My Blog List

Friday 24 December 2010

Konservasi

Jika anda memiliki adik yang masih berumur 4 atau 5 tahun cobalah anda beri perlakuan seperti di bawah ini:
  1. Konservasi Panjang. Sediakn 2 buah waafer stick yang panjangnya sama. Letakkan sejajar kemudian tanayailah adik anda tersebut dengan pertanyaan "panjang waferstick yang pertama dan yang kedua panjangnya sama atau tidak?" Jika ia sudah menjawab "sama", ubahlah posisi waferstick tersebut menjadi tegaklurus kemudian kembali ditanyai dengan pertanyaan yang sama "panjang waferstick yang pertama dan yang kedua panjangnya sama atau tidak?" Pada posisi waferstick yang tegak lurus ini banyak kemungkinan adik anda tersebut menjawab panjangnya tidak sama. 
  2. Konservasi Liquid (Volume/Isi). Sediakan 3 gelas dengan rincian sebagai berikut 2 gelas bentuk dan ukurannya sama persis serta gelas ke-3 lebih kecil dan lebih tinggi daripada gelas ke-1 dan gelas ke-2. Isikan gelas 1 dan gelas 2 dengan sirup yang banyaknya sama sehingga tingginya sama. beri pertanyaan pada adik anda yang usianya 4 atau 5 tahun "banyaknya sirup pada gelas pertama dan gelas ke-2 sama atau tidak" setelah dia menjawab sama. tuaangkanlah sirup pada gelas ke-2 ke gelas ke-3 yang lebih kecil tapi lebih tinggi. tanya kembali anak tersebut dengan pertanyaan yang sama. Amati jawabannya. Tanyalah alasannya jika ia menjawab tidak sama. 
  3. Konservasi dengan koin uang logam. 10 uang logam yang ditata menjadi 2 baris masing-masing baris berisi 5 koin.2 baris koin tersebut dibuat dengn kerapatan dan kerenggangan yang sama sehingga panjangnya terlihat sama. Berilah pertanyaan "banyaknya koin pada baris yang pertama dan banyaknya koin pada baris kedua sama atau tidak?" Setelah menjawab sama, buatlah salah satu baris koin tersbut menjadi lebih renggang sehingga kelihatan lebih panjang daripada baris yang satunya(tandpa menambah atau mengurangi jumlah koin yang ada 5 setiap barisnya). kemudian tanyailah anak terbut dengan pertanyaan yang sama. Perhatikan Jawabannya, jika ia menjawab banyaknya berbeda tanyalah Kenapa?
  4. Konservasi Luas.

1 comment: