My Blog List

Friday 24 December 2010

Bahaya Merokok

Mungkin anda pernah melihat seseorang yang sedang menghisap rokok. Mungkin teman, kakak, ayah atau mungkin anda sendiri yang merokok. Tahukah anda bahwa asap rokok yang dihirup terkandung banyak zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Kalau dilihat dari pesan dokter, banyak sekali bahaya rokok. 

Dalam blog ini hanya akan dibahas bagaimana cara kerja nikotin yang terkandung dalam asap rokok sehingga dapat mempengaruhi tubuh dan membuat orang kecanduan. Nikotin yang dihirup, kemudian masuk kedalam paru-paru. Oleh alveolus di dalam paru-paru asap rokok yang mengandung nikotin ini diserap. Setelah dilakukan penyerapan yang dilakukan di dalam paru-paru, nikotin yang ikut terserap pun segera bercampur ke dalam darah. Darah dari paru-paru menuju ke jantung. oleh jantung, darah yang mengandung nikotin tersebut diedarkan ke seluruh tubuh. diedarkan ke seluruh jaringan dari ujung kepala hingga ujung kaki melalui pembuluh darah.

Nikotin menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga dapat menimbulkan banyak gangguan dalam tubuh. Bahayanya jika pembuluh darah menyempit hingga sementara jantung terus memompa, bisa-bisa pembuluh darahnya rusak/pecah. Jika ini terjadi pada pembuluh darah di otak, ini dapat menyebabkan stroke. Oleh karena itu berhati-hatilah buat adik-adik,dan temen-temen seperjuangan. Imbangilah dengan berolahraga yang cukup agar kondisi tubuh tetap terjaga. Dengan berolahraga yang cukup dapat meminimalisir kandungan nikotin dalam tubuh yang dibuang melalui keringat. Lihat juga Posting tentang Manfaat Merokok dan Cara mengurangi efek Rokok

No comments:

Post a Comment