My Blog List

Wednesday 25 November 2009

Ketika Diriku Tidak Mampu Bertanya

Kawan, mau pergi ke mana? Pertanyaan yang terlontar dari mulutku ketika bertemu seorang teman di jalan. Aku menanyakan tujuannya. Lebih jauh bahwa setiap orang akan menuju ke sesuatu, waktu, keadaan, tempat, dzat. Lalu kemanakah tujuan hidupku? Itulah ketika diriku sudah mulai bertanya. Dengan bertanya, diriku terdorong untuk mengetahui jawabannya. Pikiranku pun mengembara untuk menjawab setiap pertanyaan yang muncul. Hatiku memutuskan jawaban manakah yang benar, jawaban yang manakah yang pantas untuk kuakui, kuyakini dan aku perbuat? Dari pertanyaan tadi aku berusaha untuk mencari jawabannya yang pada akhirnya kudapatkan banyak jawaban, ada mind, ideale, gest dan mente. Dari sekian banyak jawaban itu aku meyakini bahwa ideale merupakan jawaban yang benar. Jawaban yang pantas untuk kuakui, kuyakini, dan aku perbuat. Setiap hari ku pikirkan ideale. Ketika makan ku ingat ideale, ketika belajar ku ingat ideale, dalam berjalan ku ingat ideale,dalam tidur pun ku mimpi tentang ideale. Tidak terasa ideale telah masuk ke dalam pikiran, keyakinan, konsep dan prinsip hidup. Sehingga dari ideale ini pula berhasil ku dapatkan ideale 1, ideale 2, ideale 3,…. hingga ideale ke-n. Dari prinsip ini aku memiliki cita-cita. Entah cita-cita apakah itu. Yang jelas aku ingin mendirikan sebuah perusahaan PT Ideale. Dalam berkuliah pun aku serius demi mendapatkan cita-cita itu. Belajar setiap hari demi cita-cita, patuh dan menurut pada orang tua untuk mendapatkan doa restu agar kuliahku berhasil diiringi doa dan beribadah kepada Tuhanku aku perkuat dan aku hayati. Tindakan-tindakan tidak bergunua aku jauhi, bergaul dengan orang-orang yang berpengaruh buruk aku jauhi, berfoya-foya aku jauhi, serta hal-hal lain yang tidak bisa aku lukiskan lagi.

Aku syukuri lulus kuliah IPK ku lumayan, sehingga aku bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan Tambang Batu Bara dengan gaji yang lebih dari cukup. Setelah bekerja akupun menikah. Aku bersyukur mendapatkan istri cantik, setia dan patuh pada suami, hingga aku dikaruniai 3 anak yang sehat dan ceria.

Dalam pekerjaanku aku meniti karir dari bawah, hingga akhirnya kudapatkan posisi manager dengan gaji lebih dari cukup, 14 juta perbulan. Gaji yang akan banyak sisa untuk ku tabung meskipun nantinya aku sudah berkeluarga, membahagiakan keluarga (anak dan istriku kelak) dan membahagiakan orang tuaku, termasuk menghajikan mereka, dan investasi untuk hari tua.

Alhamdulillah hampir semua cita-citaku tercapai meski juga diiringi beberapa kegagalan dan kerja keras. Dirumah pun istriku telah berhasil membuat perusahaan industri plastik. Perusahaan yang dulunya hanya bersekala rumah tangga yang mempekerjakan para tetangga, kini sudah berkembang boleh dibilang dalam skala daerah. Perusahaan itu pada awalnya dibangun dengan modal gajiku dalam bekerja di perusahaan tambang batu bara. Kini sudah mempekerjakan 900 orang. Rumah mewah, mobil mewah, istri cantik, anak yang sehat dan ceria, semua sudah aku miliki.

Sesuai dengan keinginan awalku ku hajikan kedua orang tuaku. Aku mensyukurinya segalanya telah kuraih. Syukur dan doa selalu kupanjatkan di setiap pagi, siang, sore ataupun malam. Aku menyadari bahwa hatiku membutuhkan sandaran vertikal. Hingga ku dapatkan hati yang tenang, hati yang bahagia karena penuh syukur dan ku niatkan segalanya sebagai ibadah.

Ku ingat waktu dulu bahwa aku pernah bertanya kemanakah tujuan hidupku. Ternyata jawaban dari tujuan hidupku adalah mind, ideale, gest dan mente. Aku meyakini salah satu jawaban tersebut. Kuakui, kuresapi, hingga jawaban tersebut mewarnai kehidupanku, hingga sekarang ini. Hingga semua dapat aku raih. Seandainya waktu itu aku tidak bertanya maka aku yakin bahwa aku yang seperti ini tidak akan ada.

(Diambil dari pendapat Rene Descartes, diceritakan dalam bahasa yang lain)

73 comments:

  1. artikel ini menceritakan dan memaparkan tentang sesosok orang yang memiliki pola pikir kedepan dengan menargetkan dirinya mampu berpotensi untuk mewujudkan cita-cita yang sudah dirancang atau terplaning dengan matang. sgala sesuatu yang dipikirkan di saat ini, jika kita yakini, semua itu pasti akan tercapai di lain waktu sesuaiyang kita pikirkan. asalkan apa yang kita kehendaki itu kita jalani dengan serius dan sungguh sungguh.
    sugesti yang diyakini dan mencapai tingkat tinggi dan akan tersadar saat smua sudah menjadi kenyataan.

    ReplyDelete
  2. Shima Destriana Sari (08144100068)25 October 2011 at 17:48

    Artikel ini mengisahkan seseorang yang mempunyai cita-cita yang tinggi dan ingin membahagiakan kedua orang tuanya. Orang tersebut belajar setiap hari agar mencapai cita-citanya dan patuh kepada orang tua agar mendapat restu dari orang tua. Suatu saat orang tersebut berhasil mencapai cita-citanya dan dapat membahagiakan kedua orang tuanya. Jdi, apabila kita mempunyai cita-cita kita harus yakin, berdoa dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai cita-cita tersebut. Apabila kita yakin, pasti akan menjadi kenyataan.

    ReplyDelete
  3. Maya Kusumaningrum 0814410009825 October 2011 at 23:28

    semua manusia tentunya membingakai rencana indah untuk kehidupannya. kadangkala idealisme itu muncul dimana kita mencita-citakan sesuatu atau bahkan berprinsip pada sesuatu yang bagi kita merupakan yang terbaik yang harus kita capai. misalnya saja setelah kuliah nanti kita ingin pekerjaan yang mapan dan tentunya kita akan menghindari bahkan terkadang membenci halangan yang kita temui. dalam pandangan islam untuk mencapai sesuatu kita hanya membutuhkan niat, ikhtiar dan doa. masalah hasil akhirnya tentu hanya Allah yang berkuasa untuk memutuskannyya. jikalau kita memantapkan satu tujuan hati maka jalani jalan yang seharusnya dilalui , jangan lupa doa dan berserah diri

    ReplyDelete
  4. Banyak dari kita yang berfikir bahwa untuk menjadi apa yang kita inginkan harus menunggu sampai kita siap dulu,,siap dalam segala hal. Padahal fikiran seperti itu sungguh sangat tidak benar menurut artikel ini,,
    Yah, Intinya artikel ini mengajak kita untuk tidak takut bermimpi, untuk tidak takut memiliki cita-cita. Dan mengajak kita untuk dapat menentukan tujuan hidup sejak dini...

    ReplyDelete
  5. Sri Arbangatin (08144100020)26 October 2011 at 01:02

    Mimpi adalah hidup kita, dimana dengan mimpi kita bisa merancang kehidupan lebih baik. ketika kegagalan ada bersama kita bukan menyerah yang kita lakukan tapi tetap semangat untuk hidup kita

    ReplyDelete
  6. Muslikhah (08144100079)26 October 2011 at 02:03

    Setiap manusia,pasti mengingankan semua apa yang diinginkan tercapai dengan mudah, menginginkan kehidupan yang ideal, menginginkan semua berjalan seperti yang diharapkan. akan tetapi,,terkadang keinginan itu tanpa diikuti usaha dan Do'a. padahal,,semua itu tidak akan terwujud tanpa adanya usaha dan Do'a.
    jadi, landasilah tujuan hidup ini untuk ibadah. jangan takut bermimpi asalkan diikuti dengan usaha dan doa.dan selanjutnya serahkan kepada Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  7. Maya OktianiA2 (08144100081)26 October 2011 at 03:00

    manusia menginginkan apa yang dicita-citakan tergapai.oleh karena itu kita harus mempunyai niat untuk menuju kesana serta berikhtiar dan berdoa.jika kita sudah tertuju disalah satu tujuan maka mantapkan hati untuk malalui jalan yang seharusnya dilalui dan terjanglah halangan dan rintanganya.

    ReplyDelete
  8. lusi hardiyanti (08144100055)26 October 2011 at 03:55

    Dalam elegi ini kita di ajarkan untuk tidak takut bermimpi, seperti kata pepatah manusia yang hidup tanpa mimpi seperti burung hidup tanpa sayap. Kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan mimpi itu. Walaupun dalam mewujudkanya diiringi kegagalan dan kerja keras.
    Untuk mencapai kesuksesan seperti mimpi kita, kita mangawalinya dari bawah karena semuanya perlu proses. Tidak ada kesuksesan yang didapat dengan instan oleh karena itu kita harus selalu berpikir positif bahwa kita pasti bisa.

    ReplyDelete
  9. Herna Purwanti (08144100083)26 October 2011 at 04:47

    Dalam menjalani kehidupan kita harus mempunyai tujuan yang jelas yang menjadi dasar kita dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dan terarah. Namun apapun itu, kehidupan didunia ini sudah ada yang mengatur, kita tinggal menjalaninya saja. Dengan kata lain, berusahalah selagi kita mampu. Jangan pernah menyerah dengan keadaan.
    Sekian, terima kasih..

    ReplyDelete
  10. Zuida Listianingrum (08144100093)26 October 2011 at 05:17

    Setiap manusia harus mempunyai cita-cita dan tujuan hidup yang jelas yang bertujuan untuk menjadikan manusia tersebut hidup lebih terarah. kita di ajarkan tidak cuma hanya bermimpi tetapi kita harus berusaha mewujudkan cita- cita tersebut dengan kerja keras dan jangan takut akan kegagalan. karena kegagalan adalah kunci kesuksesan.

    ReplyDelete
  11. sesilia Y.B (08144100077)26 October 2011 at 05:23

    bertaya pada diri sendir tentang apa yang diinginkan atau apa yang dibutuhkan merupakan kunci untuk membuka gerbang penentu masa yang akan datang.jadi bertanyalah setiap hari ketika terbangun dari tidur, setiap saat ketika menghadapi hambatan dalam perjuangan hidup dan setiap waktu ketika kita akan melangkah.

    ReplyDelete
  12. IRAWAN HADI PRANOTO 0814410008226 October 2011 at 05:36

    Arti sebuah cara untuk mencapai cita-cita itu adalah sebuah ucapan yang memotivasi diri
    Sedikit kata ini layak ku dengar dan ku bawa sampai kapanpun
    Sebuah kata yang sering terlintas dari fikiranku yaitu Tuhanmu tidak akan mengubah nasib manusia kecuali manusia yang mengubahnya
    ku kancingkan kancing baju untuk mencapai tujuan hidup
    Dengan sebuah ucapan akan menjadi motivasi meraih tujuan hidupku
    Dengan berusaha ku coba mencapai tujuan hidup itu
    Dengan berdoa ku lengkapi diriku untuk selalu mencapai tujuan itu didampingi ALLAH

    ReplyDelete
  13. septiya(081441003)
    dalam elegi nin kita diajarkan untuk mempunyai cita-cita setinggi langit dan mempunyai impian yg setinggi-tingginya. ingin menjadi seseorang yg ideal apa yg dicita-citakan dan diimpikan tercapai. tapi semua itu harus berusaha dan berdoa tidak hanya dengan bercita-cita dan bermimpi saja. karena dengan kita berusaha dan terus berusaha tanpa mengenal lelah dan disertai dengan doa insya allah apa yg kita cita-citakan dan impikan tercapai. bila sudah senang didunia jangan lupa dengan akhirat. kita sukses didunia tapi kita juga harus bisa sukses diakhirat. jadi harus seimbang.

    ReplyDelete
  14. Sunu Sulistiyaningsih (08144100087)

    Dalam Elegi ini mengisahkan bahwa Setiap manusia selalu memiliki sebuah rencana untuk hidupnya. Dan Sebuah rencana akan selalu terbingkai dengan indah, tinggal bagaimana kita sebagai seorang manusia mampu mewujudkan agar rencana yang kita bingkai dapat terwujud sesuai dengan harapan kita. Walau terkadang, mungkin akan selalu ada halangan yang kita jumpai. jangan sekali pun pernah takut jika menjumpai sebuah kegagalan, karena kegagalan merupakan pintu gerbang sebuah kesuksesan. Berusaha dengan sungguh-sungguh, jangan menyerah dan selalu berdo'a, karena Alloh SWT akan selalu membukakan jalan bagi mereka yang tetap mau berusaha.

    ReplyDelete
  15. Kita hidup punya tujuan,
    berakhir bahagia atau tidak tergantung diri sendiri
    Kebahagiaan, keberhasilan dapat diperoleh dengan percaya bahwa kita PASTI bahagia, kita PASTI berhasil
    dalam hal ini KESUKSESAN bisa dibilang
    mengorbankan kenyamanan hari ini untuk KEBAHAGIAAN mendatang

    ReplyDelete
  16. Suparapti VII A1 Pend. Mat UPY (08144100023)

    Mengisahkan Seseorang yang mempunyai tujuan hidup dan berkeinginan meraih cita-citanya, yang dilakukan dengan cara balajar dan bekerja keras, patuh terhadap orang tua demi mendapatka doa dan taat beribadah terhadap TUhan Nya.
    Lulus dengan IPK yang lumayan.
    Bisa di terima bekerja di perusahaan Tambang Batu Bara, sehingga menjadi manager dengan gaji 14 juta/bulan.
    Kemanakah tujuan hidupnya pun kini terjawab, yaitu mind, ideale, gest, dan mente...
    dia berusaha untuk mengakui,meresapi, sehingga jawaban mewarnai kehidupannya.


    Dari elegi yang terdiri dari 6 paragraf, sekilas, cita-cita yang diraihnya itu sangat mudah diraihnya, apa itu semua karena dituangkan dalam narasi deskripsi ya?

    Semoga saya bisa meraih cita-cita dengan mudah seperti elegi tersebut diatas.
    AMIN YRA.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  17. EMA PUSPA WIDIASTUTI(08144100054)26 October 2011 at 09:08

    Menjalani hidup dengan ideale akan membantu kita meraih apa yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  18. NURFITRIYANI (08144100107)

    Kita sebagai manusia memiliki keterbatasan dalam hidup karena kita hanya mampu memikirkan sebagian saja dari yang ada dan yang mungkin ada. Tpi kita juga harus senantiasa berpikiran positif supaya hidup kita bahagia, karena apa yang kita pikirkan, kita tuliskan, kita ucapkan kesemua itu adalah sebuah doa untuk kehidupan kita nantinya. Jadi janganlah kita sekali-kali berpikiran yang nantinya menyebabkan penderitaan. Terakhir kita serahkan semuanya kepada si empunya semesta alam raya ini yakni Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Herlina Pramudyanti (08144100033)
    Dalam hidup seseorang harus mempunyai suatu tujuan dan cita-cita yang pasti. Untuk itu seseorang harus mempunyai mimpi untuk mencapai cita-citanya. Dengan mimpi seseorang akan mendapatkan kekuatan yang sangat besar yang akan mengubah kehidupannya untuk lebih maju. Setelah mempunyai impian, hal yang harus dilakukan adalah mengejar impian itu. Kita menyadari impian seseorang bukan tak mungkin mendapat tentangan dari lingkungan. Ia bisa dicemooh dan dibuat patah semangat justru oleh orang-orang terdekatnya. Oleh sebab itu sebagai manusia kita harus mempunyai langkah-langkah tertentu untuk menggapai cita-cita tersebut yaitu dengan selalu berusaha dan berdoa agar selalu diberikaan kemudahan dan mendapat ridhoNya. Setelah seseorang mendapatkan segala yang dicita-citakan hendaklah ia bersyukur kepada Tuhan dan tetap terus berdoa agar terlepas dari kesombongan dan kufur nikmat. Sehingga apa yang kita peroleh dapat bermanfaat di dunia maupun sebagai bekal menuju akherat nanti.

    ReplyDelete
  20. “Dengan bertanya, diriku terdorong untuk mengetahui jawabannya. Pikiranku pun mengembara untuk menjawab setiap pertanyaan yang muncul. Hatiku memutuskan jawaban manakah yang benar, jawaban yang manakah yang pantas untuk kuakui, kuyakini dan aku perbuat?”
    Hidup itu harus memiliki mimpi. Karena dengan memiliki mimpi kita memiliki harapan. Dengan mimpi kita memiliki semangat untuk melakukan sesuatu demi tercapainya suatu tujuan. Dan mimpi memberikan kita semangat untuk hidup, untuk berubah, untuk terus melaju dengan waktu. Berdebar, semangat, terkadang sedih saat jalannya tidak sesuai keinginan, tak jarang berjingkrak bersuka hati saat jalan hidup lebih mudah daripada yang diharapkan.
    Mari kita bekerja, belajar, dan hidup dengan keyakinan hati… agar kita tak bertanya-tanya lagi. :)

    ReplyDelete
  21. dyah kumolo retno ( 08144100084 )26 October 2011 at 19:23

    ketika diriku tidak mampu bertanya
    dalam hidup ini seseorang pasti mempunyai cita-cita ( mimpi ).jika kita ingin meraih mimpi itu kita harus berusaha keras dan harus rajin berdoa, terutama kita harus berdoa kepada Tuhan karena segala sesuatunya Tuhan yang mengatur.. tapi kalau kita percaya kita pasti bisa..

    ReplyDelete
  22. RIA AGUSTINA 08144100034

    Dalam hidup seseorang harus mempunyai sebuah suatu tujuan dan cita-cita yang pasti. Dalam mencapai cita-cita mesti disertai dengan mimpi. karena mimpi adalah suatu harapan agar kita bisa semangat,termotivasi untuk mencapai cita-cita tersebut. tak luput juga,dalam mencapai cita-cita disertai dengan do'a dan usaha,apabila dalam berusaha kita mengalami kegagalan jangan berkecil hati,,karena kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan.

    ReplyDelete
  23. Marta Afrilia, VII A1 (08144100040)26 October 2011 at 19:34

    Ketika Diriku Tidak Mampu Bertanya....
    Dalam elegi ini digambarkan tentang kisah perjalanan hidup. Dalam elegi ini dapat kita ambil hikmahnya bahwa kita tidak boleh takut untuk bermimpi. Dalam hidup kita tidak boleh takut untuk menghadapinya, terkadang kegagalan sering kita rasakan, tapi dengan kegagalan tersebut kita dapat belajar untuk mengerjakan sesuatu dengan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  24. Djati Setiawan 0814410007626 October 2011 at 20:33

    Terkadang sebuah pertanyaan dapat memotivasi diri seseorang. Dengan pertanyaan itu seseorang akan berusaha menjawab dan menemukan jawaban dari pertanyaan itu. Apalagi jika pertanyaan itu pertanyaan yang menyangkut diri seseorang itu sendiri. Seseorang akan terus berusaha mencari jawaban dan setelah memperoleh jawaban yang diyakini itu benar maka seseorang akan melakukan usaha untuk menggapai jawaban tadi. Apabila orang itu terus bertanya pada diri sendiri tentang dirinya maka hal ini akan dapat memberi dampak positif bagi dirinya sendiri untuk memotivasi diri dalam mencapai tujuan hidupnya. Dalaam mencapai tujuan hidupnya tentu sesorang juga tidak bisa terlepas dari doa. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan hidupnya sesorang harus berusaha dan berdoa.

    ReplyDelete
  25. Muji Hartati (08144100004)A1
    Ketika Diriku Tidak Mampu Bertanya....
    Dalam elegi ini mengisahkan perjalanan hidup, mimpi adalah masa depan seseorang, karena kebahagiaan seseorang berawal dari mimpi yang diwujudkan dengan usaha dan do'a.

    ReplyDelete
  26. ignatia yunita krismawati (08144140031)26 October 2011 at 21:26

    Setiap orang punya mimpi….
    Mimpi perlu untuk mencapai cita-cita
    Cita-cita perlu untuk masa depan yang lebih maju…
    Maju atau tidaknya kita sesuai usaha dan kehendakNya..
    Berdoalah dan berusahalah agar tujuan kita tercapai..

    ReplyDelete
  27. Dalam hidup, kita harus merencanakan apa tujuan hidup kita. Melakukannya dengan sepenuh hati, diikuti dengan rasa syukur dengan apa yang telah dikaruniakan-Nya.

    ReplyDelete
  28. Eriy Yuniarti (08144130072)
    Seperti dalam pepatah “Malu bertanya sesat di jalan”
    Orang bertanya bukan berarti bodoh, bukan berarti tidak tahu dan bukan berarti tidak mengerti. Bertanya merupakan suatu gengsi yang menimbulkan persepsi pada orang lain. Persepsi mengalahkan pikiran dan hati. Karena bertanya merupakan suatu keberanian.

    ReplyDelete
  29. Artikel ini mengisyaratkan bagaimana manusia menjalankan kehidupanya dengan tujuan dan keingingan sesuai dengan yang ia harapkan. Idealisme dalam diri merupakan suatu prinsip yang ada pada diri untuk dijadikan sebagai jati diri yang dianggap terbaik dalam diri kita. Untuk mencapai segala yang dinginkan membutuhkan suatau rencana yang matang sesuai dengan idealisme diri sendiri yang membutuhkan keberanian menyikapi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi.

    ReplyDelete
  30. MASNING (08144100012)

    Keinginan dapat menimbulkan harapan dan kemudian tumbuh jadi cita-cita. Sebuah keinginan tidak akan tercapai tanpa bukti aktifitas yang nyata untuk meraihnya. Dalam meraih sebuah keinginan, harapan atau cita-cita dibutuhkan suatu perhitungan yaitu perencanaan terlebih dahulu dan langkah-langkah untuk memulai kemudian menjalankan apa yang sudah direncanakan di awal, dalam perjalannan akan ditemui tantangan dan ujian dalam rangka pembelajaran disitu akan tahu dalam mencapai sebuah cita-cita memiliki konsekuensi yang seimbang. Hasil dari sebuah pekerjaan seimbang dengan apa yang diupayakan selama tidak melanggar hukum positif.

    ReplyDelete
  31. DWI NOVITASARI (10144100082/A3/III)26 October 2011 at 23:59

    Dalam artikel tersebut diterangkan bahwa seseorang mengawali karirnya dari bawah, mulai dari sekolah, kuliah, menjadi seorang karyawan dan akhirnya menjadi seorang manager. Lalu setelah kesuksesan tersebut didapat seseorang tersebut berpikir kembali apa yang akan dia lakukan, dan akhirnya dia memutuskan untuk berkeluarga. Setelah dikaruniai istri yang cantik, 3 anak yang sehat dan cerdas serta harta yang melimpah maka tujuan hidupnya sudah tercapai. Kemudian dia mengenang tentang apa yang dia lakukan sewaktu dia belum memiliki tujuan apapun dan akhirnya dia mengingat tujuan hidupnya adalah mind, ideale, gest dan mente. Sehingga dapat diambil kesimpulan, kita yang tadinya tidak memiliki apa-apa kemudian bertanya-tanya tentang apa yang harus kita lakukan dimasa yang akan datang. Untuk mengawali tujuan yang akan kita lakukan kita harus mempunyai cita-cita.

    ReplyDelete
  32. YESY IKASAFITRI (10144100094/A3/III)27 October 2011 at 00:00

    Dari artikel tersebut, saya memperoleh inspirasi dari pengalaman seseorang yang belum mempunyai tujuan apapun kemudian bertanya-tanya tentang apa yang harus dilakukan dan diperjuangkan, kemudian akhirnya menjadi seseorang yang sukses baik materi maupun kehidupan keluarganya. Saya menjadi berfikir, kita seharusnya menentukan tujuan hidup kita, mau apa dan bagaimana kita kelak di masa depan tergantung kita memulainya dari masa ini. Kita harus memiliki cita-cita dan kita akan mewujudkannya sebagai tujuan hidup kita.

    ReplyDelete
  33. Arikel ini tersebut memberikan gambaran pada hidup, karena dalam hidup kadang kita tidak tau apa guna dan tujuan hidup kita, tapi tanpa kita sadari pertanyaan yang tibul itulah yang bisa memotifasi kehidupan kita untuk menjadi baik ataupun sukses di kelak hari.Karena dengan keraguan dan kebingungan kita berusaha mendapatkan jawaban yang kita hendaki.

    ReplyDelete
  34. MASNING (08144100012)

    Keinginan dapat menimbulkan harapan dan kemudian tumbuh jadi cita-cita. Sebuah keinginan tidak akan tercapai tanpa bukti aktifitas yang nyata untuk meraihnya. Dalam meraih sebuah keinginan, harapan atau cita-cita dibutuhkan suatu perhitungan yaitu perencanaan terlebih dahulu dan langkah-langkah untuk memulai kemudian menjalankan apa yang sudah direncanakan di awal, dalam perjalannan akan ditemui tantangan dan ujian dalam rangka pembelajaran disitu akan tahu dalam mencapai sebuah cita-cita memiliki konsekuensi yang seimbang. Hasil dari sebuah pekerjaan seimbang dengan apa yang diupayakan selama tidak melanggar hukum positif.

    ReplyDelete
  35. Sintia Ratna Sari (10144100106)27 October 2011 at 00:23

    setiap orang pasti memiliki keinginan dan cita-cita untuk kedepannya yang harus digapai.
    dengan doa dan usaha keinginan itu akan tercapai dengan ridho illahi.
    jangan putus asa dalam menggapai keinginan dan janganlah berhenti ketika kegagalan menghampirimu.
    karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

    ReplyDelete
  36. Arikel ini tersebut memberikan gambaran pada hidup, karena dalam hidup kadang kita tidak tau apa guna dan tujuan hidup kita, tapi tanpa kita sadari pertanyaan yang tibul itulah yang bisa memotifasi kehidupan kita untuk menjadi baik ataupun sukses di kelak hari.Karena dengan keraguan dan kebingungan kita berusaha mendapatkan jawaban yang kita hendaki.

    ReplyDelete
  37. Arikel ini tersebut memberikan gambaran pada hidup, karena dalam hidup kadang kita tidak tau apa guna dan tujuan hidup kita, tapi tanpa kita sadari pertanyaan yang tibul itulah yang bisa memotifasi kehidupan kita untuk menjadi baik ataupun sukses di kelak hari.Karena dengan keraguan dan kebingungan kita berusaha mendapatkan jawaban yang kita hendaki.

    ReplyDelete
  38. Dari kutipan diatas menceritakan suatu keadaan kehidupan seseorang. Dapat dipetik diatas menceritakan suatu keadaan dimana kita sebagai manusia harus mempunyai tujuan hidup. Yujuan hidup yang akan dicapai kelak, dan tujuan itu harus lah diraih, seseorang tidaklah mudah untuk menemukan tujuan hidupnya karena selain itu manusia harus mempunyai prinsip hidup dimAna prinsip hidup merupakan dasar untuk meraih tujuan hidup.

    ReplyDelete
  39. Shela nurmanita (08144100089)27 October 2011 at 00:39

    Artikel ini menceritakan ketika seorang yang mencari suatu tujuan hidup dan diriku yang sudah mulai bertanya dan harus mengetahui jawanya dan berusaha untuk mencari jawaban atas pertanyaan nya sendiri dan ahirnya dia memilh salah satu jawaban dari banyak jawaban yang didapatnya dan jawabanya itu adalah ideal dan ahirnya ideal telah masuk kepikiran, keyakinan,konsep dan prinsip hidup dan keinginan dan cita – cita nya tercapai dan seadanya waktu itu aku tidak mampu bertanya maka aku yakin dia tak akan seperti ini.

    ReplyDelete
  40. Risky Yuniastuti A1 (08144100030)

    Ketika diriku tidak mampu bertanya maka itu adalah batas dari pikiranku, setiap orang memiliki batas pikiran yang berbeda-beda. Batas dari pikiran merupakan puncaknya gunung es yang dimiliki oleh masing–masing orang. Keberadaanya bisa berada didalam pikiran dan bisa juga diluar pikiran. Misalkan ketika aku memikirkan sebuah pulpen, pulpen memiliki ciri fisik bentuknya panjang, warnanya hitam, tintanya hitam, dipakai untuk menulis, dan masih banyak yang belum disebutkan sampai batas pikiranku. Kemampuan menyebutkan ciri dari polpen adalah menjelaskan apa yang ada di dalam pikiranku.
    Kita sebagai manusia memiliki keterbatasan dalam hidup karena kita hanya mampu memikirkan sebagian saja dari yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  41. Tusiyamah (08144100059)27 October 2011 at 00:54

    Dalam kehidupan pasti memiliki tujuan,,,
    apa yang kita inginkan, apa yang kita harapkan harus di imbangi dengan langkah-langkah yang mendorong kita untuk terus berusaha mengejar tujuan hidup,,,
    setiap orang memiliki tujuan yang terbaik diantara yang baik,,,
    namun untuk mencapai itu semua, hanya diri sendirilah yang mampu mengapainya, dengan berusaha dan berdoa.

    ReplyDelete
  42. HENI SULISTIANI (08144100001)mengatakan...

    Artikel ini menceritakan tentang soso orang yang memiliki pola pikir dan cita-cita.
    Dalam hidup seseorang mempunyai tujuan dan cita-cita.
    Dan bermimpilah untuk mencapai cita-cita karena mimpi merupakan kekuatan yang amat besar yang akan mengubah kehidupan lebih maju
    Setelah cita-cita tercapai hendaklah mengucap syukur sehingga apa yang kita raih dapat bermanfaat.Kita sebagai manusia mempunyai banyak kekurangan dan jangan lah ragu untuk melakukan sesuatu.Apabila kita pernah mengalami kegagalan janganlah menyerah karena kegagalan itu merupakan awal dari sebuah kesuksesan kita yang tertunda.

    ReplyDelete
  43. ketika kita tidak mampu bertanya pastilah kita akan tersesat dan itu titik awal kehancuran kita dalam kita menambah ilmu dan pengalaman kita.

    ReplyDelete
  44. ernawan praditia vidia (08144100075)27 October 2011 at 01:24

    Komentar saya tentang Ketika Diriku Tak Mampu Bertanya
    Menurut saya kehidupan identik dengan cita-cita yang harus dicapai dengan kerja keras dan perjuangan. Ketika diberi kesempatan untuk mengejar mimpi-mimpi maka harus dikejar sampai manapun agar tercapai semua yang diinginkan. Jika awal pertama tercapai pasti dalam melangkah kedepan pun juga tidak ada hambatan untuk mencapai cita-cita yang lain

    ReplyDelete
  45. Neli Riyanti (08144100086)27 October 2011 at 01:30

    Dalam hidup kita harus memiliki tujuan hidup yang hendak ingin kita capai. Namun untuk mencapai tujuan yang kita inginkan kita harus berusaha sebaik mungkin dan berdoa.Dan ketika kita mendapatkan tujuan hidup yang kita inginkan tidak lupa kita harus bersyukur kepada ALLOH SWT dengan apa yang kita capai dan miliki.

    ReplyDelete
  46. Rosana Ratna Ambarwati VII A1(08144100056)
    Apabila kita belum mengetahui sesuatu, maka jangan lah takut untuk bertanya.. karena dengan bertanya sesuatu itu akan mudah kita dapatkan.

    ReplyDelete
  47. Muhtar Rifai Yazid (08144100092)27 October 2011 at 02:32

    mimpi adalah cita-cita. seseorang dapat mewujudkan cita-citanyadengan cara kerja keras dan tentunya selalu beribadah kepada Allah SWT.
    TETAP SEMANGAT DAN OPTIMIS

    ReplyDelete
  48. Sri Lestari (08144100114)27 October 2011 at 03:48

    Menurut saya , kita hidup harus mempunyai tujuan hidup, untuk mencapai suatu tujuan hidup kita harus bisa menyusun langkah yang akan kita lakukan agar tujuan yang kita harapkan bisa tercapai karena apabila seseorang mempunyai tujuan hidup maka sama seperti seseorang yang mempunyai cita-cita yang suatu saat harus bisa diraihnya, seperti pepatah "saat engkau bermimpi maka bangunlah dan wujudkanlah mimpi itu"

    ReplyDelete
  49. RIASTUTI (08144100029) A127 October 2011 at 03:54

    Ketika kita tidak bisa bertanya kepada diri kita sendiri bahkan orang lain kita akan menjadi orang yang tidak mempunyai tujuan hidup dan cita-cita sehingga hidup kita akan sia-sia. Jika kita mampu bertanya “mau jadi apa kita kelak?”, “Mau memiliki apa kita?”, “Bagaimana kita setelah ntidak didunia ini?”, tentu kita akan bersaha untuk mendapatkan jawabannya. Memang jawaban tersebut tidak mudah, bukan sekedar kata melainkan usaha, perjuangan dan doa agar apa yang kita tanyakan dapat terjawab dan menyadi kenyataan. Namun hal itu belum cukup, semua itu harus kita syukuri,sehingga semua menjadi berkah dan tetap dijalan Allah. Jadi intinya kita harus mempunyai tujuan hidup diduni dan di akhirat sehingga semuanya akan seimbang, yaitu kita mendapatkan kebahagiaan dunia terlebih lebih kebahagiaan di akhirat kelak. Dan untuk mewujudkannya harus seimbang antara usaha, beribadah dan doa tidak lupa selalu bersyukur kepada Allah . Sehingga kita akan bahagia dunia dan akhirat

    ReplyDelete
  50. Frendy Try Andyasmoko (08144100041) VII A227 October 2011 at 03:56

    Janganlah kegalaun menjadi penghambat kesuksesan.
    Jika ingin kesuksesan berpihak pada seseorang, maka sesorang itu harus memiliki tujuan hidup dan cita-cita yang pasti dan yakin bahwa akan berhasil walaupun kegagalan pasti akan menghantui

    ReplyDelete
  51. PUSPITASARI WAHYUNINGSIH 08144130121
    Cita-cita merupakan tujuan hidup. Tujuan hidup merupakan kebahagiaan. Setiap ingin mencapai kebahagiaan selalu ada pertanyaan bagaimana cara mewujudkannya. Jika tidak ada pertanyaan maka secara otomatis kita kehilangan cita-cita.

    ReplyDelete
  52. Nova Yellystiani (10144100088)27 October 2011 at 04:21

    Dalam kehidupan ini setiap orang mempunyai tujuan dan cita-cita dalam hidupnya.
    untuk mencapai tujuan itu adalah hal yang sulit, sehingga memerlukan langkah-langkah yang akan kita lakukan untuk dicapai tujuan hidup ini.

    ReplyDelete
  53. srisulastriningsih (08144100032)27 October 2011 at 04:31

    keinginan, harapan dan sebuah cita-cita adalah milik manusia secara utuh. namun keinginan , cita-cita dan harapan TIDAK BISA dikabulkan oleh manusia.karena manusia hanya bisa berikhtiar. Semua telah terencana, kita hanya sebagai wayang yang didalangkan oleh sang Pencipta. ingatlah akan hal itu, sehingga rasa sombong, angkuh tidak akan tertanam dalam jiwa. yang akan tertanam adalah sebuah kerendahan hati yang tertuju kepada sang Pencipta.

    ReplyDelete
  54. Kabul Wahyu Hidayat 0814410011027 October 2011 at 04:45

    tujuan hidup?? bisa dicapai dengan berusaha dan berdoa. tapi apa tujuan hidup yang ingin kita capai, kita sendiri yang menentukan apakah menuju kebahagiaan yang seharusnya kita pantas mendapatkannya atau menuju penderitaan yang tak berujung,

    ReplyDelete
  55. sebuah harapan, cita-cita, keinginan, impian, dan tujuan akan tertata dengan baik jika jauh-jauh hari sebelumnya kita pikirkan dan kita renungkan.tak ada yang tak mungkin, selagi kita selalu mengiringinya dengan usaha yang serius disertai dengan doa. jangan pernah takut akan kegagalan, tapi beranilah untuk selalu belajar, berusaha, dan bekerja keras demi tercapainya cata-cita kita.

    ReplyDelete
  56. Setiap orang pasti mempunyai angan-angan dan cita-cita yang tinggi,untuk menjadi orang yang sukses haruslah dengan perjuangan yang berat tidak mudah seperti membalikan tangan.Dalam mewujudkan cita-cita yang diingikan kita harus mempunyai semangat dan motivasi bawa hidup adalah perjuangan dan perubahan maka kita dapat mengapai cita-cita yang diinginkan tannpa melupakan doa

    ReplyDelete
  57. Artikel ini membuat saya penasaran. Apa to maksud dari "ideale"?
    Apakah "ideale" itu itu sesuatu yang seimbang atau ada makna lain yang mendalam?

    ReplyDelete
  58. Retno Fitri Nugrahaningsih27 October 2011 at 05:25

    Artikel ini bercerita tentang cita-cita seseorang yang terwujud sesuai dengan keinginannya.
    Semua apa yang kita inginkan tidak mustahil akan terjadi apabila kita memiliki niat, tekat, usaha dan doa, InsyaAllah pasti terwujud. Allah SWT tiak menyukai suatu kaum yang berputus asa maka selama ada kesepatan raih semua yang diinginkan.

    ReplyDelete
  59. disini diceritakan tentang sebuah pertanyaan, tujuan, dan sebuah jawaban.
    Question adalah jalan menuju pengetahuan tentang sesuatu yang belum kita ketahui, baik itu salah maupun benar, dalam aspek ini seseorang dituntut untuk berani membuka diri akan sesuatu yang baru dan hal-hal yang menantang. dalam bertanya pastinya seseorang akan mendapatkan jawaban, baik itu jawaban dari orang lain maupun dari diri sendiri. dengan semua hal itu kita akan menjadi pribadi yang baru, jika dalam penemuan jawaban kita mendapatkan sebuah tantangan maka yang seharusnya kita lakukan adalah menerima tantangan itu, maka kita kan mendapatkan apa yang kita pertanyakan. maka tujuan dari bertanya adalah untuk mendapatkan jawaban yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan.
    maka bertanyalah pada dirimu apa tujuan hidupmu maka kamu akan bertemu dengan jati dirimu!!!

    ReplyDelete
  60. Adi Kiswantoro/10144100096 III/A327 October 2011 at 06:16

    Setiap orang memang harus memiliki cita-cita, tujuan hidup dan keinginan yang akan menjadikan motivasi untuk selalu berusaha dan berusaha meraih apa yang diinginkan yaitu cita-cita itu sendiri.. Tentunya tak lupa juga dengan bersyukur atas karunia rahmatNya...

    ReplyDelete
  61. bertanya???
    apakah kalian berfikir mengapa kita harus bertanya...??? tapi klo kita tak bertanya maka kita yang akan ditanya kelak. malu bertanya sesat dijalan... maka sebelum kita tidak mampu bertanya lagi, gunakanlah hal tersebut dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  62. smst3/A3 101441000990
    Malu bertanya sesat dijalan???
    Aku bertaya pada diri sendiri tentang apa yang telah kita perbuat..diinginkan atau apa yang dibutuhkan merupakan kunci untuk membuka gerbang penentu masa yang akan datang.jadi bertanyalah setiap hari ketika terbangun dari tidur, setiap saat ketika menghadapi hambatan dalam perjuangan hidup dan setiap waktu ketika kita akan melangkah.

    ReplyDelete
  63. KETIKA DIRIKU TIDAK MAMPU BERTANYA?????
    Menurut filsafat yang ada dalam pikiran saya.....
    Kunci orang mencari ilmu/mencari tahu adalah "BERTANYA"
    Itulah kenapa ada pepatah "MALU BERTANYA SESAT DIJALAN" kalau boleh saya rubah pepatah itu agar selaras dengan cerita tadi ,. . Maka saya ganti menjadi " MALU BERTANYA MENYESAL DIBELAKANG" Ini seiring dengan kesimpulan pada akhir paragraf yaitu "Ku ingat waktu dulu bahwa aku pernah bertanya kemanakah tujuan hidupku. Ternyata jawaban dari tujuan hidupku adalah mind, ideale, gest dan mente. Aku meyakini salah satu jawaban tersebut. Kuakui, kuresapi, hingga jawaban tersebut mewarnai kehidupanku, hingga sekarang ini. Hingga semua dapat aku raih. Seandainya waktu itu aku tidak bertanya maka aku yakin bahwa aku yang seperti ini tidak akan ada".... Bolehkan saya ganti pepatahnya??? Inilah filsafat saya???? Kenapa tidak???

    ReplyDelete
  64. KETIKA DIRIKU TIDAK MAMPU BERTANYA?????
    Menurut filsafat yang ada dalam pikiran saya.....
    Kunci orang mencari ilmu/mencari tahu adalah "BERTANYA"
    Itulah kenapa ada pepatah "MALU BERTANYA SESAT DIJALAN" kalau boleh saya rubah pepatah itu agar selaras dengan cerita tadi ,. . Maka saya ganti menjadi " MALU BERTANYA MENYESAL DIBELAKANG" Ini seiring dengan kesimpulan pada akhir paragraf yaitu "Ku ingat waktu dulu bahwa aku pernah bertanya kemanakah tujuan hidupku. Ternyata jawaban dari tujuan hidupku adalah mind, ideale, gest dan mente. Aku meyakini salah satu jawaban tersebut. Kuakui, kuresapi, hingga jawaban tersebut mewarnai kehidupanku, hingga sekarang ini. Hingga semua dapat aku raih. Seandainya waktu itu aku tidak bertanya maka aku yakin bahwa aku yang seperti ini tidak akan ada".... Bolehkan saya ganti pepatahnya??? Inilah filsafat saya???? Kenapa tidak???
    SUTRI PANJI KURNIAWAN (08144100095)

    ReplyDelete
  65. Eka Juliani (08144100091)
    Semua manusia harus punya tujuan hidup, apa artina kehidupan jika kita tidak mempunyai tujuan??gali potensi diri yang ada dan rangkai menjadi sebuah mimpi untuk mengapai sebuah cita2,,.

    ReplyDelete
  66. Husein Ardiyanto smt3A3/1014410010727 October 2011 at 16:34

    Malu bertanya sesat dijalan???
    Aku bertaya pada diri sendiri tentang apa yang telah kita perbuat..diinginkan atau apa yang dibutuhkan merupakan kunci untuk membuka gerbang penentu masa yang akan datang.jadi bertanyalah setiap hari ketika terbangun dari tidur, setiap saat ketika menghadapi hambatan dalam perjuangan hidup dan setiap waktu ketika kita akan melangkah.

    ReplyDelete
  67. Susi satriatmi UPY 0827 October 2011 at 19:08

    SUSI SATRIATMI 08144100060
    A2

    Artikel ini menceritakan seseorang yang mempunyai tujuan hidup dan usaha - usahanya untuk ketercapaian tujuan hidupnya tersebut. Dimulai dari dia kecil hingga dia dapat membahagiakan hidup seseorang yang disayanginya.
    Patut dicontoh oleh seseorang dalam mencapai kehidupan yang lebih baik.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  68. Adanya suatu dalam hidup ini terkadang membuat manusia binggung akan apa yang harus ia lakukan. Dimana kini aku berada? Apakah aku ini masih dijalanmu ataukah aku telah jauh DariMu? Siapa aku ini sebenarnya? Apakah aku ini maklhuk yang ber’hati’ ataukah hanya raga yang telah ujud? Inilah diriku, punya banyak pertanyaan baik yang sudah aku ungkap maupun yang masih tersimpan dalam hatiku. Namun adakalanya diriku tidak mampu lagi bertanya manakala diriku menghadapi, menyaksikan, mendengar, bahkan mengalami sendiri pengalaman-pengalaman yang tida ku inginkan. Aku tak sanggup lagi bertanya, terlebih ketika aku melihat hal yang tak mengenakkan, begitu banyak orang tidak lagi melihat hati, mengorbankan orang lain untuk harga diri. Kutipan kejadian di atas sangat kontradiksi dengan kasus korupsi, misalnya, para koruptor dengan leluasa mengambil uang rakyat, dengan leluasa dan tanpa merasa berdosa mereka menikmati uang “malingan”. Kapan keadilan ditegakkan. Aku tak sanggup lagi bertanya.
    Inilah diriku, tak sanggup lagi bertanya manakala menghadapi, menyaksikan, mendengar, bahkan mengalami sendiri pengalaman-pengalaman yang radikal, bahkan berjuta-juta pengalaman radikal. Semoga hati manusia dibukakan untuk mampu menangkap berjuta pertanyaan-pertanyaan manusia lain yang tak mampu terungkap.

    http://www.alsofwah.or.id/cetakkisah.php?id=265
    http://www.detiknews.com/read/2009/11/06/141457/1236645/10/ibu-beri-racun-tikus-pada-2-anaknya
    http://www.detiknews.com/read/2007/07/19/162529/807087/10/bocah-sd-dan-teman-bermain-yang-dibunuhnya-masih-kerabat
    http://www.detiknews.com/read/2009/11/22/234520/1246549/10/hikmahanto-masyarakat-menanti-kiat-sby-berantas-markus

    ReplyDelete
  69. fitriana (08144100064)29 October 2011 at 03:24

    Artikel “ontologi” mengatakan setiap orang mempunyai pengalaman hidup yang berbeda-beda baik itu pengalaman yang menyedihkan maupun pengalaman yang menyenangkan, pasti setiap orang akan mengalami seperti itu, itulah dinamakan liku-liku kehidupan, kalau hidup tidak pernah yang namanya merasakan sedih, bahagia maka hidup ini akan terasa hampa dan tidak punya semangat hidup. Maka dari itu Tuhan menciptakan manusia kadang diatas, kadang dibawah. Maka dari itu kita harus senantiasa mensukuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan.

    ReplyDelete
  70. fitriana (08144100064)29 October 2011 at 03:25

    Artikel “ketika diriku tidak mampu bertanya” menyatakan setiap orang harus mempunyai tujuan hidup. Misalnya saja ketika kita mau membeli barang, pasti kita mempunyai tujuan, untuk apa barang itu kita beli, apa manfaat barang yang kita beli itu. Begitu juga dalam hidup harus mempunyai tujuan , apabila dalam hidup tidak mempunyai tujuan hidup ini akan terasa hampa dan tidak mempunyai semangat untuk menjalankan sebuah kehidupan. Untuk menggapai tujuan tersebut harus selalu diiringi dengan doa, berusaha dan belajar

    ReplyDelete
  71. ketika aku tak mampu bertanya ada beberapaha yang memberakkan.
    1. kurang paham atas penjelasan yang diberikan dan takut akan lebih bingung saat bertanya kepada penyaji.
    2. menyusun pertanyaan yang akan melibatkan pertanya kembali kepada penanya.
    3. malu terhadap teman karena setiap hari bertanya
    4. dianggap hanya mencoba kemampuan guru sehingga membuat guru geram teradap kita
    5. situasi dan kondisi yang tidak memugkinkan untuk bertanya
    6. ....
    oleh:nikodemus 08144100014

    ReplyDelete
  72. KETIKA DIRIKU TIDAK MAMPU BERTANYA
    Di dalam pikiran kita selalu timbul pertanyaan yang ingin selalu dilontarkan untuk bertanya. Dengan kita bertanya kita merasa ingin mengetahui jawabannya. Maka jadikan itu sebagai pedoman untuk hidup. Terus bertanya dan mencari jawaban dari pertanyaan itu. Dari pertanyaan yang kita tanyakan, kita akan mempunyai tujuan yang jelas. Apa yang akan kita lakukan, kemana kita harus melangkah, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang mengarahkan hidup kita menuju kehidupan yang ideal. Saat brtanya itu pun diri kita terpacu untuk terus mencari jawaban. Saat kita menemukan jawaban yang sebelumnya kita tanyakan, tidak enutup kemungkinan dari jawaban tersebut akan muncul pertanyaan-pertanyaan baru, yang akan kita jawab lagi. Karena ketika kita sudah tidak mempunyai pertanyaan-pertanyaan maka hidup kita stop sampai disini.
    Ria Setyawati (09144100107 / 7.A2)

    ReplyDelete
  73. Ketika Diriku Tidak Mampu Bertanya
    Menurut saya pertanyaan adalah suatu hal yang wajar yang ada pada diri seorang manusia yang masih hdup. Ketika manusia bertanya, saat itu pula manusia mempunyai suatu tujuan. Sebagai contoh seorang peserta didik yang tidak paham dengan apa yang diajarkan oleh gurunya. Dengan ketidakpahaman tersebtu, peserta didik tadi melontarka suatu pertanyaan kepada sang guru. Dan setelah mendengarnya, guru tersebtu menjawab pertanyaan dari peserta didiknya. Pada akhirnya ketidakpahaman yang terjadi tadi hilang. Suatu pertanyaan akan sangat mungkin mengubah segala sesuatu yang ada. Seperti dari ketidakpahaman menjadi paham. Berlanjut dengan pertanyaan adalah sesuatu yang mengarahkan pada tujuan. Memanglah benar hal tersebut, ketika bertanya manusia akan berusaha mencari jawaban dari pertanyaan yang dikemukakannya. Saat menemukan jawabannya, tidak menutup kemungkinan akan muncul pertanyaan-pertanyaan baru. Dan saat manusia mempunyai pertanyaan, saat itu pula manusia dianggap hidup, karena pada dasarnya jika manusia sudah tak mampu lagi bertanya berarti manusia tesebut sudah mati, walaupun raganya masih ada di dunia ini.

    ReplyDelete