My Blog List

Wednesday 9 December 2009

Matematika Menganyam Dunia

Dunia :

Wahai kawan-kawanku mengapa engkau mengatakan bahwa kalian adalah bagian dariku, sementara aku tidak pernah menyentuhmu. Silakan kalian membuktikan kepadaku. Lingkaran, silakan kamu menerangkan kepadaku.


Lingkaran :

Diriku menyusun dirimu wahai dunia. Lihatlah disana ada seseorang yang sedang pergi berkendaraan menggunakan kendaraan bermotor. Tahukah kamu roda dari motor adalah model dari diriku. Roda berbentuk lingkaran. Bayangkan jika roda berbentuk lonjong, kotak, elips maupun yang lain, niscaya orang itu tidak akan nyaman menaiki kendaraannya. Dan lihatlah cakram-cakram bergerigi pada kendaraan itu, cakram-cakram dan sekrup, penampang pipa-pipa shock, lubang mengisi bensin semuanya adalah model dari diriku. Tidak hanya itu, matahari, serta benda-benda langit lainnya juga merupakan model dari diriku.


Dunia :

Baiklah kalau begitu, sekarang giliran persegi panjang. Apa buktinya kalau engkau merupakan bagian dari diriku?


Persegi Panjang :

Lihatlah rumah itu wahai dunia. Pintunya merupakan model dari diriku. Jendelanya meniru model diriku, permukaan meja di dalam rumah meniru diriku. Lukisan itu bingkainya adalah model diriku. Layar TV meniru bentuk diriku, layar komputer juga meniru diriku. Bahkan bentuk bidang tanah tempat berdirinya rumah juga merupakan model dari diriku.


Dunia :

Aku sedikit memahami wahai persegi panjang. Sekarang aku persilakan elips untuk membuktikan mengapa dia bagian dariku?


Elips :

Jelaslah wahai dunia, bumi, mars, planet-planet yang lain serta bulan dan satelit di masing-masing planet memiliki lintasan yang menyerupai bentuk diriku. Komet juga memiliki lintasan yang menyerupai diriku. Penampang bumi dan planet-planet lain juga memilki bentuk menyerupai diriku. Itulah bukti bahwa diriku menyusun dirimu wahai dunia.


Dunia :

Sekarang giliran Tabung. Silakan Tabung.


Tabung :

Jelaslah wahai dunia, bahwa diriku menyusun dirimu. Tahukah engkau bahwa pipa merupakan model dari diriku. Manusia banyak menggunakan pipa baik dari plastik maupun dari besi. Skrup pada kendaraan, skrup pada mesin-mesin, tiang-tiang listrik, bentuk kabel listrik agar orang bisa menikmati listrik, knalpot dan shock kendaraan merupakan model dari diriku.


Dunia :

Oo… begitu rupanya. Aku memahaminya. Bagaimana dengan trapesium?


Trapesium :

Wahai dunia lihatlah pintu rumah itu. Pembuat pintu itu menginginkan agar pintu itu berbentuk persegi panjang. Tapi lihatlah manusia tidak akan mungkin dengan tepat mengukurnya, tidak akan sempurna dengan alat ukur terbaik sekalipun karena alat-alat itu buatan manusia yang juga tidak sempurna. Pintu itu justru malah menyerupai diriku karena manusia tidak teliti. Lihatlah bidang atap pada rumah yang berbentuk limasan itu juga menyerupaiku.


Dunia :

Seperti itu rupanya… Selanjutnya aku persilakan Balok untuk membuktikan. Silakan Balok.


Balok :

Lihatlah lemari itu wahai dunia, lihat pula kulkas, computer, barang-barang itu meniru model diriku. Lihatlah wadah tempat Tv, tempat computer, bentuk laci, serta balok-balok kayu untuk membuat barang-barang dari kayu yang bermanfaat untuk manusia banyak sekali yang mengambil modelku. Ponsel yang setiap saat menemani manusia juga menggunakan bentukku.


Dunia :

Aku mengerti tentang apa yang engkau katakan. Sekarang aku ingin mendengar bukti dari x.


x :

Aku hanyalah simbol, orang memanggilku sebagai variable, temanku adalah y, z, dll. Dengan variable manusia bisa menghitung sesuatu. Menghitung harga barang, menghitung pertumbuhan ekonomi, waktu, jarak , kecepatan, menghitung dalam bidang ilmu teknik, ilmu hayat dsb. Aku telah membuka cakrawala manusia untuk memudahkan mereka menghitung siang dan malam, menghitung awal puasa, menghitung pergantian tahun, abad dsb.


Dunia :

Besar sekali kegunaanmu wahai x, sekarang aku mulai memahami. Baiklah sekarang giliran dari bilangan 1 (satu).


1 (satu) :

Aku adalah lambang bilangan, orang menambahkan diriku dengan diriku akan menghasilkan 2 (dua) begitu juga seterunya. Ilmuwan mengatakan aku menyusun bilangan-bilangan yang lain. 3 adalah kelipatanku, 4 adalah kelipatanku, 10000 juga kelipatanku. Dalam menghitung sesuatu manusia selalu melibatkan aku.



76 comments:

  1. Setidaknya Bapak telah membuktikan bahwa filsafat itu mungkin bagi Bapak. Teruskan dengan tugas filsafat yang lain. Amiin

    ReplyDelete
  2. Terimakasih comment dan nasihatnya Pak, mohon doanya juga agar kami mampu meneruskan tugas filsafat yang lain menjadi lebih baik. terimakasih....

    ReplyDelete
  3. Duniamu adalah duniaku dan duniaku adalah duniamu juga maka teruslah membaca dan berfikir saudaraku agar ada nilai tambah di dalamnya, semoga berhasil dan MERDEKA.

    ReplyDelete
  4. ok... pikiran dan pandangan anda cukup bagus, tapi ya tolong ditambahi artikel lain yang menunjang pemikiran anda dan jangan lupa menuntut ilmu adalah nomer atu he... merdeka bung. Ada duku diatas tungku jangan lupa dukunya gosong jadilah orang yang nomer satu tapi jangan suka berbohong. hi... 7x salam kompak dul.

    ReplyDelete
  5. Theresia Ayu Pratiwi25 October 2011 at 13:26

    pernyataan matematika menganyam dunia bisa diterima. menurut saya memang begitu. karena pada saat inipun matematika merupakan ilmu yang mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan.terdiri dari titik, garis, dll. menggunakan penalaran logika dan abstrak,meliputi pencacahan, perhitungan, pengukuran bangun dan benda-benda fisika. Dan pernyataan matematika menganyam dunia karena saat ini kita akui bahwa matematika sudah digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting diberbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran, medis, dan ilmu sosial seperti ekonomi, dan psikologi.

    ReplyDelete
  6. pernyataan matematika menganyam dunia bisa diterima. menurut saya memang begitu. karena pada saat inipun matematika merupakan ilmu yang mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan.terdiri dari titik, garis, dll. menggunakan penalaran logika dan abstrak,meliputi pencacahan, perhitungan, pengukuran bangun dan benda-benda fisika. Dan pernyataan matematika menganyam dunia karena saat ini kita akui bahwa matematika sudah digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting diberbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran, medis, dan ilmu sosial seperti ekonomi, dan psikologi.

    ReplyDelete
  7. Shima Destriana Sari (08144100068)25 October 2011 at 17:28

    Matematika memeng menganyam dunia. Semua yang ada di dunia ini menggunakan matematika bahkan barang-barang yang kita gunakan sehari-hari mengandung matematika. Misalnya, transaksi jual beli di pasar menggunakan matematika untuk berhitung. Layar TV berbentuk persegi panjang,roda berbentuk lingkaran, lintasan komet berbentuk elips, kulkas dan lemari berbentuk balok, pipa berbentuk tabung, dan lain sebagainya. Jdi, semua yang ada di dunia ini memanfaatkan matematika.

    ReplyDelete
  8. Zuida Listianingrum (08144100093)25 October 2011 at 19:16

    pernyataan matematika menganyam dunia bisa diterima. menurut saya memang benar karena matematika sebagai dasar bagi semua cabang ilmu matematika secara berurutan telah kutunjukkan ilmu astronomi, fisika, kimia, biologi, dan fisika sosial atau sosiologi dalam suatu susuna hierarkhis atas dasar kompleksitas gejala-gejala yang dihadapi oleh masing-masing cabang ilmu.
    Dan sekarang semakin aktual dan releval bahwa dunia industri sebagai tolok ukur bagi tercapainya modernisasi yang disiapkan melalui penguasaan basic sciences yaitu matematika.

    ReplyDelete
  9. Maya Kusumaningrum 0814410009825 October 2011 at 23:18

    sangat sukar bagi saya memfilosofikan matematika. bahkan memaknai matematika sesungguhnya saja merupakan kesukaran bagi saya. sejak lama matematika itu identik dengan sesuatu yang baku, pasti , ilmiah , sukar namun sangat mempengaruhi segala sisi kehidupan. teringat elegi pak marsigit tentang pendapat plato dan aristoteles, mungkinkah mereka memaknai objek matematika sama seperti yang kita bayangkan? dalam artikel ini hanya sebagian objek matematika yang dibicarakan , sejatinya masih banyak lagi objek lain yang mungkin bisa mengantarkan kita ke hakikat matematika itu sendiri. semoga bapak bisa memberikan banyak ilmu tentang hal tersebut....... ^-^

    ReplyDelete
  10. dunia adalah tempat bagi berkumpulnya obyek2 benda,,yang didalamnya menampung banyak hal yang tentu saja berhubungan dengan matematika.

    ReplyDelete
  11. Sri Arbangatin (08144100020)26 October 2011 at 00:49

    Andaikan dunia tanpa matematika akan menjadikan ketidakteraturan, kehancuran, dan lain sebagainya.
    Dengan matematika akan muncul sebuah kombinasi pemikiran baru
    Dengan matematika akan tercapai kemajuan yang hebat.
    Dengan matematika akan menjadikan dunia menjadi lebih tertata.

    ReplyDelete
  12. Muslikhah (08144100079)26 October 2011 at 01:32

    matematika sering kita maknai dengan hal-hal yang identik dengan hitung-menghitung,angka, dan lambang-lambang bilangan. padahal sebenarnya matematika selalu bersama kita. matematika selalu ada di sekitar kita. Matematika tidak lepas dari kita dan kita tidak lepas dari matematika.

    ReplyDelete
  13. Maya OktianiA2 (08144100081)26 October 2011 at 03:12

    menurut saya matematika menganyam dunia itu benar diibaratkan kita sejak lahir pun sudah dihitung tanggal dan ketika kita meninggalkan dunia pun juga dihitung tanggal. pada intinya matematika itu ada disekitar kita.

    ReplyDelete
  14. Lusi Hardiyanti (08144100055)26 October 2011 at 03:20

    Matematika menganyam dunia, menurut saya ini benar karena matematika bersifat universal sumber dari segala sumber ilmu. Matematika tidak hanya menghitung dengan angka tetapi juga harus menggunakan logika.

    ReplyDelete
  15. Herna Purwanti (08144100083)26 October 2011 at 03:59

    Saya setuju bahwa Matematika Menganyam Dunia. Matematika merupakan cabang ilmu dari semua ilmu. Matematika dapat digunakan dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari.
    Pada intinya, semua hal tidak terlepas dari matematika.
    Sekian, terima kasih...

    ReplyDelete
  16. IRAWAN HADI PRANOTO 0814410008226 October 2011 at 05:06

    Awal hidup dari matematika adalah dari manusia
    Hal itu tak lepas pula dari Seni dari Allah SWT
    Dia ciptakan manusia untuk berfikir dan mulai mencerna dan menciptakan
    Mereka mulai menerjemahkan segala karya seni ciptaan dari Allah dengan benda-benda kingkrit
    Setelah mereka cerna dengan baik maka secara jelas segala bentuk ciptaannya adalah sebuah matematia
    Ku katakana sendiri bahwa matematika itu sebuah bukti rasa syukur kita untuk memuja kebesaran Allah SWT
    Tapi yang terlintas dari fikiranku lagi lalu apakah yang terjadi bagi kaum komunis tentang matematika
    Ku ucap mereka ingin mengetahui dan mencerna secara jelas dan logika tentang matematika itu.
    Bagi mereka yang tidak menyadarinya ku katakana itu masalah besar bagi mereka sendiri

    ReplyDelete
  17. sesilia Y.B (08144100077)26 October 2011 at 05:09

    berarti intinya adalah bahwa segala sesuatu yang ada didunia ini secara langsung ataupun tidak lansung merupakan bagian dari matematika atau dapat dipersingkat lagi jika kita ingin menhemat kata-kata(maklum,saat ini sedang krisis global) "kehidupan adalah matematika"

    ReplyDelete
  18. matematika menganyam dunia...
    matematika memang selalu digunakan di muka bumi ini,, dalam bentuk apa pun dimana pun,, selalu ada dan selalu muncul
    itu lah mengapa begitu penting'a matematika dalam dunia ini....

    ReplyDelete
  19. septiya(08144100103)
    matematika menganyam dunia, emng benar bgitu karena dengan kita tidk sdari bhwa apa yg kita kerjakan didunia sama dgn kita belajar matematika. benda-benda yg ada diduniapun seperti pelajaran matematika, sebenarnya kegiatan yg kita lakukan sehari-hari didunia sama dgn kita belajar matematika. misal kita belanja jg mnghitung ya bljr matematika, kita bermain biliar jg beljar matematika dgn adanya peluang bola yg masuk, dan kgiatan yg lain sbgainya. mengapa dklngan pendidikan bnyak yg ngeluh klau matematika itu sulit??????pdhal kgiatan sehari-hari sj bs kita kerjkan dgn lncar tnpa mnganggap sulit pdhal dgn tidak sadar pkerjaan itu sam dgn belajar matematika!!!

    ReplyDelete
  20. sekarang giliranku: Titik
    Bagi penghunimu wahai bumi (dunia), kau bukanlah titik, karena kau merupakan bidang yang sangat luas namun terbatas. Tetapi jika kau dilihat/diteropong oleh astronot dari planet lain, mungkin, dari jarak sekian pangkat sekian kilometer, kau akan tampak seperti sebuah titik. Maka dari itu, definisiku saja bisa beragam karena aku terikat oleh ruang dan waktu.
    Penerapanku dalam matematika contohnya titik menggambarkan tingkat kedudukan pada bidang Cartesius.

    Dalam dunia abstraksi, aku bisa berupa apa saja karena aku terikat oleh ruang dan waktu. aku bisa berpotensi menjadi garis, bidang, lingkaran, bentuk tak beraturan, dimensi tiga, dan seterusnya. Ketika penghunimu memikirkanku, maka aku bisa berada di dalam pikiran kalian, yaitu dinamakan dengan separo dunia, atau di luar pikiran kita (misalnya benda nyata yang kita lihat), dinamakan separo dunia yang lain, atau sekaligus di dalam dan di luar pikiran kita, maka itulah yang dinamakan dunia seutuhnya.
    jadi, aku menyusun dirimu, wahai dunia :)

    ReplyDelete
  21. Suprapti VII A1 Pendidikan Matematika UPY (08144100023)

    Dalam kehidupan yang kita lalui, tanpa kita sadari sudah bergelut dengan matematika, misalnya saja, kita menghitung waktu, misalkan lagi kita beli sesuatu dengan harga sekian,dan kita mempunyai uang sekian, kemudian masih sisa sekian. Nah itu merupakan salah satu contoh pengurangan yang ada pada matematika dalam kehidupan sehari-hari serta masih banyak example yang lain.
    Karena itu MERUPAKAN KEUNGGULAN MATEMATIKA sehingga matematika mengenyam dunia dan tidak akan dar sampai akhir jaman.

    ReplyDelete
  22. banyak orang berlari dan menyebutan identitasnya sambil berkata: Sebenranya Aku adalah Angka, Aku adalah Simbol, Aku adalah bangun ruang, Aku adalah Bilangan, Aku adalah Operasi, Aku adalah Abstrak, bahkan Aku adalah nada. Itulah Aku, anak SD sering memanggilku dengan sebutan lain, yaitu “MATEMATIKA”.

    http://flanflygirl.wordpress.com/2009/10/30/musik-dan-matematika/
    http://rizalkasirinsukromo.wordpress.com/category/mathematics-education/

    ReplyDelete
  23. Sunu Sulistiyaningsih (08144100087)26 October 2011 at 08:11

    Dalam elegi yang menyatakan bahwa matematika menganyam dunia dapat diterima. Walau mungkin terkadang bagi sebagian orang mengatakan bahwa matematika itu sulit.
    Matematika identik dengan ilmu pasti, abstrak, bernalar logis dan susah untuk di pahami. Namun, tanpa kita sadari bahwa matematika menjadi dasar terciptanya objek-objek atau benda yang tercipta di sekeliling kehidupan kita. Matematika juga dapat memecahkan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Atau bahkan bisa jadi bahwa matematika menjadi akar terciptanya cabang ilmu lain. Itulah sebabnya mengapa matematika dikatakan bahwa Matematika menganyam dunia.

    ReplyDelete
  24. EMA PUSPA WIDIASTUTI(08144100054)26 October 2011 at 09:01

    Segala sesuatu tentang Matematika erat kaitannya dengan dunia, karena memang matematika dan dunia itu saling berhubungan.

    ReplyDelete
  25. Matematika sebagai alat adalah mampu sebagai sarana dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang paling sederhana adalah ketika kita menghitung uang belanja, pengeluaran uang untuk kebutuhan sehari-hari, itu saja sudah termasuk menerapkan ilmu matematika, menghitung luas tanah, nilai rapot ketika kenaikan kelas, ongkos naik kendaraan dan masih banyak lagi. Di berbagai kehidupan manusia tidak luput dari penerapan ilmu matematika baik dalam perumusan masalah hingga penyelesaian masalah. Perkembangan matematika mulai dari sejak abad yunani sampai saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Revolusi matematika sangat cepat seiring dengan temuan-temuan baru dibidangnya. Ilmu fisika membutuhkan bilangan untuk menghitung dan menyelesaikan sebuah permasalahan, ilmu kedokteran dan farmasi menjadikan matematika untuk menghitung takaran dosis obat yang tepat dan masih banyak lagi yang lainnya yang menunjukkan bahwa matematika sebagai pondasi dari bidang ilmu lainnya. Tingkat prestasi matematika dalam suatu negara menjadi sebuah tolak ukur dari perkembangan tingkat pendidikan dinegara tersebut. Oleh karena itu matematika bisa dikatakan menganyam dunia karena keberadaannya sangat berpengaruh di dunia.

    ReplyDelete
  26. NURFITRIYANI (08144100107)

    Banyak orang yang mengatakan bahwa matematika lebih tepat dianggap sebagai sebuah alat. Matematika dalam hal sebagai alat adalah matematika mampu sebagai sarana dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Ada juga yang berpendapat bahwa matematika adalah sebuah seni dari ilmu bilangan.

    Pada saat ini, perkembangan matematika mulai dari sejak abad yunani sampai saat ini yaitu jaman post-post modern mengalami perkembangan yang sangat pesat. Revolusi matematika sangat cepat seiring dengan temuan-temuan baru dibidangnya. Matematika bisa dijadikan sebagai sebiah pondasi bagi ilmu-ilmu lainnya. Ilmu fisika membutuhkan bilangan untuk menghitung dan menyelesaikan sebuah permasalahan, ilmu kedokteran dan farmasi menjadikan matematika untuk menghitung takaran dosis obat yang tepat dan masih banyak lagi yang lainnya yang menunjukkan bahwa matematika sebagai pondasi dari bidang ilmu lainnya.

    Tingkat prestasi matematika dalam suatu negara menjadi sebuah tolak ukur dari perkembangan tingkat pendidikan dinegara tersebut. Oleh karena itu matematika bisa dikatakan menganyam dunia karena keberadaannya sangat berpengaruh didunia. Manfaat matematika sangat banyak, sama halnya dengan sebuah anyaman yang terbuat dari bambu yang dapat digunakan untuk keperluan apapun (multifungsi).

    ReplyDelete
  27. dyah kumolo retno (08144100084)26 October 2011 at 18:41

    matematika menganyam dunia,
    memang benar bahwa matematika sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, karena banyak hal didunia ini yang berhubungan dengan matematika jadi memang benar matematika itu menganyam dunia.(matematika itu penting).

    ReplyDelete
  28. Marta Afrilia, VII A1 (08144100040)26 October 2011 at 19:08

    Matematika Mengenyam Dunia...
    Menurut saya memang benar bila dikatakan bahwa matematika mengenyam dunia karena matematika selalu digunakan dalam hal apapun. Seperti elegi di atas bahwa lingkaran, trapesium, tabung, dll berhubungan dengan matematika dan dengan dunia.

    ReplyDelete
  29. RIA AGUSTIINA 08144100034

    Matematika menganyam dunia,,,,
    itu memang benar,karena tanpa kita sadari apapun yang kita dengar,kita lihat,kita pelajari semuanya berhubungan dengan matematika,entah itu angka,berhitung,dll. Jadi,matematika memang sangat penting dan selalu diterapkan di bumi ini.

    ReplyDelete
  30. Muji Hartati (08144100004) A1
    Matematika menganyam dunia...
    menurut saya itu benar adanya, dalam kehidupan didunia matematika sangat diperlukan, bahkan di dalam rumah sendiri jga terdapat banyak matematika.
    tidak hanya dirumah tapi sekolah, kantor, pabrik atau dimanapun kita berada pasti terdapat matematika, karena matematika itu memang penting.

    ReplyDelete
  31. Djati Setiawan 0814410007626 October 2011 at 20:30

    Matematika menganyam dunia, pernyataan ini tidak bisa dipungkiri oleh siapapun karena dalam dunia ini tidak ada hal-hal yang terlepas dari matematika. Pernyataan ini tentu dapat kita gunakan untuk menyangkal pernyataan matematika adalah pelajaran yang sulit karena matematika itu sendiri sudah teraplikasikan didunia. Maka dari itu, seharusnya tidak ada alasan bagi orang-orang untuk mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit.

    ReplyDelete
  32. ignatia yunita krismawati (08144140031)26 October 2011 at 21:33

    Ya.., matematika menganyam dunia..
    Banyak orang menganggap matematika itu sulit. Namun banyak sekali hal dalam kehidupan sehari-hari yang memerlukan matematika.
    Tak ada yang tak perlu matematika….itulah pentingnya matematika dalam dunia….

    ReplyDelete
  33. Matematika adalah ilmu yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Manusia dalam kehidupannya tidak dapat lepas dari matematika. Dari hal yang sepele sampai hal yang besar mereka tidak dapat lepas dari matematika. Sungguh matematika adalah anugerah yang besar bagi dunia.

    ReplyDelete
  34. Eriy yuniarti (08144130072)
    Matematika itu kompleks, pasti, abstrak dan logis..Matematika diciptakan karena telah tersedia didunia, ada banyak objek di dunia yang terangkum dalam suatu ilmu yang disebut matematika. Dimana objek-objek tersebut telah membentuk dunia, jadi bisa dikatakan matematika manganyam dunia, karena bentuk-bentuk dalam ilmu matematika dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  35. MASNING (08144100012)

    Alam semesta ini memang tersusun dari elemen yang paling kecil. Dari susunan yang kecil-kecil saling tergabung sehingga membuat satu susunan utuh. Manusia pun tersusun dari sel-sel dan membentuk menjadi organ-organ. Begitu juga alam semesta ini tersusun dari sesuatu yang sangat kecil. Dalam gambar matematika seperti garis pun terbentuk dari gabungan titik-titik yang terhubung.

    ReplyDelete
  36. DWI NOVITASARI (10144100082/A3/III)26 October 2011 at 23:20

    Matematika adalah suatu ilmu yang kita pelajari dari kita muda sampai tua. Seberapa pentingnya matematika yang kita pelajari sampai-sampai dunia yang kita tinggali semua berhubungan dengan matematika. Matematika sangat mendunia. Itulah pendapat saya, pendapat tersebut tidaklah berlebihan karena memang benar adanya. Contohnya saja, kita tahu lingkaran digunakan sebagai model dari ban suatu kendaraan,persegi panjang sebagai model pintu dari rumah, elips sebagai lintasan dari planet-planet, tabung sebagai pipa, trapezium sebagai atap rumah,balok sebagi model tempat TV,x sebagai symbol untuk mengitung, dan 1 sebagai lambang bilangan.

    ReplyDelete
  37. YESY IKASAFITRI (10144100094/A3/III)26 October 2011 at 23:21

    Ilmu matematika sangat penting untuk dipelajari, karena ilmu matematika digunakan di seluruh dunia. Lambang-lambang,bangun datar maupun bangun ruang, dan variable dari matematika digunakan sebagai model untuk menciptakan seluruh isi dunia yang kita tempati. Kehidupan yang kita rasakan saat ini tidak akan pernah keluar dari jangkauan ilmu matematika sendiri.

    ReplyDelete
  38. Kabul Wahyu Hidayat 0814410011026 October 2011 at 23:36

    matematika bagian dari dunia, dunia bagian dari kehidupan, jadi matematika bagian dari kehidupan, mungkin matematika nantinya juga bagian dari setelah kehidupan dunia. matematika menganyam dunia? karena Tuhan menciptakan dunia pun menggunakan perhitungan yang sangat teliti, Bahkan Tuhan pun menciptakan matematika itu sendiri dengan pehitungan yang sangat teliti, jadi matematika bukan hanya menganyam dunia tetapi matematika menganyam matematika sendiri...

    ReplyDelete
  39. Nova Yellystiani (10144100088)26 October 2011 at 23:47

    Matematika adalah ilmu yang pasti, yang sangat penting untuk kita pelajari. Matematika banyak digunakan oleh orang-orang di dunia.
    karena matematika ilmu yang sangat penting dalam kehidupan.
    banyak hal yang diperhitungkan menurut ilmu matematika dalam kehidupan ini.

    ReplyDelete
  40. Sintia Ratna Sari (10144100106)26 October 2011 at 23:56

    matematika merupakan alat yang mampu menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari.
    juga dapat dikatakan sebagai pondasi ilmu lainnya,seperti fisika dan kimia yang membutuhkan kombinasi berbagai bilangan yang terkandung dalam matematika.
    maka dari itu matematika dikatakan menganyam dunia,karena memiliki peran penting dan pengaruh penting pada keberadaan dunia.

    ReplyDelete
  41. (08144100070)
    Matematika ....???
    Matematika adalah ilmu yang nyata namun abstrak, dimana matematika adalah sesuatu dapat berupa temuan/ bukti yang dapat dibuktikan secara teoritis.
    matematika merupakan bagian yang dapat ditemukan/ dibuktikan dari isi dunia yang nyata. Matematika dapat berupa temuan ataupun sesuatu yang nyata dapat berupa buatan manusia (seperti barang/ perangkat buatan manusia) dengan suatu penemuan/ penelitian sesuai dengan teori/ dasar matematika. Matematika mengandung konsep, konsep yang mendasari matematika. Konsep merupakan sesuatu yang mendasar bagi matematika. Matematika ada didalam dunia, dunia nyata namun bersifat abstrak.

    ReplyDelete
  42. Shela nurmanita (08144100089)27 October 2011 at 00:24

    Pernyataan matematika mengayam dunia itu menurut saya benar karena tidak ada satupun yang luput dari kehidupan di dunia ini yang tidak berhubungan dengan matematika semua dapat di hitung dengan matematika maka dari itu dikatakan matematika mengayam dunia karena mulai dari lingkaran,persegi panjang,elips,tabung,trapezium,balok,x,1(satu),semua itu adalah contoh dari model matematika yang dapat kita temui di dunia.

    ReplyDelete
  43. HENI SULISTIANI (08144100001) mengatakan...

    menurut saya,matematika memang mengunyam dunia,karena didunia ini matematika selalu digunakan,dan sekarang semakin dipercayai bahwa matematika digunakan dalam dunia perindustrian sebagai tolak ukur sebagai alat pencapaian modernisasi.pada dasarnya kita sering memaknai matematika merupakan kumpulan angka-angka ,lambang,nilai.namun ternyata matematika itu selalu bersama kita,ada disekitar kita,karena pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari matematika serng digunakan.

    ReplyDelete
  44. Tusiyamah (08144100059)27 October 2011 at 00:30

    matematika adalah ilmu pasti, ilmu yang sudah benar-benar ada buktinya di kehidupan sehari-hari, sehingga matematika dapat menyelesaikan masalah kehidupan didunia.
    bukti atau gambaran benda-benda buatan manusia yang ada didunia merupakan salah satu gambaran matematika. semua yang ada didunia pasti mengenal matematika, karena matematika adalah kebutuhan kehidupan.

    ReplyDelete
  45. Risky Yuniastuti A1 (08144100030)

    Matematika timbul karena pikiran-pikiran manusia berhubungan dengan ide dan penalaran. Ide-ide yang dihasilkan oleh pikiran-pikiran manusia itu merupakan sistem-sistem yang bersifat untuk menggambarkan konsep-konsep abstrak, dimana masing-masing sistem bersifat deduktif sehingga berlaku umum dalam menyelesaikan maslah.Matematika berkenaan dengan ide-ide (gagasan-gagasan), struktur-struktur dan hubungan-hubungan yang diatur secara logika sehingga matematika itu berkaitan dengan konsep-konsep abstrak. Suatu kebenaran matematika dikembangkan berdasarkan atas alasan logika yang menggunakan pembuktian deduktif.
    Manfaat dari Matematika itu nsendiri banyak sekali. Contoh sederhana saja, jika kita pergi ke pasar tradisional, banyak pedagang-pedagang yang cepat sekali menghitung seluruh harga barang yang dibeli oleh langganan mereka. Dalam penerbangan, kental sekali dengan Matematika. Di dunia perbankan juga membutuhkan Matematika. Bahan dunia Sastra pun membutuhkan Matematika. Manusia tidak bisa lepas tanpa Matematika. Ibaratnya, Matematika sebagai kata-kata dalam berkomunikasi. Akan tetapi, Matematika juga membutuhkan ilmu pengetahuan yang lain. Matematika sebagai dasar dari ilmu pengetahuan yang lain. Sehingga, mereka saling membutuhkan.
    Dari urian di atas, terlihat jelas Matematika menganyam dunia. Matematika dapat merajut ilmu pengetahuan yang lain menjadi suatu barang bahkan lebih yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia ini. Tanpa Matematika, segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak bisa bersatu, mereka akan tercecer dimana-mana sehingga tidak dapat bermanfaat.

    ReplyDelete
  46. Dala arikel ini di sebutkan bahwa matematika tidak hanya ada dalam ilmu abstrak saja tetapi juga dalam ilmu nyata, karena setiap benda yang ada di dunia ini merupakan simbol atau bagian dari ilu matematika.

    ReplyDelete
  47. kita hidup didunia ini pasti membutuhkan matematika karena setiap hal yang kita kerjakan pasti membutuhkan perhitungan jadi matemtika sangat membantu manusia dalam mengambil tindakan atau keputusan.

    ReplyDelete
  48. ernawan praditia vidia (08144100075)27 October 2011 at 01:15

    Komentar saya tentang Matematika Menganyam Dunia
    Menurut saya matematika sangat erat kaitannya dalam suatu kehidupan. Dalam kehidupan dan dalam semua bentuk benda-benda selalu ada kaitannya dengan matematika. Sebagai contoh dalam kehidupan dalam sebuah rumah banyak terdapat bagian-bagian yang sama dengan apa yang dipelajari dalam matematika. Bentuk-bentuk isi dalam rumah selalu dikaitkan dengan bentuk dalam matematika. Dalam ilmu perdagangan maupun dalam kehidupan sehari-haripun matematika selalu digunakan, sehingga dapat dikatakan bahwa matematika selalu membantu dalam mengisi dunia ini.

    ReplyDelete
  49. Neli Riyanti (08144100086)27 October 2011 at 01:23

    Matematika mengenyam dunia, itu memang benar. Matematika adalah ilmu yang berperan penting dalam kehidupan kita sebagai manusia, Misalnya bentuk-bentuk yang ada di dunia adalah bangun-bangun yang ada dalam matematika. Simbol-simbol dan angka-angka yang ada dalam matematika dapat mempermudah kita untuk menghitung dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi matematika merupakan bagian dari dunia yang sangat penting.

    ReplyDelete
  50. Muhtar Rifai Yazid (08144100092)27 October 2011 at 02:09

    matematika mengenyam dunia, itu memang benar. karena matematika merupakan ilmu yang luas dan segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti berhubungan dengan matematika.

    ReplyDelete
  51. dunia adalah suatu tempat yang mencakup berbagai macap bentuk dan rupa. seperti halnya matematika. matematika adalah suatu ilmu yang mencakup banyak hal, diantaranya ada lingkaran, ellips, persegi panjang, tabung, trapesium, balok, simbol-simbol, dan bilangan.

    ReplyDelete
  52. Sri Lestari (08144100114)27 October 2011 at 03:16

    Memang benar,matematika mengenyam dunia, meskipun sebagian orang mengatakan bahwa matematika itu sulit tetapi di setiap kehidupan, kita tidak bisa terlepas dari matematika, semua yang kita temui di dunia ini tanpa kita sadari merupakan bagian dari matematika. Dimana ada kehidupan disitulah ada matematika

    ReplyDelete
  53. Sri Wiyati (08144100008)27 October 2011 at 03:22

    Matematika bukanlah ilmu yang hanya selebar daun kelor, tetapi matematika merupakan ilmu yang sangat luas bahkan tidak ada batasannya. Bahkan didalam kehidupan nyatapun segala sesuatu pasti berhubungan dengan ilmu matematika...

    ReplyDelete
  54. Frendy Try Andyasmoko (08144100041)27 October 2011 at 03:30

    Matematika merupakan ilmu yang sangat luas, sedangkan Objek matematika ada di dunia nyata maka segala sesuatu yang berada di dunia berhubungan dengan ilmu matematika..

    ReplyDelete
  55. PUSPITASARI WAHYUNINGSIH 08144130121
    Pada kenyataannya matematika tidak pernah terpisahkan dari segalaa kegiatan manusia. Coba saja, ketika kita membicarakan tentang suatu rencana kerja pasti kita akan memperhitungkan waktu, tenaga, keuntungan secara matematika. Ketika kita kita mengajar juga kita memperhitungkan berapa banyak materi, berapa waktu dibutuhkan dan sebagainya juga secara matematika. Jadi intinya matematika adalah sumber ilmu dan sumber hidup.

    ReplyDelete
  56. RIASTUTI (08144100029) A127 October 2011 at 03:51

    Matematika adalah unsur-unsur dari dunia. Ilmu yang merangkai tiap-tiap sudut dari dunia. Cabang-cabang ilmu matematika adalah bagian dari dunia. Dunia dirajut dari bagian-bagian matematika. Isinyapun merupakan bagian dari matematika. Jadi ilmu matematika sebenarnya adalah semua yang ada didunia ini baik yang menyusun dunia maupun yang ada didalamnya. Jadi jika kita sering menganggap bahwa matematika adalah ilmu yang sulit itu salah karana semu yang kita pelajari dalam matematika ada dalam lingkungan kita ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  57. srisulastriningsih (08144100032)27 October 2011 at 04:21

    ilmu yang mengisi dunia ini adalah matematika.
    karena matematika adalah sumber ilmu dari berbagai ilmu. matematika menganyam dunia, memperindah dunia, dan membuat dunia jadi berwarna.

    ReplyDelete
  58. sri rahayu (08144100050)
    benar sekali bahwa matematika bisa menganyam dunia, karena dalam isi dunia merupakan bagian dari ilmu matematika misalnya bangun ruang dan lain-lain. contihnya sudah jelas pada lingkaran, persegi panjang, elips, tabung, trapesium, balok, lambang cari x dan angka 1 yang merupakan kelipatan dari angkan yang selanjutnya.

    ReplyDelete
  59. Dalam kehidupan sehari-hari tanpa sadar kita telah berhubungan dengan ilmu matematika, maka dapat disimpulkan bahwa matematika selalu ada disekitar kita mulai dari kita masih kecil sampai dewasa

    ReplyDelete
  60. Sejenak menyadarkan diri ini, begitu bermanfaatnya ilmu matematika. Karenanya tidaklah sia-sia kita berjuang keras menuntut ilmu matematika. Bisa berbagi ilmu buat generasi penerus.
    terimakasih untuk mr/mrs matematika yang telah menularkan ilmunya kepada kita.

    ReplyDelete
  61. Retno Fitri Nugrahaningsih27 October 2011 at 05:11

    Matematika mengenyam dunia itu memang benar, karena sebagian besar yang ada didunia ini bersumber dari matematika.

    ReplyDelete
  62. Adi Kiswantoro/10144100096 III/A327 October 2011 at 05:43

    Benar adanya kalau dunia ini tidak bisa dipisahkan dari yang namanya MATEMATIKA.Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti ada unsur matematika. Menjadikan tugas kita untuk membuat setiap orang terbiasa, dekat dan bahkan menyukai matematika. Karena sebenarnya matematika itu menyenangkan...

    ReplyDelete
  63. Matematika menganyam dunia
    Menurut saya hal tersebut benar
    Semua yang terkandung di dalam matematika sebagai penyusun dari dunia
    Semuanya ada di dunia, dengan ke Agungan Sang Pencipta yang menjadikan semua symbol suatu bentuk yang memiliki makna dan maksud tertentu.
    Semuanya dibentuk sedemikian rupa untuk mempermudah manusia dalam menggunakannya

    ReplyDelete
  64. wow....
    matematika menganyam dunia. tp memang begitu adanya. semua hal didunia ini tidak terlepas dari yang namanya matematika. so,,, matematika is very important.

    ReplyDelete
  65. ini terbukti bahwa Matematika adalah ratu dan pelayan ilmu pengetahuan di dunia ini.
    aku sangat menyukai artikel ini tentang "Matematika Menganyam Dunia".
    banggalah dengan matematika, karena matematika adalah sumber dari ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  66. FUATMAN smt3/a3 10144100090
    Matematika..,suatu ilmu pasty.,dengan dunia dunia yang tercakup didalamnya.. banyak bagian dri dunia ini yang berhubungan dengan matematika., berbanggalah kita dalam mempelajari matematika..yang bukan suatu momok yang menakutkan lagi..,

    ReplyDelete
  67. MATEMATIKA.......
    itulah buktinya matematika itu ada dimana-mana dan berfungsi dimana-mana..... Matematika ,. Kapan aku bisa menguasainya????? Kapan aku bisa menggunakany????
    KAPAN??? KAPAN????
    Ya......
    MULAI KEMARIN,.. SEKARANG,... DAN AKAN DATANG,...
    SAYA AKAN SELALU MENCARI TAHU TENTANG MATEMATIKA???
    SEOLAH DUNIA YANG MENCARI TAHU ISINYA?
    SEPERTI ITULAH SAYA MENCARI TAHU MATEMATIKA????

    ReplyDelete
  68. MATEMATIKA.......
    itulah buktinya matematika itu ada dimana-mana dan berfungsi dimana-mana..... Matematika ,. Kapan aku bisa menguasainya????? Kapan aku bisa menggunakany????
    KAPAN??? KAPAN????
    Ya......
    MULAI KEMARIN,.. SEKARANG,... DAN AKAN DATANG,...
    SAYA AKAN SELALU MENCARI TAHU TENTANG MATEMATIKA???
    SEOLAH DUNIA YANG MENCARI TAHU ISINYA?
    SEPERTI ITULAH SAYA MENCARI TAHU MATEMATIKA????
    SUTRI PANJI KURNIAWAN (08144100095)

    ReplyDelete
  69. Eka Juliani (08144100091)
    Matematika,Sesuatu di dunia ini tidak lepas dari sebuah perhitungan,Itulah kenapa di dunia ini tidak bisa terlepas dengan matematika.

    ReplyDelete
  70. Husein Ardiyanto smt3A3/1014410010727 October 2011 at 16:25

    Benar adanya kalau dunia ini tidak bisa dipisahkan dari yang namanya MATEMATIKA.Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti ada unsur matematika. Menjadikan tugas kita untuk membuat setiap orang terbiasa, dekat dan bahkan menyukai matematika. Karena sebenarnya matematika itu menyenangkan...

    ReplyDelete
  71. SUSI SATRIATMI 08144100060
    A2

    Matematika
    Suatu mata pelajaran yang sejak awal dipelajari hampir mungkin sejak seseorang mampu berkata.
    Matematika ada, berfungsi dan bermanfaat dalam kehidupan sehari hari.
    Intinya matematika merupakan bagian tersendiri dalam kehidupan dan tidak kita sadari bahwa sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  72. fitriana (08144100064)29 October 2011 at 03:22

    Artikel “ matematika mengayam dunia” mengatakan matematika itu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita. Misalnya saja ada lingkaran, bola, kubus dan lain-lain , masing-masing tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. Maka dari itu jangan pernah kita menggap remeh matematika, dengan adanya tabung kita bisa membuat yang nama tangki. Dengan adanya kubus kita bisa membuat bak mandi, dengan adanya lingkaran kita bisa membuat roda. Dan sebagainya.

    ReplyDelete
  73. matematika mengayam dunia”
    ayaman matematika memberikan keindahan dunia jika manusia memgunakannya dengan benar.
    segala bangun ruang memiliki deminsi sendiri sehingga ayaman itu menjadi benar. tingkatkan ayaman agar dunia semakin nyaman.
    oleh:
    nikodemus 08144100014

    ReplyDelete
  74. terimakasih atas komentar yang diberikan pada tulisan ini, saya sudah baca setiap komen yang bermaam-macam. Itulah filsafat anda. Penilaian saya lakukan dari sisi filsafat dan attitude termasuk kedisiplinan waktu dalam menulis komentar. Terimakasih

    ReplyDelete
  75. MATEMATIKA MENGANYAM DUNIA
    Semua yang ada, yang memang dibuat di dunia ini tanpa disadari semua menggunakan prinsip, unsur, dasar ilmu dari matematika. Lihat saja yang ada di sekitar kita tak ada satupun benda yang tidak lepas dari dasar ilmu matematika. Misal saja ban sepeda, dia berbentuk lingkaran dimana lingkaran merupakan cabang ilmu matematika. Jika kita melihat meja, lemari, pintu semua berbentuk persegi panjang. Segala hal dalam matematika dapat diterapkan dalam kehidupan kita, membuat matematika itu tidak mati tetapi hidup dan memang ada kongkrit. Hingga lambang-lambang yang ada dalam matematikapun dapat digunakan dalam kehidupan. Semua hal tentang matematika bisa menganyam dunia, melengkapi, menghiasinya.
    Ria Setyawati (09144100107 / 7.A2)

    ReplyDelete
  76. Matematika Menganyam Dunia
    Menurut saya, dunia bukanlah hanya segala sesuatu yang berwujud benda-benda. Dunia adalah segala sesuatu yang dapat manusia pikirkan. Seperti halnya benda-benda yang ada di dunia ini, benda-benda tersebut dapat dipikirkan oleh manusia. Tetapi bukan hanya benda-benda, segala sesuatu yang bersifat bukan benda juga merupakan pembentuk dunia. Dan memanglah benar bahwa unsur-unsur di dunia ini menggunakan prinsip matematika. Karena menurut saya matematika ada karena adanya dunia. Maka jelaslah bahwa semua unsur atau prinsip di matematika adalah merupakan unsur-unsur pembentuk dunia. Sebaliknya unsur-unsur pembentuk dunia adalah menggunakan prinsip-prinsip yang ada dalam matematika. Dunia akan selalu mempengaruhi matematika, dan matematika akan senantiasa mempengaruhi dunia. Dunia dan matematika adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, tidak akan bisa berdiri sendiri. Jadi menurut saya matematika menganyam dunia, tetapi dunia juga menganyam matematika. Matematika dan dunia adalah hubungan yang bersifat jika dan hanya jika, atau matematika menyebutnya biimplikasi.

    ReplyDelete