My Blog List

Wednesday 25 November 2009

Awal dan Akhir

Tahun 2009 sudah hampir berakhir. Beberapa hari lagi akan memasuki tahun 2010. Yang dimaksud adalah tahun Masehi. Bagaimana dengan tahun Hijriah, tentu beda lagi. Banyak Kalender yang bisa dilihat. Masing-masing memiliki patokan yang umumnya suatu peristiwa ketika tahun tersebut dimulai baik tahun masehi ataupun tahun hijriah dan juga kalender suku Maya yang konon kabarnya berakhir tahun 2012.

Kalender-kalender tersebut adalah kalender di bumi. Adakah kalender-kalender yang lain yang dibuat di planet selain planet bumi? Mars misalnya, ataupun Pluto dimana kalender tersebut dibuat oleh penduduk di sana. Seandainya ada kapan kalender mereka dibuat? Berdasarkan apa mereka membuatnya? Lalu bagaimanakah kalender penduduk matahari tentu mereka punya kalender sendiri. Di matahari minimal ada ledakan-ledakan nuklir, ada panas, ada cahaya. Tentu mereka punya kalender-kalender sendiri. Apakah kalender-kalender itu ada pada awal mula tempat itu terbentuk? Mungkin. Jika Penduduk suatu tempat hilang bersamaan dengan tempat tersebut, tentu kalender tempat tersebut juga akan berakhir.

Jika bumi tidak lagi ada, Mars tidak lagi ada, belum tentu matahari tidak lagi ada. Jika matahari tidak lagi ada, belum tentu matahari-matahari yang lain yang juga memiliki planet dan benda langit lainnya tidak lagi ada. Jika suatu galaksi tidak lagi ada, tidak menjamin bahwa galaksi-galaksi yang lain juga menjadi tidak lagi ada. Kiamat di bumi tidak berarti kiamat di mars. Kiamat di galaksi Bima Sakti belum tentu menjadi kiamat di Galaksi Andromeda ataupun Galaksi orion dan Nebula. Kiamat pada semua galaksi belum tentu membuat tempat dari galaksi-galaksi tersebut hilang dan serta merta membuat waktu berhenti.

Jika semua tempat yang ditempati oleh bumi dan galaksi-galaksi sudah tidak ada, dan waktu menjadi berhenti (entah berapa juta tahun jaraknya). Maka ada apa? Yang masih ada hanyalah yang menciptakan galaksi-galaksi tersebut dan yang menciptakan waktu yang dulunya berjalan dan kini mendadak berhenti. Dia tidak terikat tempat dan waktu, tidak pula terikat oleh kalender kalender di masing-masing tempat.

81 comments:

  1. contoh konkritnya : jika misalnya aku sudah tidak ada, dan orang-orang sekitarku juga sudah tidak ada belum tentu matahari tidak ada lagi di bumi ini.
    Sgala sesuatu misalnya kehidupan kita, peristiwa yang akan terjadi terhadap kita bisa saja kita yang prediksi. Jika misalnya keadaan alam,seperti gunung berapi, matahari dan keadaan alam negara negara lain, dibuat kalender dari awal sampai akhir dan peristiwa apa saja yang akan terjadi dalam waktu waktu tertentu mungkin masih bisa diprediksi. tetapi akan lain halnya jika segala sesuatu yang sudah diprediksi berjalan tak sesuai, semua itu kembali kepada yang buat hidup.
    Kiamat kecil dan kiamat besar.
    artikel "awal dan akhir" ini menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada di bumi ini, dari awal hingga akhir yang Empunya adalah yang menciptakan bumi beserta segala isi kehidupan ini. awal yang menciptakan adalah dariNya (Dia) dan akhir juga kembali lagi kepadaNya dengan jalan takdir_Nya. tks

    ReplyDelete
  2. Shima Destriana Sari (08144100068)25 October 2011 at 17:57

    Artiket "Awal dan Akhir" ini menyatakan bahwa di dunia ini suatu saat akan berakhir. Ada awal pasti juga ada akhir. Misalnya, seorang anak diciptakan oleh Allah SWT dan dilahirkan dari rahim ibunya suatu saat nanti akan diminta kembali oleh Allah SWT. Tanaman tumbuh dari tunas juga bisa mati suatu saat apabila tidak disiram setiap hari. Semua yang ada di dunia ini pasti ada akhirnya. Dari awal diciptakan oleh Allah SWT, akhirnya juga akan diminta kembali oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  3. tak ada yang abadi dialam semesta, abadi hanya milik penciptanya, dan dialah Allah Tuhan semesta alam yang menguasai apa yang ada dilangit dan bumi. Dan atas kehendak-Nyalah semua bisa terjadi.

    ReplyDelete
  4. Maya Kusumaningrum 0814410009825 October 2011 at 23:32

    teringat kisah diusirnya nabi Adam dari surga ke bumi, maka kita sepakat bahwa ini adalah awal cerita dari adanya kehidupan di bumi ini. sejak saat itu beribu-ribu tahun kemudian barulah kita terlahir kedunia. peradaban yang silih berganti mengantarkan kita pada perjalanan sejarah yang terus dipelajari. namun sama dengan nabi Adam yang terlebih dulu lahir, kita pun tak akan tau kapan berakhirnya semua kehidupan ini. jangan kan kehidupan ini., berakhirnya hidup kita pun tak ada satupun yang mampu menerkanya. yang bisa kita lakukan adalah selalu mengingat tujuan hidup kita di dunia . kita hanyalah ruh yang sekedar beristirahat dari perjalanan panjang untuk menuju kehidupan kekal yang abadi, jadi janganlah takut akan adanya kiamat takutlah akan ketentuan Allah bagi kita.......^-^

    ReplyDelete
  5. Sri Arbangatin (08144100020)26 October 2011 at 01:11

    Kelahiran adalah awal kehidupan, dan kematian adalah akhir kehidupan.
    Antara awal dan akhir ada waktu yang ditentukan, ada proses, ada upaya, ada perilaku dan ada perhitunga.
    Setiap yang hidup dibekali daya, potensi, kemampuan, mulai dari akal, mental, fisik, termasuk indra untuk merespons kehidupan

    ReplyDelete
  6. Maya OktianiA2 (08144100081)26 October 2011 at 02:05

    awal dan akhir adalah dua kata yang berbeda...yang dimana mempunyai proses yang berbeda.... proses dari awal menuju kehidupan yang akhir, proses dari yang akhir menuju awal kehidupan yang abadi(kekal)

    ReplyDelete
  7. Muslikhah (08144100079)26 October 2011 at 02:12

    Dalam hidup ini tidak ada yang abadi. Ada awal pasti ada akhir. begitu pula dengan kehidupan. ada kelahiran maka ada kematian. kita tak tahu kapan kehidupan di dunia berakhir, tak tahu kapan hidup kita berakhir.
    maka, gunakanlah hidup ini dengan sebaik mungkin.
    jangan sia-siakan hidup ini. gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan hindari hal-hal yang kurang bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Herna Purwanti (08144100083)26 October 2011 at 03:47

    Berbicara mengenai awal dan akhir, ini selaras dengan ada hilir pasti ada hulu, ada pertemuan pasti ada perpisahan. Apakah ada pertemuan tanpa perpisahan???. Pada intinya, semuanya tiada yang kekal kecuali tuhan YME.
    Dan kematian dari seseorang bukanlah akhir dari segalanya, namun awal dari kehidupannya dialam lain.
    Sekian, terima kasih...

    ReplyDelete
  9. lusi hardiyanti (08144100055)26 October 2011 at 04:06

    Di dunia ini tidak ada yang abadi, sebagai umat islam kita diajarkan untuk slalu percaya adanya hari kiamat. Ya di hari kiamat itulah semuanya akan berahir dan musnah kecuali Allah SWT yang telah menciptakan bumi ini beserta isinya.
    Oleh karena itu selagi kita masih hidup, manfaatkanlah hidup kita untuk hal-hal yang berguna kita jangan hanya diam dan berpangku tangan. Selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik.

    ReplyDelete
  10. sesilia Y.B (08144100077)26 October 2011 at 05:31

    segala sesuatu yang di awali tentunya akan meniliki akhir.belum tentu sesuatu berakhir maka semuanya berakhir,mungkin saja sesuatu berakhir dan akan tercipta sesuatu yang berawal.jadi kita sebagai manusia tidak pernah tau kapan sesuatu akan berawan dan kapan akan berakhir. kita hanya bisa menjalani semua awal itu dan bersiap melalui akhir yang akan ditemui.seperti keyakinan saya sebagai seorang yang ber-iman bahwa yang mahakuasa adalah awal dan akhir atau yang biasa kami sebut Dialah Alfa dan Omega. jadi kita tak punya apa-apa untuk meniadakan awal dan menolak adanya akhir.

    ReplyDelete
  11. Zuida Listianingrum (08144100093)26 October 2011 at 05:33

    Ada awal pasti ada akhir. manusia berasal dari alam arwah, ketika manusia dilahirkan adalah titik awal dari alam dunia sekaligus mengakhiri alam Arham. itu yang di sebut dengan hidup. di dunia ini tidak ada yang kekal abadi kecuali Tuhan Yang Maha Esa. maka dari itu selagi kita hidup jangan sia- siakan waktu dan kita harus menggunakan waktu sebaik mungkin untuk hal- hal yang bermanfaat dan berguna untuk menjadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  12. Sunu Sulistiyaningsih (08144100087)26 October 2011 at 05:38

    Membahas tentang awal dan akhir selayaknya dua sisi yang saling berlawanan. Seperti halnya disebuah pertemuan akan ada sebuah perpisahan, di setiap suka akan ada duka di baliknya, dan di setiap kelahiran akan ada sebuah kematian. Begitu juga selanjutnya, karena segala yang tercipta di dunia ini hanyalah sebuah ketetapan Alloh SWT. kita manusia sebagai seorang hamba hanya mampu menjalankan ketetapan itu dan yang mengendalikannya tetaplah Alloh SWT.Jangan pernah sia-siakan waktu yang kita miliki dan Manfaatkan sisa waktu itu dengan sebaik-baiknya untuk membekali diri menuju kehidupan yang abadi

    ReplyDelete
  13. IRAWAN HADI PRANOTO 0814410008226 October 2011 at 05:42

    Awal dan akhir adalah sebuah misteri
    Ini adalah salah satu bentuk rencana Tuhan
    Sempat ku berfikir sebenarnya untuk apa awalnya aku diciptakan di dunia
    Setelah ku hidup pelan-pelan Tuhan mulai menjelaskan kepadaku
    Dia ajarkan aku tentang hidup itu adalah awal dan akhir adalah misterinya
    Awal hidupku adalah misteri
    Akhir hidupku adalah misteri
    Dan semua itu masih dirahasiakan

    ReplyDelete
  14. septiya(0814411003)
    awal dan akhir. dua kata yang berbeda mempunyai arti yg berbeda juga.
    awal adalah kelahiran dan akhir adalah kematian, jadi kita hidup didunia hanyalah sementara tidak selamanya atau abadi. jadi karena kita hidup didunia hanya sementara atau tidak abadi kita harus memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya, jangan sia-siakan waktu untuk yg tidak bermanfaat. selalu bertindaklah dijalan allah SWT agar dapat diperlancar perjalan kita dengan menggunakan waktu yg hanya sebentar dan sementara.

    ReplyDelete
  15. Suprapti VII A1 Pend. Mat UPY (08144100023)

    Awal dan Akhir
    Jika dalam kehidupan ada awal dan akhir, maka awal dari kehidupan adalah dilahirkannya kita ke bumi ini, dan berakhirnya adalah ketika kita dijemput oleh dua malaikat pencabut nyawa. Atau kita dapat mengetahui dan merasakan kiamat yang sebenarnya.
    Walau isu kiamat pada akhir tahun 2012 sudah tersebar disegala penjuru, yang jelas:
    1) Kehidupan manusia tidak ada yang tahu sampai berapa lama, kecuali Sang Pencipta.
    2)Tak ada yang abadi di dunia ini.
    Semoga kita selalu istiqomah dalam hal kebaikan.
    AMIN YRA.

    Terimaksih

    ReplyDelete
  16. EMA PUSPA WIDIASTUTI(08144100054)26 October 2011 at 09:11

    Tidak ada manusia di bumi ini yang tau kapan awal dari hidupnya dan kapan akhir dari hidupnya.
    Dia juga tidak tau kapan awal dan akhir dari hidup orang lain.
    Dia juga tidak tau kapan “sesuatu” yang menciptakannya berawal dan berakhir.
    Tapi yang jelas dia tau adalah “sesuatu” yang menciptakannya tidak akan memiliki akhir, karena “sesuatu” itu bersifat kekal.

    ReplyDelete
  17. NURFITRIYANI (08144100107)

    Tiada duka yang abadi didunia
    Tiada sepi merantaimu selamanya
    Malam ‘kan berakhir, hari ‘kan berganti
    Takdir hidup ‘kan dijalani
    Tangis dan tawa nyanyian yang mengiring
    Hati yang rindukan cinta dijalan-Mu
    Namun ku percaya hati meyakini
    Semua akan indah pada akhirnya
    Andai bisa ku mengulang
    Waktu hilang dan terbuang
    Andai bisa perbaiki segala yang terjadi
    Tapi waktu tak berhenti
    Tapi detik tak kembali
    Harap ampunkan hamba-Mu ini
    Waktu berputar rebulan dan matahari
    Bunga yang mekar akan layu akan mati
    Malam ‘kan berakhir, hari ‘kan berganti
    Takdir hidup ‘kan dijalani

    Beberapa potongan bait lagu Opick- Tiada Duka yang Abadi diatas mungkin bisa mewakili tentang awal dan akhir

    Manusia berasal dari alam Arwah (Roh). Lalu ditiupkan kedalam alam Arham (Kandungan). Ketika manusia lahir, adalah titik awal dari alam Dunia, sekaligus mengakhiri alam Arham. Itu disebut hidup. Ketika manusia mengakhiri hidup, adalah akhir Dunia baginya. Dan memasuki alam berikutnya, alam barzah. Itu disebut mati. Perpindahan alam ini, selalu terjadi, dan pasti terjadi terhadap semua manusia.
    Sebuah prosesi kematian bisa menjadi cermin diri kita sendiri. Bahwa selalu ada awal dan akhirnya. Secara manusiawi kita menolak ide besar awal dan akhir.
    Kata akhir selalu berarti menggelisahkan. Sedih dan murung. Siapa yang mau berakhir ?

    ReplyDelete
  18. awal.. Allah menciptakan pena dan semuanya tertulis dalam lauhul mahfudz. akhir, adalah disaat masa kita sudah tiada. Kematian adalah sebuah kehidupan awal dari kehidupan baru lainnya. Akhir kehidupan kita menentukan kebahagiaan kita di akhirat nanti.
    Awal dan akhir kita kembalikan kepada Yang Maha Awal dan Yang Maha Akhir.. Yaa Awwal, Yaa Akhir, Allah swt.

    ReplyDelete
  19. dyah kumolo retno (08144100084)26 October 2011 at 19:12

    awal dan akhir
    didalam dunia ini memang ada awal dan ada akhir karena semua yang diciptakan Tuhan pasti akan kembali pada-Nya. ( ada kelahiran pasti akan ada kematian ). ada awal pasti ada akhir....

    ReplyDelete
  20. RIA AGUSTINA 08144100034

    Awal dan Akhir

    Sebuah kata yang kita semua pasti sudah tahu maknanya.segala sesuatu di mulai dari awal dan pasti akan d akhiri. kita hidup tidak tahu kapan masa akhir hidup kita d dunia,karena hanya Allah yang mengetahuinya. Hidup kita,,semuanya kita pasrahkan saja pada Nya.

    ReplyDelete
  21. terimakasih kepada rekan rekan semua, awal dan akhir, 2 kata yang berbeda tapi ada yang berpendapat bahwa memiliki makana yang sama. renungkanlah. setiap orang memiliki filsafatnya masing-masing

    ReplyDelete
  22. Marta Afrilia, VII A1 (08144100040)26 October 2011 at 19:42

    Awal dan Akhir...
    Semua pasti akan ada awal dan akhir, seperti halnya dengan kehidupan. Dalam kehidupan akan ada awal dan akhir nya yang kita tidak tau apa yang akan terjadi nantinya.

    ReplyDelete
  23. Herlina Pramudyanti (08144100033)
    Memang bumi telah mengalami beberapa kali penghancuran besar dalam setiap periode kehidupan manusia. Penghancuran besar ini bukan berarti menghancurkan seluruh isi bumi dan alam semesta ini. Namun dalam al Quran Allah telah menggariskan bahwa seluruh permukaan bumi dan alam semesta ini akan hancur dan musnah hanya saja kapan itu terjadi menjadi rahasiaNya dan tidak satu orangpun yang tahu hanya orang-orang terdekatNya itupun hanya berupa tanda-tanda akan berakhirnya kehidupan alam semesta ini. Ya...Tuhan memang menciptakan manusia dan Tuhan pula yang akan mengakhiri kehidupan manusia,Tuhan yang menciptakan alam semesta ini dengan segala isinya Tuhan pula yang kelak akan memusnahkannya...memang tidak ada yang kekal kehidupan di alam semesta ini......hanyalah Allah SWT sebagai satu-satunya zat Yang Maha Kekal dan tiada pernah akhir.

    ReplyDelete
  24. Djati Setiawan 0814410007626 October 2011 at 20:34

    Awal dan akhir, kata ini yang selalu berada dipikiran manusia dalam menjalankan kegiatan apapun, bagaimana cara mengawali dan bagaimana cara mengakhiri, berawal dengan baik atau buruk, berakhir dengan baik atau buruk, kedua hal ini adalah sesuatu yang pasti dialami oleh sesorang tanpa terkecuali. Tentu kebanyakan orang menginginkan sesuatu yang dikerjakan dapat berawal dengan baik dan berakhir dengan baik pula. Tetapi hanya sedikit orang yang mengalami hal ini. Maka dari itu seseorang harus siap dengan kosekuensi yang akan didapat meskipun itu hal yang berakhir buruk. Tapi kita harus tetap yakin bahwa sesuatu yang berakhir buruk belum tentu menjadi akhir dari kehidupan kita, karena kita masih bisa melakukan banyak hal yang bisa berawal dengan baaik dan berakhir dengan baik pula.

    ReplyDelete
  25. Muji Hartati (08144100004)A1
    Awal dan Akhir...
    mengapa harus ada pertemuan bila akhirnya berpisah,
    mengapa harus mengawali jika harus berakhir pula.
    2 kalimat tersebut yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. yang kekal hanya satu yaitu ALLAH SWT karena DIA adalah Maha Segalanya.

    ReplyDelete
  26. ignatia yunita krismawati (08144140031)26 October 2011 at 21:42

    Sebelum ada akhir tentunya ada awal. Setiap awal pasti ada akhir………..
    Setiap melakukan sesuatu pastilah diawali terlebih dulu, lalu diakhiri.
    Sesuatu yang awalnya baik tak selamanya berakhir baik…
    Sesuatu yang awalnya buruk tak selamanya berakhir buruk….
    Begitu juga dengan manusia. Tuhan yang mengawali menciptakan kita dan Tuhan pulalah yang akan mengakhiri kehidupan kita…

    ReplyDelete
  27. menutut saya matematika merupakan realistik dari dunia ini. Untuk memecahkan masalah yang ada di dunia yang berwujud benda mati misalnya, matematika didalamnya memberikan perananan sebagai ilmu pengetahuan untuk mengidentifikasi benda-benda yang di kaji oleh matematika.
    tentunya tidaklah salah jika matematika mengenyam dunia. Dalam hal ini hanya bersifat duniawi saja, tetapi ilmu yang kekal adalah ilmu dari sang khalik

    ReplyDelete
  28. Kapan awal itu akan berakhir?
    Kapan akhir itu berawal?
    Tidak ada yang tahu……..tidak pula ditentukan oleh kalender-kalender

    ReplyDelete
  29. Eriy Yuniarti (08144130072)
    Awal adalah permulaan, akhir berarti berhenti. Perbedaannya adalah masalah waktu. Waktu yang tak berwujud, tak berasa dan tak berbentuk, tetapi nyata adanya. Dan waktu terus bergerak kedepan, tanpa memperhatikan siapa, kapan dan bagaimana. Waktu adalah sang penentu.

    ReplyDelete
  30. Awal dan akhir merupakan satu kesatuan karena tak ada yang abadi yang bisa kekal menjalani kehidupan. Manusia berawal dari rahim seorang ibu, pada akhirnya pasti akan ada akhir dari hidup yang ia jalani, tetapi akhir merupakan suatu rahasia di dunia ini.

    ReplyDelete
  31. MASNING (08144100012)

    Alam semesta sudah seimbang ada siang dan malam diakibatkan dari rotasi bumi yang selalu konstan. Begitu juga bulan yang mengelilingi bumi konstan mengitari 30 hari namun dalam kalender manusia ada yang 28,29,30,31 dari mana menghitungnya ya?
    Dari ada dan tiada sudah merupakan siklus alam ada awal dan akhir, ada kelahiran ada kematian, dan semua itu merupakan proses alam menyeimbangkan diri nya sendiri. Dalam siklus ini Sesuatu ynang mati tidak hilang namun berubah bentuk. Misalnya manusia diciptakan dari saripati tanah dikarenakan sang ibu disaat mengandung makan-makanan yang berasal dari tanah . setelah dewasa dan akhirnya tua dan di kubur di dalam tanah dan mengalami pembusukan hingga akhirnya menyatu kembali dengan tanah.

    ReplyDelete
  32. DWI NOVITASARI (10144100082/A3/III)27 October 2011 at 00:13

    Dalam dunia ini kapan awal dan kapan akhirnya kita tidak tahu. Itu merupakan rahasia dari Sang Pencipta. Penduduk alam semesta menciptakan berbagai kalender. Beberapa sering matahari ada ledakan nuklir, ada panas dan ada cahaya. Namun, seberapa akal manusia digunakan untuk memprediksi sesuatu hal tidaklah tepat, itu hanya perkiraan saja, misalnya saja bila diprediksi bumi akan hancur belum tentu mars juga akan hancur. Dan apabila penduduk di alam semesta sudah tidak ada lagi itulah akhir dari penciptaan kalender yang ada tinggalah pencipta dari alam semesta yaitu Tuhan Yang Abadi. Sebagai manusia kita tidak tahu kapan takdir awal atau berakhirnya tata surya tapi kita harus berusaha untuk menjadi khalifah di muka bumi.

    ReplyDelete
  33. YESY IKASAFITRI (10144100094/A3/III)27 October 2011 at 00:14

    Kalender yang diciptakan oleh penduduk di muka bumi adalah untuk menciptakan rutinitas yang akan terjadi dikemudian hari. Sehingga kita dapat menentukan kapan terjadi pergantian tahun,dll. Namun, sebagai manusia ciptaan Tuhan kita menyadari bahwa kita kelak akan musnah. Diikuti dengan musnahnya alam semesta. Sehingga kita berusaha untuk menjadi yang terbaik dari sekarang.

    ReplyDelete
  34. Sintia Ratna Sari (10144100106)27 October 2011 at 00:30

    segala sesuatu pasti ada awal dan ada akhir.karena gak ada yang abadi di dunia ini.
    seperti dunia ini pasti akan ada akhirnya,tetapi tidak ada yang mengetahuinya kecuali Tuhan.
    kewajiban kita hanyalah mengakhiri segala sesuatu dengan catatan yang indah.

    ReplyDelete
  35. Shela nurmanita (08144100089)27 October 2011 at 00:41

    Suatu hal yang di awali pasti aka ada ahirnya entah akan berahir nyampe kapan dan setiap mahluk hidup di dunia ini pasti mempunyai patokan hidup yaitu dengan membuat kalender yang bisa di gunakan sebagai patokan. dan kalender – kalender itu di buat dengan hitungan – hitungan tertentu yang di sesuaikan dengan perputaran matahari dll dan jika penduduknya hilang dan bersamaan tempat tersebut,tentu kalender yang di buat nya juga akan berahir dan yang masih ada adalah yang menciptakan galaksi – galaksi tersebut dan menciptakan waktu yang dulunya berjalan kini mendadak berhenti tanpa terikat waktu dan kalender di masing – masing tempat.

    ReplyDelete
  36. Awal dan Akhir......
    Semua dimulai dari awal dan diakhiri di akhir....
    dua kata yang merupakan pembuka dan penutup, dari kutipan diatas makna yang dapAt dipetik bahwa awal dan akhir segala sesuatu hanyalah dari dan milik sang pencipta, dan hanyaLah Diri NYA yang tau akan memberikan adanya awal dan akhir dari segala sesuatu. Tak pernah ada seorang pun yang tau awal dan akhir segala sesuatu mengenai apapun itu, baik maupun buruk awal dan akhirnya.
    intinya bahwa segala sesuatu berawal dan berakhir Karena dan oleh NYA (TUHAN YME). :-)

    ReplyDelete
  37. Di dunia ataupun di planet-planet yang lain emiliki kehidupan masing-asing yang memiliki batas waktu. karena itu dala hidup selalu ada awal dan akhir karena seua makhluk ataupun apa yang ada di dunia seua ada yang enghendakin. disaat seua harus berakhir tak ada siapun yang mengetahuinya.

    ReplyDelete
  38. Risky Yuniastuti A1 (08144100030)

    Manusia berasal dari alam Arwah (Roh)
    Lalu ditiupkan kedalam alam Arham (Kandungan)
    Ketika manusia lahir, adalah titik awal dari alam Dunia
    Sekaligus mengakhiri alam Arham
    Itu disebut hidup
    Ketika manusia mengakhiri hidup, adalah akhir Dunia baginya
    Dan memasuki alam berikutnya, alam barzah
    Itu disebut mati

    Perpindahan alam ini, selalu terjadi, dan pasti terjadi terhadap semua manusia
    Bahkan yang berumur panjang layaknya Nabi Isa sekalipun.
    Jika kematian adalah justru awal perjalanan. Bisa jadi perpisahan adalah awal sebuah kesadaran.
    Dan kita tidak akan pernah tahu kapan awal dan kapan akhirnya dunia ini.

    ReplyDelete
  39. HENI SULISTIANI (08144100001)mengatakan...

    Dalam artikel"awal dan akhir" ini mngatakan,setiap ada kehidupan pasti ada kematian ada awal pasti ada akhir.dua kata yang sudah tidak tabu buat kita.masing-masing mempunyai patokan.
    Misal,aku dan semua isi disekelilingku sudah tiada belum tentu semua musnah,karena semua milik ALLAH Tuhan Semesta Alam.dan semua terjadi karena sebuah proses atas kehendaknya.dan tak ada didunia ini yang abadi.

    ReplyDelete
  40. Tusiyamah (08144100059)27 October 2011 at 01:05

    jika ada awal pasti akan ada akhir...
    Segala sesuatu pasti ada awal dan akhir,,,
    Didunia ini awal dan akhir kita tak pernah tau,,,
    karena awal itu berawal darinya dan akhir itu berakhir padanya, yaitu pada Tuhan Yang Maha Esa

    ReplyDelete
  41. ernawan praditia vidia(08144100075)27 October 2011 at 01:23

    Komentar saya tentang Awal dan Akhir
    Menurut saya dalam kehidupan pasti ada awal dan juga ada akhirnya. Dan dalam kehidupan memerlukan jadwal agar semua dapat berjalan dengan baik dan sempurna. Jika tidak ada jadwal kemungkinan semua akan berakhir dan kehidupan pun ikut berakhir. Penting perencanaan dalam hidup karena bumi beserta planet lain yang mendukung pun sudah direncanakan secara baik sehingga tercipta keselarasan dan keteraturan.

    ReplyDelete
  42. segala sesuatu pastilah ada awal n ada akhir tergantung kita memprosesnya dalam rentang waktu awal n akhir

    ReplyDelete
  43. Neli Riyanti (08144100086)27 October 2011 at 01:40

    awal dan akhir merupakan dua sejoli yang tak terpisahkan ....
    jika ada awal pasti ada akhir
    karena tak ada yang kekal didunia ini selain Tuhan Yang Maha ESA

    ReplyDelete
  44. Rosana Ratna Ambarwati VII A1(08144100056)
    Hanya Tuhan yang tahu,,kita sebagai makhluk ciptaan-Nya pasrah apa yang akan terjadi nanti, yang terpenting kita selalu mempersiapkan bekal amal.
    Dan kita selalu berdoa didunia ini agar didunia setelah dunia kita mendapatkan tempat yang lebih baik lagi.Amiiin.

    ReplyDelete
  45. Muhtar Rifai Yazid (08144100092)27 October 2011 at 02:38

    Di dunia ini tidak ada yang abadi. ada malam ada siang, ada awal dan tentunya ada akhir. kenapa bisa terjadi? semua itu merupakan suatu rahasia yang tak seorangpun mengetahuinya.
    kata seorang peramal hari akhir adalah thn 2012 yaitu tinggal sebentar lagi, sudah siapkah anda?

    ReplyDelete
  46. Rosana Ratna Ambarwati VII A1(08144100056)
    Hanya Tuhan yang tahu,, kita sebagai makhluk ciptaan-Nya pasrah apa yang akan terjadi nanti, yang terpenting kita selalu mempersiapkan bekal amal.
    Dan kita selalu berdoa didunia ini agar didunia setelah dunia kita mendapatkan tempat yang lebih baik lagi.Amiiin.

    ReplyDelete
  47. RIASTUTI (08144100029) A127 October 2011 at 03:56

    Benar...berakhirnya dunia ini tidak ada yang tahu, manusia membuat kalender tentu ada dasarnya dan ada ilumya. Namun kenyataanya akhir-akhir ini kalender dari negara yang satu dengan yang lain tidak sama contohnya penetapan hari raya. Jadi tidak ada yang benar dalam pembuatan kalender. Yang mempunyai kalender mengenai berakhirmya kehidupan di bumi,matahari, di galaksi Bima Sakti, galaksi andromeda, galaksi orion dan nebula hanyalah Allah SAW. Allah yang menciptakan dan Allah pula yang tahu kapan mengakhiri semua kehidupan di jagat raya ini, kita juga tidak tahu apakah jika di bumi kiamat, diplanet-planet lain ataupun galaksi lain juga kiamat. ALLAH MAHA MENGETAHUI dan ALLAH MAHA PENCIPTA.

    ReplyDelete
  48. Leny Prihastuti A3/III 1014410008527 October 2011 at 03:57

    1. Banyak orang berkata bahwa barang siapa menginginkan kesuksesan maka gunakanlah hati dan pikiran secara seimbang.

    2. Kata memang kelihatan sederhana. Tapi di balik kesederhanaan dari sebuah kata, ia mampu membuat sesuatu tergetar, bergerak, bertindak, bergeser, merubah arah, bahkan mampu mengguncang bumi dan dunia ini. Rupanya kata adalah panglima yang bisa berbuat sesuai kehendaknya. Maka berhati-hatilah dalam berkata-kata maupun menyususn kata-kata.

    3. segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan gugusan dari semua ilmu matematika.

    4. Qta bisa menjadi kuat karena engkau mendapat kekuatan dari Yang Maha Kuat, engkau menjadi rapi dan indah karena engkau mendapat keindahan dari Yang Maha Indah, Qta memberi karena mendapat sifat pemberi dari Yang Maha Pemberi, Qta mengasihi karena mendapat sifat mengasihi dari Yang Maha Kasih, kadang Qta membuat sesuatu karena Qta mendapat sifat dari Yang Maha Pencipta. Itulah tanda bahwa di dalam diri Qta ada sifat-sifat yang tak terhingga banyaknya.

    5. semua orang mempunyai tujuan hidup, tujuan hidup tersebut bisa Qta capai dengan bertanya pada diri Qta sendiri dan jawaban itu hanya ada pada diri Qta sendiri. maka yakinilah jawaban yang menurut itu benar.

    6. setiap ada awal pasti ada akhirnya. ..................

    makasiiiihhhhhh pakkkkk guuuuuuunnnnnnn...............

    *maaf koment Qta ber4 sama soalnya dapat infonya baru hari ini,,,,,,,,*

    ReplyDelete
  49. Endah Suci Lestari A3/III 1014410009227 October 2011 at 03:59

    1. Banyak orang berkata bahwa barang siapa menginginkan kesuksesan maka gunakanlah hati dan pikiran secara seimbang.

    2. Kata memang kelihatan sederhana. Tapi di balik kesederhanaan dari sebuah kata, ia mampu membuat sesuatu tergetar, bergerak, bertindak, bergeser, merubah arah, bahkan mampu mengguncang bumi dan dunia ini. Rupanya kata adalah panglima yang bisa berbuat sesuai kehendaknya. Maka berhati-hatilah dalam berkata-kata maupun menyususn kata-kata.

    3. segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan gugusan dari semua ilmu matematika.

    4. Qta bisa menjadi kuat karena engkau mendapat kekuatan dari Yang Maha Kuat, engkau menjadi rapi dan indah karena engkau mendapat keindahan dari Yang Maha Indah, Qta memberi karena mendapat sifat pemberi dari Yang Maha Pemberi, Qta mengasihi karena mendapat sifat mengasihi dari Yang Maha Kasih, kadang Qta membuat sesuatu karena Qta mendapat sifat dari Yang Maha Pencipta. Itulah tanda bahwa di dalam diri Qta ada sifat-sifat yang tak terhingga banyaknya.

    5. semua orang mempunyai tujuan hidup, tujuan hidup tersebut bisa Qta capai dengan bertanya pada diri Qta sendiri dan jawaban itu hanya ada pada diri Qta sendiri. maka yakinilah jawaban yang menurut itu benar.

    6. setiap ada awal pasti ada akhirnya. ..................

    makasiiiihhhhhh pakkkkk guuuuuuunnnnnnn...............

    *maaf koment Qta ber4 sama soalnya dapat infonya baru hari ini,,,,,,,,*

    ReplyDelete
  50. Mahdalena Dwiastuti A3/III 1014410010327 October 2011 at 04:00

    1. Banyak orang berkata bahwa barang siapa menginginkan kesuksesan maka gunakanlah hati dan pikiran secara seimbang.

    2. Kata memang kelihatan sederhana. Tapi di balik kesederhanaan dari sebuah kata, ia mampu membuat sesuatu tergetar, bergerak, bertindak, bergeser, merubah arah, bahkan mampu mengguncang bumi dan dunia ini. Rupanya kata adalah panglima yang bisa berbuat sesuai kehendaknya. Maka berhati-hatilah dalam berkata-kata maupun menyususn kata-kata.

    3. segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan gugusan dari semua ilmu matematika.

    4. Qta bisa menjadi kuat karena engkau mendapat kekuatan dari Yang Maha Kuat, engkau menjadi rapi dan indah karena engkau mendapat keindahan dari Yang Maha Indah, Qta memberi karena mendapat sifat pemberi dari Yang Maha Pemberi, Qta mengasihi karena mendapat sifat mengasihi dari Yang Maha Kasih, kadang Qta membuat sesuatu karena Qta mendapat sifat dari Yang Maha Pencipta. Itulah tanda bahwa di dalam diri Qta ada sifat-sifat yang tak terhingga banyaknya.

    5. semua orang mempunyai tujuan hidup, tujuan hidup tersebut bisa Qta capai dengan bertanya pada diri Qta sendiri dan jawaban itu hanya ada pada diri Qta sendiri. maka yakinilah jawaban yang menurut itu benar.

    6. setiap ada awal pasti ada akhirnya. ..................

    makasiiiihhhhhh pakkkkk guuuuuuunnnnnnn...............

    *maaf koment Qta ber4 sama soalnya dapat infonya baru hari ini,,,,,,,,*

    ReplyDelete
  51. Masruri Syafi'i A3/III 1014410011027 October 2011 at 04:01

    1. Banyak orang berkata bahwa barang siapa menginginkan kesuksesan maka gunakanlah hati dan pikiran secara seimbang.

    2. Kata memang kelihatan sederhana. Tapi di balik kesederhanaan dari sebuah kata, ia mampu membuat sesuatu tergetar, bergerak, bertindak, bergeser, merubah arah, bahkan mampu mengguncang bumi dan dunia ini. Rupanya kata adalah panglima yang bisa berbuat sesuai kehendaknya. Maka berhati-hatilah dalam berkata-kata maupun menyususn kata-kata.

    3. segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan gugusan dari semua ilmu matematika.

    4. Qta bisa menjadi kuat karena engkau mendapat kekuatan dari Yang Maha Kuat, engkau menjadi rapi dan indah karena engkau mendapat keindahan dari Yang Maha Indah, Qta memberi karena mendapat sifat pemberi dari Yang Maha Pemberi, Qta mengasihi karena mendapat sifat mengasihi dari Yang Maha Kasih, kadang Qta membuat sesuatu karena Qta mendapat sifat dari Yang Maha Pencipta. Itulah tanda bahwa di dalam diri Qta ada sifat-sifat yang tak terhingga banyaknya.

    5. semua orang mempunyai tujuan hidup, tujuan hidup tersebut bisa Qta capai dengan bertanya pada diri Qta sendiri dan jawaban itu hanya ada pada diri Qta sendiri. maka yakinilah jawaban yang menurut itu benar.

    6. setiap ada awal pasti ada akhirnya. ..................

    makasiiiihhhhhh pakkkkk guuuuuuunnnnnnn...............

    *maaf koment Qta ber4 sama soalnya dapat infonya baru hari ini,,,,,,,,*

    ReplyDelete
  52. Sri Lestari (08144100114)27 October 2011 at 04:01

    Setiap ada awal pasti ada akhir, setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan, semuanya sudah menjadi rahasia umum orang-orang awam, namun hanyalah pencipta semua apa yang terjadi di belahan planet ini yang tau kapan semua itu akan terjadi, hanya penciptalah yang bisa menentukan kapan semuanya akan ada dan kapan semuanya akan berakhir.

    ReplyDelete
  53. srisulastriningsih (08144100032)27 October 2011 at 04:05

    akhir dunia ??
    akhir dunia tidak ada yang tahu kecuali diri-Nya. namun dalam Alqur'an telah dijelaskan tanda-tanda akan akhir dunia. dunia ini fana, tak akan abadi. yang abadi adalah Dzat yang tak pernah tidur. namun kita semua janganlah pernah merasa takut akan hari akhir. karena segala sesuatu telah direncanakan dan semua akan mengalaminya.

    ReplyDelete
  54. PUSPITASARI WAHYUNINGSIH 08144130121
    Awal dan akhir selau berpasangan. Seperti halnya dengan bumi dan bulan, siang dan malam, hidup dan mati. Contohnya kelahiran merupakan awal dari kehidupan dan dan pasti diakhiri dengan kematian. Jadi seetiap kehidupan pasti tidak akan terlepas dari awal dan akhir.

    ReplyDelete
  55. Nova Yellystiani (10144100088)27 October 2011 at 04:29

    Setiap ada awal pastiada akhirny,
    seperti halnya bumi ini pasti ada akhirnya tetapi kita tidak tahu kapan akhirnya bumi ini karenahanya sang Penciptalah yang mengetahuinya, begitu juga dengan hidup kita yang akan ada akhirnya karena di dunia ini tidak ada yang kekal.

    ReplyDelete
  56. sri rahayu (08144100050)
    suatu tujuan manusia akan di pengarui oleh sesuatu, waktu, keadaan, tempat, dan dzat dimana jawaban itu adalah ideal, gest, mind, dan mente dimana jawaban itu merupakan jawaban yang diakui, diyakini, di perbuat, diresapi dalm menyapai kebahagiaaan dan kesuksesan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  57. sri rahayu (08144100050)
    maafpak itu tadi no 5.
    6. ada awal pasti ada akhir,
    dalam kehidupan dunia dari berbagai planet
    pasti mempunyai kalender kehidupan sendiri-
    sendiri.

    ReplyDelete
  58. Rinna Febriana (AIII/10144100111)

    1. Banyak orang berkata bahwa barang siapa menginginkan kesuksesan maka gunakanlah hati dan pikiran secara seimbang.

    2. Kata memang kelihatan sederhana. Tapi di balik kesederhanaan dari sebuah kata, ia mampu membuat sesuatu tergetar, bergerak, bertindak, bergeser, merubah arah, bahkan mampu mengguncang bumi dan dunia ini. Rupanya kata adalah panglima yang bisa berbuat sesuai kehendaknya. Maka berhati-hatilah dalam berkata-kata maupun menyususn kata-kata.

    3. segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan gugusan dari semua ilmu matematika.

    4. Qta bisa menjadi kuat karena engkau mendapat kekuatan dari Yang Maha Kuat, engkau menjadi rapi dan indah karena engkau mendapat keindahan dari Yang Maha Indah, Qta memberi karena mendapat sifat pemberi dari Yang Maha Pemberi, Qta mengasihi karena mendapat sifat mengasihi dari Yang Maha Kasih, kadang Qta membuat sesuatu karena Qta mendapat sifat dari Yang Maha Pencipta. Itulah tanda bahwa di dalam diri Qta ada sifat-sifat yang tak terhingga banyaknya.

    5. semua orang mempunyai tujuan hidup, tujuan hidup tersebut bisa Qta capai dengan bertanya pada diri Qta sendiri dan jawaban itu hanya ada pada diri Qta sendiri. maka yakinilah jawaban yang menurut itu benar.

    6. setiap ada awal pasti ada akhirnya. ..................

    ReplyDelete
  59. Kabul Wahyu Hidayat 0814410011027 October 2011 at 05:04

    kiamat,. yang berawal pasti berakhir (dunia),. yang berawal tapi tak berakhir (surga dan neraka),. yang tak berawal dan tak berakhir (Allah SWT).

    ReplyDelete
  60. Ahmad Nur Affandi(A3/10144100100)

    segala sesuatu pastilah ada awal n ada akhir tergantung kita memprosesnya dalam rentang waktu awal n akhir

    ReplyDelete
  61. Iptaningtyas(A3/10144100099)

    Setiap ada awal pastiada akhirny,
    seperti halnya bumi ini pasti ada akhirnya tetapi kita tidak tahu kapan akhirnya bumi ini karenahanya sang Penciptalah yang mengetahuinya, begitu juga dengan hidup kita yang akan ada akhirnya karena di dunia ini tidak ada yang kekal.

    ReplyDelete
  62. Betapa luasnya semesta. Menyadarkan betapa kecilnya kita. Dan bukan merupakan persoalan "kapan" akan kiamat, yang terpenting adalah senantiasa menjadi orang beriman dan bertaqwa sehingga terasa indah menjalani hari-hari, hingga tak terasa hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun.
    Begitu nikmatnya kehidupan penuh kabaikan.

    ReplyDelete
  63. dunia ini selalu ada dua sisi. ada siang ada malam, ada atas ada bawah, ada awal ada akhir. begitu juga dengan kehidupan, ada hidup ada mati, ada kehidupan pasti akan ada kematian. tak ada yang abadi di dunia ini. semua pasti akan musnah, dan takkan ada yang tau kapan maut itu akan menjemput,takkan ada yang tahu juga kapan kehidupan di dunia ini akan berakhir. karena hanya Tuhan yang mengetahuinya. oleh karena itu, pergunakanlah/manfaatkanlah kehudupan kita ini dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  64. Yeni Susanti (VII A1)
    Keseimbangan Akal dan Hati
    Dalam mengambil keputusan kita harus menggunakan akal dan hati. Apabila akal dan hati tidak berjalan bersama, maka hasil yang diperoleh bukanlah hasil yang terbaik. Baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain.

    Ternyata, Panglima Itu adalah Sebuah Kata
    Hanya dengan sebuah kata, kita dapat menyelesaikan masalah ataupun membuat masalah. Sebuah kata juga dapat menenangkan hati dan juga bisa menyakitkan hati. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai dalam memilih kata yang akan kita ucapkan.

    Matematika Menganyam Dunia
    Disadari atau tidak, di dunia ini penuh dengan ilmu matematika. Selain itu, semua orang menerapkan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari walau sebagian besar tidak menyadarinya.

    Ontologi Diriku
    Guru bukan hanya sebagi pengajar ataupun pendidik, melainkan juga sebagai orang tua yang selalu memberikan pengarahan dan pandangan kepada murid-muridnya. Seorang guru juga harus dapat menjawab semua pertanyaan dan kebimbangan hati muridnya dengan tepat. Karena bagi seorang murid, jawaban guru adalah jawaban yang benar.

    Ketika Diriku Tidak Mampu Bertanya
    Mau seperti apa dan bagaimana diri kita, hanya kita sendiri yang tahu. Kita harus mampu bertanya kepada diri kita sendiri sebenarnya apa yang kita inginkan, dan apa yang mampu kita lakukan. Karena diri kita pasti akan jujur dengan apa yang kita inginkan dan yang bisa kita lakukan. Apabila kita tidak mampu bertanya pada diri kita sendiri, maka tidak akan ada yang tahu apa yang bisa kita lakukan untuk diri kita sendiri.

    Awal dan Akhir
    Di dunia ini tidak ada yang abadi. Semua yang di ciptakan Tuhan, pasti akan musnah ketika masanya telah tiba. Tuhan menciptakan jagat raya ini dengan semua isinya, dengan tujuan tertentu yang pada akhirnya akan berubah dan musnah.

    ReplyDelete
  65. Retno Fitri Nugrahaningsih (08144100069)27 October 2011 at 05:37

    Dalam Al-Quran tercantum awal adanya kehidupan didunia ini adalah diturunkannya Nabi Adam. Sebagai hukum alam ada manis ada pahit, ada senang ada susah, dan masih banyak lagi. Hingga kita temukan kata ada awal pasti ada akhir. Jadi sebagai manusia yang beriman kita serahkan saja semua kepadaNya yang terpenting bagi kita adalah bagaimana kita memaknai hidup ini menjadi lebih berarti

    ReplyDelete
  66. Hidup ini pasti ada awal dan ahkir tak ada yang abadi kecuali Allah SWT, oleh karena itu didalam kehidupan yang sementara ini hendaknya kita manfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat untuk kita dan orang lain.........

    ReplyDelete
  67. Adi Sigit Nugroho (08144100011)
    kalender berpatokan hanya kepada waktu, dan waktu akan selalu maju kedepan, tak akan pernah berhenti walau hanya sedetik.
    awal dan Akhir hanyalah sebuah ilusi bagi manusia yang tak akan pernah tau kapan itu terjadi. yang mengetahui akan hal itu hanya satu yaitu Allah azaajala.
    so beribadahlah seperti kita akan mati besok, dan bekerjalah seakan kita akan hidup selamanya.

    ReplyDelete
  68. Adi Kiswantoro/10144100096 III/A327 October 2011 at 06:25

    Yang dapat saya tangkap dari artikel ini bahwa, segala sesuatu itu pasti akan ada akhirnya, apapun itu.. Dan kita tidak tahu kapan akhir dari semua ini.. Mengingatkan kita untuk selalu ingat akan yang di atas yaitu Tuhan Yang Maha Esa..

    ReplyDelete
  69. ada siang ada malam, ada awal dan ada akhir..
    setiap ada awalan pasti akan ada akhiran. dan dunia ini dibentuk karna suatu saat akan dimusnahkan. itu semua sudah ada yang mengatur. giliran kita mampu menjadikan awal yang baik untuk mendapatkan akhiran yang baik pula...

    ReplyDelete
  70. Awal dan akhir adalah dua kata yang memiliki makna berbeda
    Kapan Awal dan Akhir terjadi manusia tidak ada yang tahu
    Semua adalah kehendak Allah Sang Pencipta
    Manusia tinggal menjalankannya dan pastinya dengan selalu mengingatNya
    perbaiki Ibadah kita yang belum maksimal

    ReplyDelete
  71. smst3/A3 10144100090

    awal dan akhir.,.,setiap awal pasti ada akhir.,,.tidak ada yang kekal dalam dunia ini,.,
    kiamat sudah dekat,.,.instropeksilah diri kita.,., trying to change for the better,,.

    ReplyDelete
  72. RUANG DAN WAKTU
    Itulah dua kata yang singkat namun cakupan yang sangat luas.... apalagi,. dalam pembahasan FILSAFAT RUANG DAN WAKTU tak kan mungkin lepas dari pembahasan....
    MANUSIA TERIKAt OLEH RUANG DAN WAKTU????
    Karena itu marilah kita koreksi seberapa besar ruang yang dapat kita jangkau dan seberapa banyak waktu yang kita punya untuk ruang itu....
    SUTRI PANJI KURNIAWAN (08144100095)

    ReplyDelete
  73. Eka Juliani (08144100091)
    Bukankah, demikianlah hidup? Ada awal, ada akhir. Ada pertemuan, ada perpisahan. Ada kehidupan, ada kematian. Setiap titik akan berujung pada satu titik, menghasilkan sebuah garis kehidupan. Perjalanan panjang sejak ruh ditiupkan ke dalam raga setiap janin, hingga detik-detik terakhir hembusan nafas, dijemput kematian, menjadi tubuh yg tak bisa lagi bergerak – merasakan kehidupan.Tidak ada yang abadi didunia ini,Kecuali pencipta Nya,Allah SWT,

    ReplyDelete
  74. Husein Ardiyanto smt3A3/1014410010727 October 2011 at 16:38

    Awal dan akhir...Di dunia ini tidak ada yang abadi. Semua yang di ciptakan Tuhan, pasti akan musnah ketika masanya telah tiba. Tuhan menciptakan jagat raya ini dengan semua isinya, dengan tujuan tertentu yang pada akhirnya akan berubah dan musnah.Sesalu mendekatkan dri kpda-Nya.

    ReplyDelete
  75. fitriana (08144100064)27 October 2011 at 19:08

    Artikel “ketika diriku tidak mampu bertanya” menyatakan setiap orang harus mempunyai tujuan hidup. Misalnya saja ketika kita mau membeli barang, pasti kita mempunyai tujuan, untuk apa barang itu kita beli, apa manfaat barang yang kita beli itu. Begitu juga dalam hidup harus mempunyai tujuan , apabila dalam hidup tidak mempunyai tujuan hidup ini akan terasa hampa dan tidak mempunyai semangat untuk menjalankan sebuah kehidupan. Untuk menggapai tujuan tersebut harus selalu diiringi dengan doa, berusaha dan belajar

    ReplyDelete
  76. Susi satriatmi UPY 0827 October 2011 at 19:14

    susi satriatmi 08144100060
    A2

    Yang dapat diambil hikmahnya dalah semua alam jagad raya ini milik Sang Pencipta.
    Semua pasti akan kembali kepadaNya.
    Sebagai insan yang diciptakan dengan akal. Qt wajib bersyukur dan melakukan tindakan sebagai wujud syukur Qt. Karena tanpa Sang Khaliq qt tidak ada dan tidak ada kehidupan serta isinya.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  77. fitriana (08144100064)27 October 2011 at 19:39

    artikel awal dan akhir mengatakan bahwa hidup didunia ini tidak ada yang abadi, pasti kita akan mengalami yang namanya kelahiran dan yang dinamakan kematian.maka hidup didunia gunakanlah dengan sebaik-baiknya, selalu mensukuruni nikmat yang telah diberikan, dan selalu senantiasa mengingat perintah dan larangannya

    ReplyDelete
  78. Alam mempelajari filsafat memerlukan hati dan pikiran yang jernih. Agar kita dapat memahami apa yang kita pelajari tersebut,lalu bagaimanakah agar hati dan pikiran kita tetap jernih? Karena jika hati dan pikiran kita tidak jernih rasanya akan sulit memahami segala sesuatu.
    Ketika kita dihadapkan untuk mengingat sesuatu yang telah terjadi terkadang kita tidak bisa mengingat semua kenangan yang akan kita ingat. Andai saja suatu peristiwa itu bisa terulang kembali, pastilah sispapun orangnya akan menyukai hal itu terlebih ketika hal yang menyenangkan. Apa yang telah terjadi itulah yang menjadi awal dari apa yang telah kita lakukan dan kita hanya bisa mengingatnya sebagai akhir dari hal yang sudah terjadi itu.
    Kalau bisa memilih lebih baik mengakhiri sesuatu dengan penuh keikhlasan dan kelegaan. Siapa tahu juga siklus bisa berputar. Jika kematian adalah justru awal perjalanan. Bisa jadi perpisahan adalah awal sebuah kesadaran. Benar yang dikatakan pengembara “Dan pabila hari ini belum merupakan permohonan harapanmu. Belum menjadi perwujudan kasihku yang sempurna. Biarlah ini menjadi hari perjanjian antara engkau dan aku. Sampai suatu hari lain kita kan berjumpa.”

    http://blog.imanbrotoseno.com/?p=256
    http://www.leoslyrics.com/jamal-abdillah/kekasih-awal-dan-akhir-lyrics/

    ReplyDelete
  79. ERSAD/10144100079 III/A3 mengatakan...29 October 2011 at 06:48

    ERSAD smt3A3/10144100107 mengatakan...

    Di dunia ini tidak ada yang abadi. Semua yang di ciptakan Tuhan, pasti akan musnah ketika masanya telah tiba. Tuhan menciptakan jagat raya ini dengan semua isinya, dengan tujuan tertentu yang pada akhirnya akan berubah dan musnah.

    ReplyDelete
  80. AWAL DAN AKHIR
    Saat kita ada di dunia ini kita selalu berdampingan dengan waktu. Karena pada dasarnya waktu adalah hal yang penting di dunia ini. Kalender adalah sesuatu yang digunakan untuk mengukur waktu. Dengan kalender kita bisa menentukan waktu, waktu ini kita akan melakukan apa, waktu itu akan kita gunakan untuk apa. Seperti pada tulisan yang sedang saya komentari ini, di bumi banyak sekali kalender yang digunakan manusi. Yang paling umum dan menjadi patokan internasional adalah kalender masehi. Ada lagi kalender hijriah, kaender cina,kalender suku maya, dan masih banyak lagi kalender yang lainnya. Memanglah kalender atau sesuatu yang yang berhubungan dengan waktu tersebut tidak hanya ada di bumi ini. Di semua tempat mempunyai kalender sendiri-sendiri. Saat kalender di bumi berhenti, belum tentu semua kalender di alam semesta ini berhenti. Dan memanglah benar jika kalender si seluruh alam semesta ini berhenti hanya aka nada satu Dzat yang kekal, yang tidak terikat oleh tempat dan waktu, serta tidak terikat oleh hal-hal laninnya, yaitu Dia adalah Tuhan Yang Maha Kekal, Yang Tidak Berawal dan Tidak Berakhir.
    Ria Setyawati (09144100107 / 7.A2)

    ReplyDelete
  81. Awal dan akhir
    Awal adalah sesuatu yang menjadikan sesuatu ada, dan akhir adalah sesuatu yang menjadikan sesuatu tidak ada. Waktu adalah sesuatu yang ada di interval awal dan akhir. Karena waktu ada karena ada yang mengawali dan waktu berakhir karena ada yang mengakhiri. Suatu waktu memanglah dapat dihitung ataupun dibuat perhitungannya. Di bumi ini sesuatu yang digunakan untuk perhitungan waktu adalah kalender. Banyak sekali kalender yang ada di bumi ini. Selain di bumi memanglah benar tempat-tempat lain yang ada di jagad raya ini mempunyai kalender. Dimana kalender-kalender yang digunakan untuk perhitungan waktu tersebut dapat berakhir. Kalender di bumi, dan di semua tempat yang ada di jagad raya ini semua akan berakhir menurut panjangnya interval waktu masing-masing tempat tersebut. Saat semua itu berakhir hanyalah akan ada satu Dzat yang masih ada, yaitu Dia, Tuhan Yang Maha Kekal, Sang Pencipta yang tidak terikat oleh tempat dan waktu.

    ReplyDelete