : 7A3
    NPM : 09144100091

    Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6 : “Apakah Matematika itu ilmu?”

    Setelah membaca elegi di atas pada intinya matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak, matematika bisa menjadi ilmu apabila matematika bersifat sintetik apriori.

    ReplyDelete
  51. Nama : Marisa nussliyanti
    Npm : 0914410074
    Kelas: 7 A2
    MATEMATIKA ADALAH ILMU JIKA di bersifat sintesit apriori yang yang dibagun atas “instusi dan logika”

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Dede Rostianah
      Kelas : A4
      NPM: 10144100193
      saya masih bingung, dengan pernyataan "Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak". mohon untuk dijelaskan ya pak, terima kasih sebelumnya.

      Delete
    2. nama: endang lestari
      kelas: VII A2
      npm: 09144100076

      matematika merupakan ibu dari semua ilmu dimana matematika berasal dari bahasa latin yaitu manthanein atau mathema yang artinya belajar atau hal yang dipelajari,,yang mana matematika merupakan ilmu pasti..

      Delete
  53. ardiani pratiwi
    09144100009
    7A1

    matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
    hal ini menjadi daya tarik yang bisa kita jadikan sebagai pemicu kreatifitas sebagai seorang pendidik. dengan keunikan sifat yang dimiliki oleh matematika, tidaklah menutup keungkinan bahwa akan muncul banyak diskusi menarik tentang matematika. sudah saatnya kita sadari bahwa hal yang dekat sekali dengan kita justru kadang terabaikan begitu saja. inilah kita, calon tenaga kependidikan..

    ReplyDelete
  54. nama : rini harti
    nim : 09144100149
    kelas : a4 / 7


    matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.

    ReplyDelete
  55. Apa definisi ilmu itu sendiri?

    Matematika adalah sebuah ilmu.

    Ilmu terbentuk karena manusia selalu berusaha berfikir lebih jauh tentang pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu itu dilakukan dan digunakan secara berulang-ulang oleh manusia sesuai dengan tempat, waktu dan kebutuhannya.

    ReplyDelete
  56. Nama: Nurul Safitri
    Kelas: 7a1
    NPM: 09144100029

    Apa definisi ilmu itu sendiri?

    Matematika adalah sebuah ilmu.

    Ilmu terbentuk karena manusia selalu berusaha berfikir lebih jauh tentang pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu itu dilakukan dan digunakan secara berulang-ulang oleh manusia sesuai dengan tempat, waktu dan kebutuhannya.
    Ilmun adalah jawaban dari pertanyaan. Dan ilmu akan berkemabang bahkan akan mengalami perubahan karena adanya"proses pencarian" oleh manusia.

    ReplyDelete
  57. Nama : Hanik Setiyaningsih
    NPM : 10144100023
    Kelas : A1

    Matematika berasal dari bahasa Yunani yang memiliki pengertian sebagai studi dbesaran, struktur, ruang, dan perubahan. Konsep dalam matematika sangat abstrak. Menurut Juhaya S. bahwa ilmu itu mempunyai kriteria antara lain adanya kesesuaian antara konsep dengan benda sebenaranya. Sementara pada matematika antara konsep dan benda sebenarnya tidak ada kesesuaian. Dengan demikian disimpulkan bahwa matematika bukan merupakan ilmu.
    Pendidikan matematika dapat diartikan sebagai usaha sadar atau terencana dari pendidik untuk memberi pengalaman atau pemahaman kepada anak didik tentang obyek-obyek matematika. Obyek matematika antara lain konsep, fakta, dan prinsip.
    Berdasarkan definisi di atas dapat dikatakan bahwa agar anak didik mengalami peningkatan pemahaman tentang obyek-obyek matematika maka oleh pendidik mutlak membutuhkan suatu ilmu, yaitu ilmu pendidikan matematika. Dengan demikian pendidikan matematika merupakan ilmu.

    ReplyDelete
  58. Nama : Yopin Saputri
    Kelas : A4
    NPM : 10144100196

    Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun dalam intuisi. Sedangkan Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Matematika kan menjadi ilmu apabila ia dipelajari berulang-ulanng kapan saja dan dimana saja. Jadi ilmu itu tidak berbatas hanya dengan materi namun juga dalam keadaan apapun.

    ReplyDelete
  59. Nama :Auliya Rahmah
    Kelas :A3
    NPM : 09144100095

    Saya mengambil kalimat dari alegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu: Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk bertanya, apa yang bisa membuat matematika itu bukan suatu ilmu.

    ReplyDelete
  60. Nama :Auliya Rahmah
    Kelas :A3
    NPM : 09144100095

    Saya mengambil kalimat dari alegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu: Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk bertanya, apa yang bisa membuat matematika itu bukan suatu ilmu.

    ReplyDelete
  61. Nama :Auliya Rahmah
    Kelas :A3
    NPM :09144100095

    Saya mengambil kalimat dari alegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu: Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk bertanya, apa yang bisa membuat matematika itu bukan suatu ilmu.

    ReplyDelete
  62. nama: prita diah palupi
    npm: 09144100111
    kelas: 7A3


    Matematika akan menjadi ilmu jika konsep matematika dibangun dalam intuisi ruang dan waktu. Bangunan konsep matematika berdasarkan intuisi ruang dan waktu akan menghasilkan matematika sebagai ilmu yang bersifat sintetik a priori. Menurut Kant, ilmu pengetahuan mengandung tanggapan-tanggapan yang memberi pengetahuan baru, artinya mengandung tanggapan-tanggapan sintetik. Tetapi ilmu pengetahuan juga mengandung tanggapan-tanggapan yang bersifat umum, artinya mengandung tanggapan-tanggapan a priori. Tanggapan-tanggapan a posteriori sesungguhnya tergantung pada pengalaman yang senantiasa berubah-ubah, karena itu tidak mungkin bersifat umum, sehingga dapat disimpulkan tanggapan-tanggapan sintetik a priori merupakan syarat untuk adanya ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  63. Nama : Tutut Sulistyo Putri
    kelas : A4
    NPM : 09144100148

    kata kant : Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Kata ku: Matematika adalah sebuah ilmu ketika kita membutuhkan matematika itu sendiri.. yang bisa diterapkan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  64. Nama : Oktaviani
    Kelas : A4
    Npm : 09144100133

    Matematika bisa menjadi ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Saya sangat setuju dengan kata-kata ini. Menurut saya matematika akan menjadi sebuah ilmu ketika berguna dan diterapkan dalam kehidupan kita. Jika dia hanya sebuah pengetahuan yang tidak digunakan atau diterapkan dia bukan merupakan ilmu.

    ReplyDelete
  65. nama : Tri Haryani
    kelas : A4
    NPM : 09144100133

    saya sangat setuju dengan pendapat kant. saya suka dengan pendapatnya yang mengatakan Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".

    ReplyDelete
  66. Nama : Ari Dwi Astuti
    Kelas : A3
    NPM : 09144100106

    matematika bisa dikatakan ilmu atau tidak tergntung sudut pandang masing-masing filsafawan melihatnya, menurut kant matematika akan menjadi ilmu jika dia dibangun diatas intuisi.Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI". jadi kemungkinan menurut kant bahwa matematika adalah ilmu

    ReplyDelete
  67. Nama : Ismiyati
    NPM : 09144100035
    Kelas : A1

    Menurut saya matematika itu Ilmu, karena matematika itu adalah induk dari segala ilmu eksak yang lain.

    ReplyDelete
  68. nama: oko setyawan
    NPM: 09144100078
    kelas: A2

    Menrut saya matematika itu adalah ilmu karena matematika sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak lepas dari aktivitas manusia.

    ReplyDelete
  69. Nama : Astri Ayomi
    Kelas : A3
    NPM : 10144100114
    menurut saya matematika adalah ilmu yang dibangun diatas ruang dan waktu tetapi tidak bisa hanya ruang atau waktu saja. Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".

    ReplyDelete
  70. Chatarina Sinta Krisnawati
    09144100063
    7A2
    matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak,
    ini merupakan salah satu kalimat yang bisa benar-benar kita cari kebenarannya

    ReplyDelete
  71. Margaretha Retno Anggraeni
    09144100028
    7A1
    Matematika menurut saya adalah Ilmu, karena matematika ilmu yang dapat kita pelajari dan juga ilmu yang sudah kita kenal tanpa proses belajar, karena dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari ilmu matematika.

    ReplyDelete
  72. Nama : Hanif Nurhalimah
    NPM : 10144100122
    Kelas: A4-VII
    Matematika dapat disebut ilmu namun juga dapat disebut bukan ilmu. Matematika disebut ilmu jika ia dibangun di atas intuisi. Artinya, matematika akan menjadi ilmu jika ia di bangun di dalam kerangka ruang dan waktu. Ini berarti bahwa matematika dapat dikatakan sebagai ilmu jika ia bersifat sintetik a priori.
    Itulah yang dapat saya serap dari artikel "Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?" tulisan dari Dr Marsigit,MA yang saya baca ini.
    terimakasih. :)

    ReplyDelete
  73. INDAH PUSPITA DEWI (09144100027)
    7A1
    Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI"

    ReplyDelete
  74. Sri Lestari Wahyu Anggraeni
    09144100151
    7A4

    matematika itu akan menjadi ilmu jika diletakkan di atas intuisi. jika bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  75. matematika merupakan ilmu yang disusun atas intuisi ruang dan waktunya, dan yang pasti dengan keteraturannya.

    Farida Ulfah
    09144100089
    VII A2

    ReplyDelete
  76. Nama : Novika Ratna Nuriani
    NPM : 09144100026
    Semester : VII A1

    Dari pernyataan Immanuel Kant di atas dapat disimpulkan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik apriori. Sintetik apriori terjadi saat konsep-konsep itu diterapkan untuk masalah yang sesuai dengan ruang dan waktunya seorang pengguna matematika. Jika kita hanya memandang matematika hanya sebagai ilmu yang menggunakan penalaran tanpa pengalaman maka kita kan menciptakan jurang pemisah antara matematika dan kehidupan kita.

    ReplyDelete
  77. NAMA; ILHAM SANJAYA
    NPM; 09144100062
    KELAS 7A2

    Matematika bisa menjadi sebuah ilmu, bisa juga bukan sebuah ilmu. untuk menjadikan matematika itu sebuah ilmu, maka matematika harus dibangun dalam kerangka ruang dan waktu. Yang dimaksud ruang dan waktu disini menurut saya adalah kehidupan sehari-hari, jadi cara menjadikan matematika itu menjadi sebuah ilmu yaitu dengan mengaplikasikan matematika dalam dunia yang nyata.

    ReplyDelete
  78. nama : Dwi Lestari
    npm : 10144100215
    kelas : A4/VII
    Menurut saya matematika adalah ilmu. Karena ilmu adalah hal yang dapat bermanfaat. Dan matematika bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berkaitan dengan matematika.

    ReplyDelete
  79. Nama : Chusniatun
    NPM : 09144100014
    Semester/Kelas : VII/A1


    Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI dan matematika bukan sebagai Ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang KONSISTENSI yang ada pada dirinya

    ReplyDelete
  80. Nama : Ika Lilik Zulfah
    NPM : 09144100033
    Kelas: VII A1
    Matematika adalah ilmu dari segala ilmu, sebab semua ilmu mencakup nilai matematika.

    ReplyDelete
  81. Nama: Esi Nofi Rahmawati
    NPM : 09144100017
    Kls : VII A1
    matematika adalah ibunya semua ilmu-ilmu karena ILMU MATEMATIKA selalu ada di kehidupan sehari-hari dari kita lahir hingga mati ilmu matematika selalu digunakan..

    ReplyDelete
  82. SITI ZAHIROTUSSADIYAH
    09144100088
    7A2
    Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Itu berarti matematika terikat pada semestanya dan selalu berkembang.

    ReplyDelete
  83. nama:nurhidayah
    npm:09144100124
    kelas:VII A3

    Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di atas INTUISI, sedangkan hakekat intuisi itu adalah ruang dan waktu. Jadi matematika akan menjadi ilmu jika dibangun dengan kerangka ruang dan waktu.

    ReplyDelete