My Blog List

Tuesday 1 December 2009

Ontologi Diriku

Suatu saat di sebuah desa kecil di luar kota terdapat sebuah tempat belajar yang dipimpin oleh seorang guru yang bijak. Pada waktu sore hari, Sang Guru berdialog dengan salah satu muridnya.

Guru :
Wahai murid, kiranya apa yang akan engkau tanyakan kemarin? Maafkanlah gurumu ini jika baru kali ini bisa mendengarkan pertanyaanmu, meskipun aku sendiri tidak yakin mampu memenuhi harapanmu.

Murid :
Maafkan muridmu ini guru jika merepotkanmu. Aku hanya ingin menanyakan siapakah sebenarnya diriku ini guru?

Guru :
Dirimu adalah seorang anak yang dititipkan oleh kedua orang tuamu di tempat belajarku ini. Ayahmu adalah sahabatku. Aku dan ayahmu bersama-sama menempuh suatu tempat belajar di pelosok negeri ini. Setelah menikah dengan ibumu, ayahmu adalah seorang saudagar kaya, ia memiliki kapal untuk berdagang melintasi laut menuju Negeri Cina, Asia Tenggara dan Arab, sementara aku meneruskan Kakek Gurumu mengajar di sini. Ayahmu adalah saudagar barang-barang antik dari negara ke negara yang lainnya. Sutra, guci, keramik dan emas merupakan barang dagangannya. Karena kesibukannyalah engkau dititipkan kesini, hingga akhirnya kini ayahmu meninggal karena sakit jantung yang mendadak, sementara ibumu meninggal tahun lalu.

Sambil menitikkan airmata sang muridpun mengangguk, sedih mengenang ayah dan ibunya yang kini telah meninggal. Mengenang kepergian orang-orang yang ia sayangi.

Guru :
Maafkanlah gurumu ini jika membuatmu bersedih muridku….

Murid :
Tidak guru, ini bukan airmata kesedihan, bukan pula airmata penyesalan, melainkan ini adalah airmata kewajaran. Bahwasanya setiap manusia akan mengalami apa yang saya alami. Mmm… Tetapi Guru belum menjawab pertanyaanku dengan jawaban yang sedalam-dalamnya mengenai siapakah diriku ini Guru?

Guru :
Baiklah kalau memang itu yang menjadi keinginanmu. Seperti yang engkau katakana bahwa airmata itu adalah air mata kewajaran, air mata yang setiap orang akan menemui. Bagaikan suatu peristiwa yang menunggu antrean manusia untuk mengalaminya. Dunia berkali-kali menemui hal seperti ini berkali-kali.; Siklus. Airmata bisa berarti kewajaran, kesedihan , kekecewaan, bahkan kebahagiaan dan kemenangan. Kenapa engkau sebagai manusia bisa bersedih?

Murid :
Karena sifat sedihku muncul Guru.

Guru :
Kadang seseorang menjadi kuat dan kadang menjadi lemah, kadang berpenampilan bersih, rapi, kadang suka memberi, kadang mengasihi sesama, kadang membuat sesuatu, membuat meja misalnya, kadang berbuat baik, kadang menolong, bahkan kadang marah. Serta hal-hal lain yang tidak mampu engkau ungkapkan. Tahukah mengapa itu terjadi?

Murid :
Aku menjadi kuat karena muncul kekuatan, kadang aku lemah karena kekuatan itu menghilang dariku, kadang aku berpenampilan rapi karena aku suka dengan yang indah, aku suka memberi karena aku mengasihi, kadang aku membuat sesuatu meja misalnya karena aku ingin agar kayu menjadi lebih berguna, aku berbuat baik, menolong karena semua itu panggilan jiwa. Bahkan marahpun karena itu timbul dari dalam diriku Guru.

Guru :
Itulah tanda bahwa di dalam dirimu ada sifat-sifat yang tak terhingga banyaknya. Tahukah sifat-sifat itu dari mana asalnya?

Murid :
Tidak tahu Guru.

Guru :
Sifat itu ada pada diri manusia bersamaan dengan manusia itu diciptakan.

Murid :
Sifat itu asalnya dari mana Guru?

Guru :
Engkau bisa menjadi kuat karena engkau mendapat kekuatan dari Yang Maha Kuat, engkau menjadi rapi dan indah karena engkau mendapat keindahan dari Yang Maha Indah, engkau memberi karena mendapat sifat pemberi dari Yang Maha Pemberi, engkau mengasihi karena mendapat sifat mengasihi dari Yang Maha Kasih, kadang engkau membuat sesuatu karena engkau mendapat sifat dari Yang Maha Pencipta. Engkau menolong karena mendapat sifat dari Yang Maha Penolong, bahkan engkau marah pun karena engkau mendapat sifat dari yang Maha Besar, Maha Kuasa. Yang perlu kau ingat bahwa manusia hidup karena kemurahan dari Yang Maha Hidup.

Murid :
Mmmm…. Begitu ya Guru?

Guru :
Begitulah siapa dirimu adalah manifestasi dari Yang Serba Maha.
Mungkin jawaban ini yang engkau dapatkan dariku, semoga sedikit mengobati hatimu.

Murid :
Terimakasih guru atas jawaban yang engkau berikan.

Guru :
Hari sudah malam besok bisa engkau lanjutkan mengenai pertanyaanmu.

Murid :
Terimakasih Guru.

(Diterangkan dengan bahasa yang berbeda, Pokok Ajaran Plotinos diambil dari buku Alam Pikiran Yunani yang ditulus oleh Mohammad Hatta, hal 167)

70 comments:

  1. Murid dan Guru adalah dua orang yang saling memberikan manfaat tanpa guru murid tidak berfungsi dan tanpa murid maka niscaya guru juga tidak berarti demikian pula di dunia ini ada keterkaitan yang saling bermanfaat, Lanjutkan dan moga sukses.

    ReplyDelete
  2. Secara sederhana ontologi bisa dirumuskan sebagai ilmu yang mempelajari realitas atau kenyataan konkret secara kritis. Dalam artikel ini adalah kisah anak yatim piatu yang ditinggalkan kedua orang tuanya. Dititipkan kepada sahabat orang tuanya yang berprofesi menjadi Guru. Tanggung jawab seorang Guru itupun adalah mendidik anak tersebut. meskipun "seandainya" murid itu bukan anak dari sahabatnya, fungsi dan tujuan profesi guru terebut masih sama, yaitu mendidik anak muridnya dengan menerima berbagai latar belakang dan riwayat hidup muridnya. Mengemas sedemikian rupa sehingga menjadi seorang yang berguna dikemudian hari bagi Tuhannya, sesama, Nusa dan Bangsa.

    ReplyDelete
  3. Shima Destriana Sari (08144100068)25 October 2011 at 17:39

    Ontologi merupakan salah satu kajian kefilsafatan yang paling kuno dan berasal dari Yunani. Studi tersebut membahas keberadaan sesuatu yang bersifat konkret. Secara sederhana ontologi bisa dirumuskan sebagai ilmu yang mempelajari realitas atau kenyataan konkret secara kritis. Di dalam artikel tersebut dikisahkan seorang murid yang yatim piatu ditinggal orang tuanya. Seorang guru memberikan saran kepada muridnya kalau kita mendapat kekuatan semata-mata kekuatan tersebut dari Allah SWT, kita mempunyai sifat pemberi juga semata-mata diberi sifat pemberi dari allah SWT. Jadi, manusia hidup karena kemurahan dari Yang Maha Hidup.

    ReplyDelete
  4. Maya Kusumaningrum 0814410009825 October 2011 at 23:23

    segala sesuatu yang ada di dunia ini berikut permasalahannya hanya berasal dari satu sumber yaitu Tuhan, jikalau kita menemui banyak pertanyaan tentunya hanya Tuhan yang mampu menjawab. mengenai realitas dalam kehidupan itu adalah salah satu alur cerita yang sudah digariskan oleh Tuhan. jika cerita itu ada awal , pembuka maka bersiaplah karena cerita itu pun akan menemui penutup atau kata akhir. mengenai siapakah diri kita, cobalah berkaca pada hati dan kenali kesejatian diri kita dengan selalu mengingat-Nya, jangan menyangkakan keburukan karena keburukan itulah yang akan nampak, namun jangan pula menginginkan kesempurnaan karena itu adalah angan manusia yang tak mensyukuri nikmat-Nya

    ReplyDelete
  5. Inilah hidup, yang semua permasalahan didalamnya sudah tertulis dan ditentukan oleh yang Maha Menguasai yaitu Allah SWT.
    Inilah gambaran nyata tentang "manusia" yang tak ada secuilpun kekuatan untuk melakukan sesuatu kecuali atas izin-Nya..
    maka tak layak kiranya jika kita SOMBONG dengan apa yang kita rasa milik kita...padahal sejatinya kita tidak punya hak untuk mengakui 1 halpun di alam ini..walaupun itu 1 hisapan nafas yang kita hirup...

    ReplyDelete
  6. Sri Arbangatin (08144100020)26 October 2011 at 00:55

    segala sesuatu yang telah terjadi dalam hidup kita hanyalah sebagian perjalanan hidup. Ketika kita menghadi permasalahan hidup, cobaan, ujian maka luar biasa apa yang bisa kita dapatkan. dengan samua permasalahan kita belajar untuk bertanggung jawab, dan ikhlas

    ReplyDelete
  7. Maya Oktiani 0814410008126 October 2011 at 01:39

    siapa dirimu dan siapa diriku....pertanyaan yg simple tapi penuh makna..ralitas kehidupan menpunyai perjalanan yang sudah ditentukan oleh TUHAN..maka pada haketnya manusia itu diciptakan untuk mensyukuri niKmatnya bukan untuk mencari kesempurnaan karena sesunggunhya kesempurnaan milik ALLOH.

    ReplyDelete
  8. Muslikhah (08144100079)26 October 2011 at 01:51

    Hidup dan kehidupan. dua hal yang sangat erat kaitannya. jika hidup kita tanpa dihiasi adanya kepedihan dan kegembiraan maka kita tidak akan pernah mengerti arti dari kehidupan. maka, janganlah kita gunakan hidup ini untuk selalu menyesali kehidupan. Hidup dan Kehidupan semuanya bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. apa yang kita punya, apa yang kita dapati, dan apa yang kita peroleh pada akhirnya akan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa.Maka dekatkanlah diari kita kepadaNya.

    ReplyDelete
  9. Lusi Hardiyanti (08144100055)26 October 2011 at 03:39

    Dalam kehidupan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah di atur oleh Allah SWT, kita sebagai manusia hanya bisa berusaha menjalani apa yang telah ditetapkan akan tetapi manusia dapat merubah hidup jika ada tekad dan kemauan untuk berubah jadi lebih baik.
    Kehidupan memang seperti roda kadang di atas kadang juga di bawah, saat kita di atas kita tidak boleh sombong dan merasa kita adalah yang paling baik dan paling sempurna. Sebaliknya saat kita di bawah kita tidak boleh putus asa. Kita harus senantiasa bersyukur dengan apa yang kita punya. Dengan selalu bersyukur inilah kita akan merasakan kehidupan yang nyata

    ReplyDelete
  10. Herna Purwanti (08144100083)26 October 2011 at 04:32

    Kehidupan didunia ini dilengkapi dengan adanya ketidaktahuan, kebingungan, kebimbangan, dll. Wajarlah bila dari diri seseorang muncul sebuah pertanyaan atas ketidaktahuannya. Ketidaktahuan tersebut tentunya dapat ditanyakan pada seseorang yang dianggapnya lebih tahu.
    Sekian, terima kasih...

    ReplyDelete
  11. Zuida Listianingrum (08144100093)26 October 2011 at 05:06

    Ontologi membahas tentang hakikatyang ada yang merupakan realiti baik berbentuk jasmani atau konkrit maupun rohani atau abstrak.dalam artikel ini menceritakan tentang seorang anak yang di tinggal meninggal orang tuanya/ anak yatim piatu dan seorang guru yang menasehati muridnya bahawa hidup dan kehidupan semuanya bersumber kepada ALLOH SWT. segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah sebagian dari hidup. Dan apa yang kita miliki, dan kita peroleh bahwasannya akan kembali lagi ke ALLOH SWT.

    ReplyDelete
  12. sesilia Y.B (08144100077)26 October 2011 at 05:17

    memahami "siapa saya" sebenarnya memang sulit karena banya hal yang telah terjadi dan akan terjadi dalam hidup saya yang tentunya akan mengubah "siapa saya"dan memang hanya ada satu jawaban yang pasti yaitu bahwa saya adalah milik Dia yang menciptakan saya.

    ReplyDelete
  13. IRAWAN HADI PRANOTO 0814410008226 October 2011 at 05:20

    Ontologi Diriku merupakan sebuah bentuk kehidupan yang sudah dituliskan oleh Allah pada diriku
    Tak ada kata lain untuk hal itu kecuali hidup di dunia adalah sebuah cara pencapaian menuju surga atau neraka
    Hidup ini hanyalah sementara adanya
    Semua yang kita punya bisa dengan mudah di ambilnya
    Dengan segala cara bisa saja Tuhan ambil
    Setelah ini aku akan menjadi orang yang bersyukur
    Jadi tak lain dari ini adalah aku akan mulai menjadi orang yang lebih baik dari hari kemarin untuk pencapaian yang paling baik untuk hidup di surga atau neraka

    ReplyDelete
  14. septiya(08144100103)
    kita diberi kesempatan hidup ddunia tidak lah lma hnya sementara saja. jdi kita tidak tahu sampai kapan kita hidup didunia, kita hidup didunia jaga banyak kejadian-kejadian yg kita rasakan kan begitulah kehidupan. terkadang ada senang dan ada juga sedih, jdi apapun yg terjdi kita hrus selalu mendekatkan diri pada allah SWT dan harus mensyukuri atas segala yg diberi oleh allah SWT. kita sebagai manusia diberi hidup didunia hanya bisa berusaha dan berdoa. semua yg terjadi sudah ditentukan oleh allah yg menciptakan kita. karena allah SWT maha-maha segalanya.

    ReplyDelete
  15. Ontologi diriku.
    siapa aku? untuk apa keberadaanku?
    apa sebenarnya diriku? apa tujuan diriku? apa rahasia Tuhan pada diriku??
    Dan semua tentangku adalah rencana dan kehendak dari Tuhanku...
    Ontologi diriku.
    tak ada yang kebetulan dari apa yang terjadi dalam kehidupanku.
    karena semua ontologiku sudah ditulis oleh Tuhanku.

    ReplyDelete
  16. Sunu Sulistiyaningsih (08144100087)26 October 2011 at 07:35

    Ontologi diriku
    Dalam elegi ini mengisahkan tentang alur kehidupan yang telah Tuhan gariskan ke dalam kehidupan kita. Dalam perjalanaannya Keterbatasan akal manusia akan sebuah ketentuan Tuhan terhadap kehidupannya menciptakan sebuah pertanyaan. Apakah yang terjadi dan apa yang dialami merupakan suatu kewajaran?
    Hidup seperti sebuah roda yang terus berputar, Semua yang terjadi dan semua yang kita alami adalah wajar menurut Tuhan. Karena Dia Maha Tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya.
    Jangan pertanyakan tentang kebesaran-Nya dan jangan takutkan akan kekuatan-Nya.Dekatkan diri dan Pasrahkan segala yang terjadi, segala apa yang kita miliki dan kita peroleh kepada kekuasaan-Nya

    ReplyDelete
  17. Suprapti VII A1 Pendidikan Mat UPY(08144100023)

    Ontologi diriku
    Siapakah aku?
    Aku diciptakan oleh Nya
    Aku dititipkan di tempat belajar.
    Aku akan berusaha tegar dan kuat.
    AKU tidak boleh diam,,aku diciptakan untuk selalu berusaha keras merubah kehidupanku, yang tak pernah mengenal lelah, ku iringi langkahku dengan doa dan selalu bersyukur atas pemberian dari Nya. Semua itu untuk Mencari jati diri kehidupanku yang sesungguhnya.


    Terimakasih.

    ReplyDelete
  18. EMA PUSPA WIDIASTUTI(08144100054)26 October 2011 at 09:03

    Kadang sesuatu yang tidak kamu ketahui, diketahui oleh orang lain. Dengan bertanya, maka kamu akan menemukan jawaban apa yang tidak kamu ketahui, walaupun itu tidak selalu.

    ReplyDelete
  19. NURFITRIYANI (08144100107)

    AKU
    Siapakah diriku? (Who Am I?)
    Mungkin pertanyaan seperti ini sempat terlintas juga di hati kita semua…
    Aku adalah manusia, seorang hamba Allah yang berkewajiban untuk mengabdi dan menyembah kepada Allah. Aku harus bangga dengan keadaanku, harus berjuang mempertahankan keadaanku dan menyempurnakan keadaanku. Aku percaya bahwa Allah takkan menolong manusia yang tidak berusaha menolong dirinya sendiri. Usaha dan ikhtiar merupakan kewajiban yang tidak boleh aq ditinggalkan.
    Perjalanan hidup kita seperti halnya pengalaman dari arus kecil. Jika ingin melewati setiap rintangan dalam hidupnya guna mencapai tujuan dari Kebenaran, Kebajikan dan keindahan, maka manusia juga harus memiliki kebijaksanaan dan keberanian.

    ReplyDelete
  20. dyah kumolo retno (08144100084)26 October 2011 at 18:57

    ontologi diriku.
    disini menceritakan seseorang yang bertanya "siapakah diriku?" dan dia bertanya kepada seseorang tentang siapakah dirinya itu, tetapi semua ini kembali kepada siapa yang menciptakan kita, karena yang tau kita ini siapa adalah Tuhan yang telah menciptakan kita dan kita harus bersyukur terhadap apa yang kita punya dan apa yang telah Tuhan berikan.

    ReplyDelete
  21. Marta Afrilia, VII A1 (08144100040)26 October 2011 at 19:27

    Ontologi Diriku....
    Sifat pada diri seseorang sangatlah banyak tak terhingga, dari mana asalnya itu ada pada diri manusia bersamaan dengan manusia itu diciptakan. Seseorang dapat:
    Menjadi kuat dari Yang Maha Kuat
    Menjadi rapi dan indah dari Yang Maha Indah
    Memberi dari Yang Maha Pemberi
    Mengasihi dari Yang Maha Kasih
    Menolong dari Yang Maha Penolong
    Yang perlu diingat adalah adalah manusia hidup karena kemurahan dari Yang Maha Hidup. jadi siapa dirimu, dirimu adalah manifestasi dari Yang Serba Maha.

    ReplyDelete
  22. RIA AGUSTINA 08144100034

    Kita ada karena diciptakan oleh Nya.
    Hidup d dunia ini hanya sebentar,karena hidup yang kekal abadi kelak d akhirat nanti. Perjalanan hidup kita di dunia sudah digariskan oleh Nya,,saat kita menimpa musibah ataupun saat kita senang haruslah kita selalu bersyukur pada Nya. Kita di dunia harus menjaga apa yang Tuhan berikan pada kita,janganlah di rusak untuk hal yang tidak bermanfaat dan mencari bekal buat kita pulang menghadap Nya. Patuhi perintah Nya dan jauhi larangan Nya.

    ReplyDelete
  23. Herlina Pramudyanti (08144100033)
    Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan alur cerita yang telah digariskan masing-masing. Kebahagiaan, kemenangan, kesedihan dan kekecewaan adalah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Setiap permasalahan yang dialami haruslah mampu dipecahkan. Senantiasa berdoa dan memohon kekuatan dari sang Maha Pencipta agar selalu mendapat kekuatan dan segala kebaikan dalam menghadapi kehidupan ini .Mengenai diri kita tanyakan dalam hati kita masing-masing......jangan tanyakan siapa diri ini.....tanyakanlah bagaimana keimanan diri ini kepada sang maha pencipta.....apakah diri ini sudah pantas utuk mendapatkan kasih sayangNya, kemurahaNya dan segala kebaikanNya......

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Djati Setiawan 0814410007626 October 2011 at 20:31

    Dalam diri manusia terdapat tak berhingga sifat-sifat baik maupun buruk. Sifat-sifat ini dimilki oleh manusia sejak dia lahir dan merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Dalam menjalani kehidupan tentu sifat-sifat ini pasti muncul, entah itu sifat yang baik maupun sifat yang buruk. Jika seseorang tidak menggunakan akal dan hatinya pasti sifat-sifat buruk yang akan muncul dari diri seseorang tetapi jika seseorang menggunakan akal dan hatinya pasti sifat-sifat baik yang akan muncul dari diri seseorang. Dalam kehidupan, tentu seseorang berharap hanya memiliki sifat-sifat yang baik, hal ini dapat diperoleh oleh seseorang apabila dia bisa mengontrol diri menggunakan akal dan hatinya.

    ReplyDelete
  26. Muji Hartati (08144100004)A1
    Segala sesuatu yang terjadi didunia ini adalah kehendakNya,tidak ada manusia manapun yang bisa merubah itu, kita sebagai manusia hanya bisa berusaha melaksanakan perintahNya dan Menjauhkan laranganNya.

    ReplyDelete
  27. ignatia yunita krismawati (08144140031)26 October 2011 at 21:22

    Kita adalah ciptaan-Nya..,
    Kita ada karena-Nya…,
    Dia yang telah menciptakan kita menurut citraNya..,
    Setiap manusia diciptakan dengan alur yang berbeda. Tidak ada manusia yang mempunyai alur sama.
    Disaat kita bahagia…”BERSYUKURLAH”
    Disaat kita sedih…”BERDOALAH”
    Syukurilah apa yang telah Tuhan berikan, karena itu semua telah diaturNya

    ReplyDelete
  28. Manusia diciptakan dengan segala kesempurnaannya. Sedih, marah, bahagia, menangis, tersenyum, rapi, mengasihi dll….itu bagian dari diri manusia dan pasti setiap manusia memilikinya…..

    ReplyDelete
  29. Eriy yuniarti (08144130072)
    Diriku adalah aku.
    Aku adalah anak ayah dan ibuku, buah cinta mereka. Kepadaku mereka mencurahkan kasih sayang dengan tulus dan mengharapkanku menjadi orang yang berguna. Sampai kapanpun aku adalah aku, tetap anak ayah dan ibuku.

    ReplyDelete
  30. Ontologi bisa dirumuskan sebagai ilmu yang mempelajari realitas atau kenyataan konkret secara kritis. Secara garis besarnya ontologi menuntun kita untuk mengetahui bahwasanya ilmu dari manusia merupakan ilmu yang menuntun kita untuk mengetahui bahwa segala ilmu berasal dari sang pencipta manusia. mmanusia sudah ada seiring dengan sifat-sifat yang diberikan dari sang pencipta. Tak ada manusia yang sempurna yang mempunyai ilmu yang bisa melebihi dari sang pencipta.

    ReplyDelete
  31. MASNING (08144100012)

    Secara fisik dapat dilihat manusia diciptakan melalui pertemuan dua sel sperma dan ovum, dan dikandung dalam rahim ibu kurang lebih selama 9 bulan dan lahirlah sebagai wujud manusia. Namun dalam perjalanan kehidupan bertanya , kenapa manusia ini diciptakan, jika seluruh manusia ditanaya apa tujuan mereka dari kehidupan pasti akan ada berbagai jawaban, namun jika dipandang dari segi manusia sebagai manifestasi dari sifat-sifat yang maha kuasa seharusnya juga manusia menempatkan diri dan merenungkan kenapa dia diciptakan padahal alam ini sudah seimbang sepeti contoh matahari sudah mempunyai fungsi menerangi, bumi berputar dan mengelilingi matahari, bulan pun berputar mengelilingi bumi. Menurut anda apakah fungsi manusia diciptakan?

    ReplyDelete
  32. DWI NOVITASARI (10144100082/A3/III)26 October 2011 at 23:38

    Murid adalah titipan yang dititipkan dari orang tua kepada guru. Ketika seseorang bisa menjadi sedih maupun bahagia itulah dimana manusia merasakan suatu kehidupan yang wajar. Seseorang bisa menjadi kuat dan kadang menjadi lemah, kadang berpenampilan bersih, rapi, kadang suka memberi, kadang mengasihi sesama, kadang membuat sesuatu, membuat meja misalnya, kadang berbuat baik, kadang menolong, bahkan kadang marah. Dengan begitu kita harus selalu bersyukur dengan apa yang Tuhan YME atas apa yang diberikan. Kita menjadi kuat, mempunyai rasa kasih, mempunyai rasa marah itu atas pemberian dari Tuhan YME. Oleh sebab itu kita tidak boleh mengeluh atas apa yang diberikan bahkan kalau kita mendapat musibah sekalipun itu merupakan nikmat dari-Nya.

    ReplyDelete
  33. YESY IKASAFITRI (10144100094/A3/III)26 October 2011 at 23:39

    Guru merupakan pembimbing yang mendapatkan titipan dari orang tua. Seorang murid yang sudah dewasa pasti sudah mengerti bagaimana perasaan bahagia dan sedih di dalam kehidupannya. Seseorang dapat berubah-ubah keadaannya,misalnya suatu saat seseorang kuat sewaktu-waktu dia juga bisa lemah. Menanggapi hal tersebut, sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan kita harus mensyukuri segala nikmat yang diberikan

    ReplyDelete
  34. Sintia Ratna Sari (10144100106)27 October 2011 at 00:13

    guru adalah sosok orang yang sangat mulia.
    sekuat tenaga dan pemikirannya mengantarkan ilmu yang ia miliki kepada murid yang dia anggap sebagai anak nya sendiri.
    ia hanya ingat kalau murid adalah amanat dari orang tua kepadanya yang harus di didik dan diberi ilmu,walau kadang seorang guru merasa lelah bahkan pernah marah.
    semua itu karena kekurangannya sebagai manusia ciptaan-NYA.

    ReplyDelete
  35. Dialog antara 2 orang yaitu seorang guru dengan mutid nya, dimana guru adalah seorang yang mengajarkan dan mendidik murid nya sebagaimana mestinya. guru tersebut adalah seseorang yang merawat dan membesarkanya, samppai suatu ketika dia menanyakan mengenai dirinya,siapa dirinya...??? dirinya adalah.....
    seorang manusia yang mempunyai Cipta, Rasa dan Karsa, dimana dari situlah manusia dapat menjalani kehidupanya, dipetik dari dialog diatas bahwa manusia hidup mempunyai lika'liku kehidupanya. Lika'liku yang harus dilalui baik ataupun buruk dan manfaat/ pesan yang dipetik dari guru bahwa kehidupan manusia hanyalah dari TUHAN, Tuhan adalah Maha SegalaNYA. Hanyalah padaNYA manusia meminta.
    Dialog tersebut mengandung nilai Religius, yang mencerminkan bhwa Tuhan adalah Maha Agung diatas segalanya. Filosofi "Ontologi Diri ku" Memahami makna arti kehidupan. (08144100070)

    ReplyDelete
  36. HENI SULISTIANI (08144100001)mengatakan...

    pada dasarnya ontologi merupakan rumusan sebagai ilmu yang mempelajari relitas kehidupan.murid dan guru merupakan dua insan yang saling membutuhkan dan saling menguntungkan.segala sesuatu yang terjadi di dunia ini beserta permasalahan yang ada semua itu kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa.inilah gambaran tentang kehidupan manusia,jadi apabila kita diberi permasalahan,cobaan,musibah hendaknya kita hadapi dengan ikhlas dan kita harus yakin semua itu pasti ada jalan keluarnya.

    ReplyDelete
  37. Tusiyamah (08144100059)27 October 2011 at 00:39

    murid dan guru adalah anak dan orang tua...
    orang tua akan memberikan yang terbaik untuk anaknya, begitu pula guru, guru akan memberikan ilmu yang kelak akan dapat digunakan anak didiknya menuju masa depan yang baik...

    ReplyDelete
  38. Risky Yuniastuti A1 (08144100030)

    Dengan mengenali diri secara utuh, seseorang dapat mengerti dirinya dan juga mengerti tentang orang lain. Muhasabah diri/kenali diri seperti memandang sebuah Kaca Cermin Kehidupan sehingga seseorang dapat mengerti gambaran diri sendiri dengan segala kemampuan, kekurangan dan kebutuhannya. Langkah selanjutnya melalui Kaca Jendela Kehidupan seseorang dapat melihat orang lain dengan segala kemampuan, kekurangan dan kebutuhannya. Dengan memandang kehidupan melalui sudut pandang diri dan sudut pandang orang lain tersebut seseorang dapat berlaku adil dalam menyelesaian persoalan hidup yang dihadapinya.
    Akhirnya dengan mengerti hakekat penciptaan manusia, mari jalani amanah dengan ikhlas, bersama kita melangkah maju meningkatkan kinerja, meningkatkan harkat dan martabat dengan tetap peduli terhadap nasib orang lain. Hati-hatilah melangkah dalam hidup, karena setiap langkah yang kita ambil dalam hidup ini berpengaruh terhadap mashlahat (manfaat) dan mudharat (merugikan) baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

    ReplyDelete
  39. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sepurna karena di bekali dengan hawa nafsu. Dari ini lah timbul sifat manusia dan sifat itu ada pada diri manusia bersama dengan manusia yang itu di ciptakan. Dari kutipan di atas kita ketahui bahwa sifat manusia bisa berubah karena timbul dari diri sendiri dengan faktor keadaan di sekitarnya.

    ReplyDelete
  40. ernawan praditia vidia27 October 2011 at 01:14

    Komentar saya tentang Ontologi Diriku
    Menurut saya, ini bercerita tentang kapasitas diri yang menghadapi banyak tantangan dan cobaan. Dan ternyata kekuatan serta perlindungan diperlukan dalam suatu kehidupan. Untuk itu dalam hidup diperlukan suatu tuntutan dan perjuangan agar bisa kuat dalam menghadapi kehidupan yang semakin sulit. Dalam kehidupan ada banyak tangis, bahagia, kesusahan, dan lain sebagainya. Perlu dukungan dari Tuhan YME dalam hidup supaya diberkahi kelancaran dan kekuatan yang dapat membantu bertahan hidup dalam kehidipan sekarang.

    ReplyDelete
  41. Shela nurmanita (08144100089)27 October 2011 at 01:17

    Ontologi diriku
    Siapa aku?
    Seorang murid yang bertanya kepada gurunya akan jati dirinya yang sebenarnya dan sang guru yang membantu pernyataan muridnya meskipun sang guru tidak yakin bisa memenuhi harapanya sang guru berkata bahwa manusia hidup karena kemurahan dari Yang Maha Hidup.jadi siapa dirimu, dirimu adalah manifestasi dari Yang Serba Maha.
    Jadi Syukurilah apa yang telah Tuhan berikan, karena itu semua telah diaturNya

    ReplyDelete
  42. Ontologi merupakan keberadaan sesuatu yang bersifat konkret.
    kita di dunia adalah ciptaan TUHAN yang nyata adanya dan paling sempurna dari ciptaan TUHAN yang lainnya

    ReplyDelete
  43. Neli Riyanti (08144100086)27 October 2011 at 01:45

    ontologi ditiku

    siapa diriku?

    ReplyDelete
  44. Kabul Wahyu Hidayat 0814410011027 October 2011 at 01:50

    manusia adalah makhluk ciptaan, dan makhluk ciptaan pasti ada penciptanya. Guru, Murid, adalah sebutan lain manusia berdasarkan keadaan yang dijalani, dan tentunya ada juga penciptanya. Keadaan senang,sedih,galau,biasa dan keadaan yang lain juga ada penciptanya,bahkan pertanyaan dan jawaban juga ada penciptanya. sang Maha Pencipta (Allah SWT).

    ReplyDelete
  45. Rosana Ratna Ambarwati VII A1(08144100056)
    Kita manusia berasal dari Tuhan Yang Maha Esa,, yang awalnya suci tanpa dosa,, dan terlahir di dunia dengan segala sesuatu dari Tuhan Yang Maha Esa..
    dan pada akhirnya nanti kita akan kembali pada-Nya juga harus dalam keadaan yang bersih seperti ketika kita dilahirkan di dunia.

    ReplyDelete
  46. Muhtar Rifai Yazid (08144100092)27 October 2011 at 02:27

    takdir manusia adalah allah yang menentukan. baik dan buruknya sudah ditentukan sejak kita masih dalam kandungan. manusia cuma bisa berusaha dengan keras dalam mewujudkan cita - citanya

    ReplyDelete
  47. murid adalah seorang anak yang dititipkan oleh orang tua atau walinya kepada seorang yang lebih dianggap pandai/guru untuk diajari/dibimbing dalam belajar atau pun mempelajari ilmu yang telah guru dapatkan.

    ReplyDelete
  48. Sri Lestari (08144100114)27 October 2011 at 03:33

    Seperti dialog antara guru dan murid, kita adalah manifestasi dari yang serba maha. Apa yang manusia miliki semuanya merupakan milik dari yang maha kuasa, apapun yang manusia lakukan semuanya tidak luput dari pandangan yang maha melihat, dan kita pun kelak akan kembali kepada yang memberi hidup, oleh sebab itu, kita hidup di dunia ini hanya untuk mengabdikan diri kita seutuhnya kepada yang memberi hidup, yaitu kepada yang maha hidup, sehingga kita bisa mengetahui siapakah diri kita ini.

    ReplyDelete
  49. PUSPITASARI WAHYUNINGSIH 08144130121
    Diriku sama dendan aku. Aku berasal dari rahim ibuku yang bermula dari hasil buah cinta ayah dan ibuku yang terlahir sebagai permata hati ayah dan ibuku. Seumur hidupku diriku adalah aku permata hati ayah dan ibuku yang selalu disayang ayah dan ibuku.

    ReplyDelete
  50. RIASTUTI (08144100029) A127 October 2011 at 03:53

    Seseorang diciptakan oleh Allah SWT dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dan Allah pun memberikan berbagai sifat dalam diri kita baik sifat yang terpuji maupun yang tercela. Disini tergantung kita yang menggunakannya, Misalkan kita tidak akan merasakan bahagia, Senang, kaya, seterusnya namun suatu saat pasti kita akan merasakan yang sebaliknya. Hidup ini bagaikan roda terkadang kita berada dibawah, kadang kita juga berada diatas jadi hanya bergantian. Jadi sebagai hamba Allah kita hanya bisa berusaha dan berdoa, tetap yang menentukan adalah Allah. Jadi jangan lupa kepada sesama dan utamanya kepada Allah jika kita sedang diatas yaitu senang, kaya, sukses dll. Begitu juga sebaliknya jangan ingat kepada Allah kitika kita sedang berduka dan tidak memiliki apa-apa.

    ReplyDelete
  51. Nova Yellystiani (10144100088)27 October 2011 at 04:06

    guru dan murid adalah dua orang yang saling memberi manfaat dan saling membutuhkan.
    guru mempunyai kewajiban untuk mendidik dan membimbing muridnya, agar muridnya dapat menemukan jati dirinya.

    ReplyDelete
  52. srisulastriningsih (08144100032)27 October 2011 at 04:40

    Aku adalah sesuatu yang diciptakan-Nya. Aku adalah Aku. tanpa ibu, tanpa ayah tidak akan pernah ada aku. karena sang pencipta melantarkan ibu dan ayahku menjadi jalan menuju indahnya dunia. aku datang ke dunia untuk di didik, dibimbing dengan penuh kasih sayang. hargailah aku dan sayangilah aku seperti aku dan sang Pencipta menyayangimu.

    ReplyDelete
  53. sri rahayu (08144100050)
    Dari paparan diatas, bahwa da murid yang pengn tahu siapa dia sebenarnya ?. dan gurunya akan menjelaskan bahwa murid/ anak merupakan titipan dari Allah swt yang di titipkan kepada orang tuanya untuk mendidik, membesarkan dan lain sebagainya biar jadi anak yang berguna. manusia itu memiliki sifat-sifat yang tidak terhingga banyaknya dan dengan bersamaan waktu penciptaaanya lah dia diberikan sifat itu.sifat itu akan muncul apabila dipengarui oleh sesuatu.

    ReplyDelete
  54. Bersyukurlah karena diberi kesempatan untuk bisa memberi, menerima, mengasihi, mencintai.
    Dengan demikian lengkaplah kehidupan ini, karena terhiaskan canda, tawa, tangis, dan bahagia.

    ReplyDelete
  55. Retno Fitri Nugrahaningsih27 October 2011 at 05:16

    Manusia hidup didunia ini tidak ada yang sempurna, banyak pertanyaan yang tersimpan dalam benak kita tentang dunia ini, namun hanyalah Allah SWT yang mampu menjawab semua pertanyaan itu. Kita sebagai manusia hanya mampu menjadi yang terbaik dari yang baik dan berusaha menerima takdir kita.

    ReplyDelete
  56. Dalam artikel ini adalah kisah anak yatim piatu yang ditinggalkan kedua orang tuanya dan diberi tanggung jawab mendidiknya.Sebagai guru kita hendaknya dengan rela dan iklas untuk mendidik anak tersebut agar pandai sehingga berguna untuk bangsa dan negara. Sesuatu yang didasri dengan ihklas dan sabar pasti akan berbuah manis dan mendapatkan pahala dari Tuhan yang maha esa.

    ReplyDelete
  57. Adi Kiswantoro/10144100096 III/A327 October 2011 at 05:59

    Manusia itu memiliki cipta rasa dan karsa..Itulah yang menjadikan setiap manusia memiliki Ontologi diri mereka masing"...

    ReplyDelete
  58. ontologi diriku....
    sesuatu yang konkret.. konkret.. dan konkret..
    apabila manusia mampu menjadikan ontologi dirinya kearah positif maka akan menjadikan dirinya menjadikan pribadi yang lebih berguna dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain tentunya.

    ReplyDelete
  59. Ontologi diriku
    siapa sebenarnya diriku ini
    aku adalah aku
    kamu adalah kamu
    aku tak bisa menjadi kamu
    kamu pun tak bisa menjadi aku
    aku dan kamu diciptakan dengan sifat yang berbeda-beda
    aku dan kamu bisa menentukan masa depan yang indah ataupun suram tergantung diri sendiri yang ngejalanin

    ReplyDelete
  60. smt3/a3 10144100090
    mengapa demikian??. diriku adalah diriku.,siapa aku??
    hanya aku dan Allah swt. yang tau,.
    trying to change for the better.

    ReplyDelete
  61. ONTOLOGI DIRIKU!!!!!
    ontologi adalah ilmu yang mempelajari realitas atau kenyataan konkret secara kritis.
    "MANUNGGALING KAWULA GUSTI"
    Itulah kalimat jawa yang sejalan dengan elegi ONTOLOGI DIRIKU,. pada dasarnya manusia adalah manisfestasi dari TUHANYA,.. maka dalam konsep "MANUNGGALING KAWULA GUSTI" yang diajarkan oleh Syech SITI JENAR dan diteruskan serta dirumuskan oleh ahli filsafat jawa yaitu RONGGO WARSITO menyatakan bahwa "AKU ADALAH AKU" karena MANUSIA ADALAH TUHAN!!!
    JANGAN BINGUNG!!!!
    itulah filsafat!!!
    Bagaimana pendapat anda???
    INi pendapat Saya????

    ReplyDelete
  62. Eka Juliani (08144100091)
    Ontologidi diriku,diriku adalah aku,.dan apapun yang akan terjadi nanti hanya aku dan Allah lah yang tau,.tetap optimis dan yakini bahwa Allah Maha Tahu dan Maha Segala galanya,..

    ReplyDelete
  63. Husein Ardiyanto smt3A3/1014410010727 October 2011 at 16:31

    Ontologi merupakan salah satu kajian kefilsafatan yang paling kuno dan berasal dari Yunani. Studi tersebut membahas keberadaan sesuatu yang bersifat konkret. Secara sederhana ontologi bisa dirumuskan sebagai ilmu yang mempelajari realitas atau kenyataan konkret secara kritis. Di dalam artikel tersebut dikisahkan seorang murid yang yatim piatu ditinggal orang tuanya. Seorang guru memberikan saran kepada muridnya kalau kita mendapat kekuatan semata-mata kekuatan tersebut dari Allah SWT, kita mempunyai sifat pemberi juga semata-mata diberi sifat pemberi dari allah SWT. Jadi, manusia hidup karena kemurahan dari Yang Maha Hidup.

    ReplyDelete
  64. SUSI SATRIATMI 08144100060
    A2

    Kisah seorang anak yang harus menanggung kehidupannya dengan tanpa seseorang yang disayanginya.
    Manusia diciptakan berbeda dan mempunyai jalan hidup sendiri.
    Kebaikan dan cara dia menjalin hubungan dengan sesama manusia dapat menentukan kehidupan dia. Yaitu cara baik atau buruk dalam bertindak, berkata dan bersikap.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  65. Diriku. . .
    Siapa aku ini? Apa tujuan hidupku ini?untuk apa aku disini?dan kapan aku akan kembali padaNya?
    Begitu banyak pertanyaan yang muncul dalam diriku. Namun hanya ada beberapa yang menjawab dari apa yang aku tanyakan, salah satunya adalah orang bijak ini. Beliau menjawab “Saya tahu bahwa Anda tahu, tetapi Anda tidak tahu bahwa Anda sesungguhnya tidak tahu. "Kenali Diri Anda sendiri" (Amit Abraham).”
    Barulah aku mulai tersadar ketika jawaban itu terdengar di telingaku. Uummm . . .bukan hal yang mudah mengenali diri sendiri.

    http://ompoer.wordpress.com/2009/09/18/orang-bijak-berkata.htm
    http://godsdirectcontact.us/com/indonesia/ceramah/ceramah3.htm
    http://kiyaiceret.blogspot.com/2009/03/pengenalan-hakekat-diri.html

    ReplyDelete
  66. sosialkan raga agar banyak pengetahuan luar.
    aku adalah murid.
    engkau adlah pembimbingku.
    aku percaya padamu suatu saat aku akan jadi orang karenamu. terimakasih untuk itu.
    apa pran penting guru dan apa peran penting murid.
    oleh
    nikodemus 08144100014

    ReplyDelete
  67. terimakasih atas komentar yang diberikan pada tulisan "Ontologi Diriku", saya sudah baca setiap komen yang bermaam-macam. Itulah filsafat anda. Penilaian saya lakukan dari sisi filsafat dan attitude termasuk kedisiplinan waktu dalam menulis komentar. Terimakasih

    ReplyDelete
  68. ONTOLOGI DIRIKU
    Siapakah diriku? Siapakah kita sebenarnya?
    Saya, kamu semua merupakan ciptaan Tuhan. Yang membedakan hanya kita dilahirkan dimana. Dimana kita lahir, siapa orang tua kita, segala hal mengenai diri kita itu juga merupakan jawaban dari siapa kita. Lalu kita dianugerahi sebuah rasa, kekuatan yang semua itu pemberian Tuhan. Bagaimana kita menggunakan kekuatan maupun rasa itu dalam kehidupan, itu juga yang dapat mencerminkan diri kita. Karena kita dberi banyak sifat-sifat dari Tuhan selayaknya kita harus selalu bersikap dengan sifat-sifat yang telah diberikan Tuhan. Karena kita adalah manifestasi dari Tuhan Yang Maha Segalanya.
    Ria Setyawati (09144100107 / 7.A2)

    ReplyDelete
  69. Ontologi Diriku
    Setelah membaca tulisan ini saya berpendapat bahwa manusia adalah makhluk yang mendekati sempurna. Beberapa orang atau manusia berkata bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk lain yang diciptakan oleh Tuhan. Saya tidak sependapat karena pada hakikatnya tingkatan manusia dan makhluk Tuhan yang lain adalah sama, hanya saja manusia diberi akal dan hati untuk berpikir dan bertindak apakah sesuai perintah Tuhan ataukah sesuai keinginan manusia tersebut. Sifat-sifat Tuhan adalah sifat-sifat yang Maha Sempurna, Yang Maha Besar, Yang Maha Penyayang, Yang Maha pengasih, dan semua sifat sempurna yang lain. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan, secara otomatis manusi mewarisi sifaf-sifat sempurna yang dimilki oleh Tuhan. Tetapi manusia tidak akan bisa mencapai sifat-sifat senpurna Tuhan, karena Sang Pencipta dan Makhluk yang diciptakan-Nya tidak akan bisa sama. Jadi memanglah manusia itu adalah makhluk yang mendekati sempurna. Makhluk yang merupakan manifestasi dari Tuhan. dimana manusia bisa hidup karena diberi kehidupan dari Yang Maha Hidup. Dan semua sifat-sifat yang ada di dalam diri seorang manusia itu sendiri adalah pemberian dari Yang Maha Pemberi. Jadi secara pantas manusia harus selalu berpikir dan bertindak sesuai dengan sifat-sifat Tuhan.

    ReplyDelete
  70. Untuk anda yang sedang mencari "Situs Judi Terpercaya & TANPA BOT/Lag" di aplikasi handphone Anda maupun komputer, JANGAN TAKUT, Karena EDENPOKER Memiliki "Server Terkuat" di antara semua Situs Agen Judi Yang ada.

    Hanya Di Edenpoker :

    - Minimal Deposit IDR 15.000,-
    - Minimal Withdraw IDR 15.000,-
    - Bonus New Member 10.000 / 20.000
    - Bonus Deposit 5%,-
    - Bonus Rollingan 0.5%,-
    - Bonus Referral 10%,-

    WA : +855 17 640 528
    LIVE CHAT : edenpoker8.com

    POKER UANG ASLI
    POKER ONLINE TERBAIK
    JUDI POKER INDONESIA

    ReplyDelete