matematika memang bisa dikatakan sebagai ilmu juga bisa dikatakan buka sebagai ilmu. Matematika dikatakan ilmu jika dia dibangun berdasarkan pemikiran. Jika Imanuel Kant mengatakan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik apriori pada prinsipnya sintetik apriori itu didapatkan dengan melalui tiga tahap; tahap indrawi, akal budi, dan tahap rasional. Pada tahap rasional pengetahuan yang telah diperoleh dalam bidang akal dikatakan sebagai putusan sintetik apriori sedangkan akal diperoleh melalui bidang indrawi. Secara singkat tugas akal yaitu untuk memikirkan apa yang ditangkap oleh indrawi sedangkan apa yang ditangkap oleh indrawi tersebut adalah sebuah materi. Jadi, matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika materi yang ada bisa digunakan sebagai bahan untuk berfikir.
Nama : Eko Purwanti Kelas : VII A2 NPM : 09144100057
Assalamu'allaikum Wr. Wb. Matematika dikatakan ilmu jika pengetahuan yang didapatkan melekat pada matematika itu sendiri, sehingga unsur-unsur matematika itu melekat pada pengetahuan itu sendiri. jika saya boleh menyimpulakan saya lebih berpendapat bahwa matematika itu akan dikatakan sebagai ilmu jika dapat diterapkan dalam bahasa dan kehidupan sehari-hari, itulah ilmu matematika yang sebenarnya. Wassalamu'allaikum Wr. Wb
Menurut saya matematika adalah sebuah ilmu, karena dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyelesaikan dan memecahkan masalah yang ada kaitannya dengan ilmu matematika. Dan ilmu matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Sebagai contoh dalam teorema phytagoras yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ketika seseorang akan melewati lapangan sepak bola dengan jalan yang cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama.
Nama : Retno Wahyudi Npm : 09144100066 Kelas : VII A2
Menurut sata matematika dapat sebagai ilmu tetapi matematika juga bisa berubah menjadi bukan ilmu. Matematika sebagi ilmu jika dibangun pada dimensi ruang dan waktu. Akan tetapi saya masih bingung kenapa matematika bisa berubah menjadi bukan ilmu? Mohon dijelaskan lebih detailnya agar mudah dipahami Pak. Terima kasih...
Nama : Dyah Oktariana NPM : 09144100101 Kelas : VII A3 Menurut pendapat saya tentang elegi diatas yaitu menurut Kant, Pure Logic belumlah merupakan Ilmu. Karena Pure Logic bukan sebagai Ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang KONSISTENSI yang ada pada dirinya. Dari kedua pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa matematika belum merupakan ilmu.
Nurreta Eka Mawarsari (09144100058 / VII-A2) matematika bisa menjadi ilmu tetapi bisa tidak ?!!! menurut saya matematika itu adalah ilmu.. sebuah ilmu yang bisa diterapkan setiap saat dalam kehidupan sehari-hari.. itulah ilmu.
Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Hakekat Intuisi adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya disimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI". jadi matematika belum dikatakan ilmu jika dia belum bisa memberikan informasi apapun kecuali tentang konsistensi yang ada pada matematika itu sediri.
matematika disebut ilmu jika dia dibangun dalam ruang dan waktu. maka matematika akan menjadi sebuah pengetahuan yang kebenarannya diketahui hubungannya dengan intuisi dan cara memperoleh pengetahuanya tanpa memerlukan keahlian khusus.
Nama : Ruri Latifah Kelas : 7A1 npm : 09144100104 menurut saya matematika adalah sebuah ilmu, karena matematika sering dgunakan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, tadi di dalam artikel disebutkan matematika disebut ilmu jika dibangun dalam ruang dan waktu, jadi yg dimaksud ruang dan waktu disini menurut saya "kehidupan sehari-hari"
Nama : Anis Hidayatun NPM : 09144100068 Kelas : VII A2
Setiap ilmu membutuhkan ruang dan waktu yang tepat agar ilmu itu benar-benar menjadi ilmu. Tidak hanya ilmu matematika, tetapi itu berlaku pada setiap ilmu kecuali ilmu yang Maha Kuasa yang tidak terbatas ruang dan waktu. Kaitannya dengan matematika, matematika merupakan sesuatu yang dibangun atas dasar pengalaman manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Nama : Sri Mustofiati NPM : 10144100091 Kelas: VII/A4
matematika jika dibangun atas kerangka ruang dan waktu maka itulah matematika sebagai ilmu. sedangkan matematika yang saya pelajari dan matematika yang ada di sekolah adalah matematika yang tidak memperdulikan ruang dan waktu.
Nama : Yuliana Astiti Mega Putri NPM : 10144100104 Kelas: VII/A4
matematika bisa menjadi sebuah ilmu, bisa juga bukan sebuah ilmu, dari elegi ini saya mengetahui bahwa untuk menjadikan mateamtika suatu ilmu, maka matematika harus dibangun dalam kerangka ruang dan waktu.
Nama :Eny Windarsih NPM : 09144100053 Kelas : VII A2
"matematika bisa menjadi ilmu, tetapi juga bukan ilmu",,, matematika menjadi sebuah ilmu apabila dibangun dalam kerangka ruang dan waktu,,, nah, lalu kenapa matematika dapat juga disebut bukan ilmu,,,,??? tolong penjelasannya,,,
Nama : Siti Muflikhatun NPM : 09144100127 Kelas: VII A3
Dalam elegi ini di jelaskan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori, ilmu itu bermuladari sekedar tahu aja dilakukan observasi lebih lanjut baru berupa pengetahuan dikembangkan lagi baru berupa ilmu, kebenaran matematika hanya berupa simbol saja. Mulai dari filsafat, memang itulah filsafat, butuh ilmu untuk mencari ilmu, termasuk butuh hidayah untuk mencari hidayah.... filsafat berperan untuk mengurai suatu ilmu untuk menuju ilmu yang baru... dan pada titik puncaknya seharusnya kita menggunakan penguraian tersebut untuk menuju yang absolut, yang maha absolut kebenarannya yaitu Tuhan. Kebenaran matematika hanyalah berupa simbol, dan pada kenyataannya memang seperti itu karena menurut para idealis logisis matematika terlepas dari ruang dan waktu...... berbeda lagi jika yang mengatakan adalah realis....... maka tugas kita sebagai pendidik haruslah menempatkan matematika dalam posisi yang pas, apa lagi sekarang pendekatan pendidikan kita digadang-gadang akan menuju pendekatan yang konstruktifisme yang konstektual, so, pendidik ada baiknya mengikuti yang dikatakan dalam elegi ini " Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu".... agar pembangunan konsep matematika untuk tingkat sekolah menengah tidaklah menjadi sesuatu yang abstrak saja, tetapi terasa.
Matematika dapat menjdi sebuah ilmu jika matematika itu bersifat sintetik apriori, jika di bangun dalam kerangka ruang dan waktu. matematika bermula dari sebuah informasi yang kemudian dilakukan penelitian lebih lanjut menjadi sebuah pengetahuan dan berkembang menjadi sebuah ilmu. serta haruslah di bangun dalam kerangka ruang dan waktu agar matematika itu menjadi jelas, menjadi lebih dapat di terima, di pelajri serta dipahami tidak abstrak.
ELEGI PEMBERONTAKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. Saya masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan Matematika dapat sebagai ilmu jika dibangun oleh intuisi ruang dan waktu. Apakah ini artinya matematika itu ilmu yang selalu berkembang sesuai dengan perkembangan ruang dan waktu pak?
NAMA : NUR KHANIFAH KELAS: A4/VII NPM : 10144100150
Sampai sekarang banyak orang yang masih memperdebatkan apakah matematika itu sebagai ilmu atau tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas intuisi. Hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebagai seorang calon pendidik tugas kitalah bagaimana kita bisa menempatkan matematika yang dibangun di dalam kerangka ruang dan waktu. Salah satu cara yaitu dengan mengaitkan matematika dalam dunia nyata sehingga matematika akan lebih bisa terlihat secra nyata dan bukan merupakan ilmu yang abstrak. Jika hal itu dapat terwujud maka tidak akan muncul istilah bahwa matematika itu sulit dan tidak dapat terpecahkan.
matematika bisa menjadi sebuah ilmu, bisa juga bukan sebuah ilmu. untuk menjadikan matematika itu sebuah ilmu, maka matematika harus dibangun dalam kerangka ruang dan waktu. Yang dimaksud ruang dan waktu disini menurut saya adalah kehidupan sehari-hari, jadi cara menjadikan matematika itu menjadi sebuah ilmu yaitu dengan mengaplikasikan matematika dalam dunia yang nyata.
NAMA : NUNUNG RAHMANTO NPM :09144100052/7A2 terlepas dari banyak materi matematika yang sampai sekarang ini saya belum tahu aplikasinya dalam kehidupan sehari2, namun menurut saya tidak sedikit pula materi matematika yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari2, jadi menurut saya matematika adalah sebuah ilmu.
Nama : Ristalina Rarasanti Kelas : A4 NPM: 10144100209
Matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika matematika itu bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata atau bisa dikatakan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga matematika itu menjadi lebih jelas dan tidak abstrak.
Nama : Ristalina Rarasanti Kelas : A4 NPM: 10144100209
Matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika matematika itu bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata atau bisa dikatakan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga matematika itu menjadi lebih jelas dan tidak abstrak.
NAMA :KUMOLOWATI HARIMURTI NPM :10144100235 KELAS:A4 Menurut saya matematika itu bisa dikatakan sebagai ilmu jika dibangun di atas intuisi yaitu dibangun Ruang dan Waktu, artinya kita harus dapat menerapkan ilmu matematika itu dalam kehidupan sehari-hari. Jadi matematika dapat dikatakan sebagai ilmu.
matematika memang seharusnya dibangun dalam intuisi ruang dan waktu agar menjadi sebuah ilmu, entah dengan konsep yang bersifat sintetik a priori atau dengan konsep yang mengarah pada pendekatan kontekstual. Masing-masing konsep yang dibangun menurut saya akan menjadikan matematika menjadi sebuah ilmu yang praktis bagi penggunanya, sesuai dengan konsep yang menurut mereka tepat dibangun untuk membuat matematika menjadi sebuah ilmu.
Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Selain itu "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI". Berdasarkan pernyataan tersebut saya berpendapat matematika merupakan sebuah ilmu karena materi matematika dapat diaplikasikan dalam kehidupan
Nama : Arinta Ghifar Akbari Npm. : 10144100194 Kelas : A4
Matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Dalam elegi ini (Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?) di jelaskan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori dan jika berada diatas intuisi matematika. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
Matematika adalah ilmu yang dibangun dalam kerangka ruang dan waktu. Saya masih belum mengerti maksud dari pernyataan tersebut, mohon dijelaskan. Tetapi menurut saya, matematika itu merupakan ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata, dan biasanya dituliskan secara symbolis.
Dalam artikel tersebut, terdapat pernyataan menurut Kant yang mengatakan bahwa,matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Saya masih kurang jelas dengan pernyataan tersebut. Mengapa matematika akan menjadi ilmu jika dibangun dalam kerangka ruang dan waktu? Apakah ilmu matematika bersifat terbatas? Bukankah matematika itu bersifat luas ? maaf pak, atas ketebatasan pengetahuan dan pemahaman saya. Terimakasih.
Nama : Fitriana Purnamasari NPM : 09144100086 Kelas : VII A2
Assalamu'alaikum wr wb Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
MasBied.com Muhammad Zainal Abidin Personal Site Konsep dalam matematika sangat abstrak. Sebagai contoh konsep lingkaran yang didefinisikan sebagai himpunan semua titik yang berjarak sama terhadap titik tertentu. Jadi ketika kita berbicara tentang lingkaran maka gagasan yang terbayang dalam pikiran kita persis sama dengan definisi lingkaran diatas, namun faktanya tidak ada satu benda pun yang persis memenuhi definisi lingkaran. Kita memperagakan lingkaran dengan uang logam atau tutup kaleng sebenarnya itupun bukan lingkaran tetapi hanya menyerupai lingkaran. Jadi konsep lingkaran dengan benda sebenarnya tidak ada kesesuaian.
Berpedoman pada pendapat Juhaya S. Praja pada bagian A di atas bahwa ilmu itu mempunyai kriteria antara lain adanya kesesuaian antara konsep dengan benda sebenaranya. Sementara pada matematika antara konsep dan benda sebenarnya tidak ada kesesuaian. Dengan demikian disimpulkan bahwa matematika bukan merupakan ilmu. Terima Kasih
NAMA : MOCHAMAD SACHIRUDIN NPM: 09144100038 KELAS : 7A1
Matematika dapat dipandang sebagai ilmu sekaligus bukan sebagai ilmu. matematika dapat dikatakan sebagai ilmu jika berada diatas intuisi matematika. hakekat intuisi itu sendiri adalah kesadaran terhadap ruang dan waktu. konsep matematika yang digunakan saat ini kebanyakan adalah konsep yang mutlak, dimana terbebas dari ruang dan waktu. dan matematika yang kita pelajari selama ini adalah pure logic yang menurut Khan bukan merupakan ilmu.
Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun diatas intuisi. Arti intuisi yang dimaksud bukanlah kemampuan untuk mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari atau bisikan hati, tetapi intuisi menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika adalah ilmu jika dibangun diatas ruang dan waktu tetapi tidak bisa hanya ruang atau waktu saja. Kenapa demikian??? karena ada kata "dan" sehingga tidak boleh hanya salah satu.
Menurut saya bila matematika dipandang sebagai ilmu maka harus dipandang secara empiris yaitu bergantung pada bukti atau konsekuensi yang teramati oleh indera. Data empiris berarti data yang dihasilkan dari percobaan atau pengamatan.
"Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI". Pandangan tersebut menyatakan bahwa matematika dibangun melalui intuisi dan logika.
Nama : Siswantini NPM : 09144100117/ VII A3 Menurut pendapat saya setelah membaca dan memahami “elegi pemberontakan pendidikan matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?”. Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di atas intuisi dan matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di dalam kerangka ruang dan waktu.
Matematika akan menjadi ilmu jika dia dibangun di dalam kerangka ruang dan waktu. Matematika dianggap sebagai ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang konstitensi yang ada pada dirinya.
Matematika akan menjadi ilmu yang berguna jika dia dibangun di atas institusi, sehingga matematika akan menjadi ilmu jika dia bersifat sintetik apriori.
Nama : Eka Prasetyawati NPM : 09144100109 Kelas :VII/A3
Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di dalam ruang dan waktu, sehingga dapat disimpulkan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori.
Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
nama: Endah Sri Setyaningsih kelas:7A4 NPM: 091441001514
Matematika sebagai Ilmu maka harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
nama :rizqi kurnia W kelas : 7A4 NPM : 09144100150
matematika merupakan suatu ilmu jika di dalamnya dibangun intuisi ruang dan waktu, maka Kant menyimpulkan bahwa " Matematika akan menjadi ilmu jika dia bersifat SINTETIK APRIORI"
Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
Nama : Rina Parwitasari NPM : 09144100037 kelas : 7 A1
Nama : Tri Wijiningsih NPM : 09144100120 Kelas: VII A3 Menurut pendapat saya, matematika itu adalah sebuah ilmu yaitu sebuah ilmu yang dapat menggambarkan simpulan-simpulan yang penting dan saat ini matematika juga digunakan diseluruh dunia sebagai alat penting diberbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran, ilmu sosial dan banyak bidang lainnya. Maka dari itu bahwa matematika adalah Ilmu.
Menurut saya matematika itu adalah ilmu, yaitu ilmu pasti. Ilmu yang tidak dapat diperkirakan hasilnya. Sebagai contoh 1+1= 2, tidak boleh ditulis kira-kira 2.
Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6 : “Apakah Matematika itu ilmu?”
Setelah membaca elegi di atas pada intinya matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak, matematika bisa menjadi ilmu apabila matematika bersifat sintetik apriori.
Nama : Marisa nussliyanti Npm : 0914410074 Kelas: 7 A2 MATEMATIKA ADALAH ILMU JIKA di bersifat sintesit apriori yang yang dibagun atas “instusi dan logika”
Nama: Dede Rostianah Kelas : A4 NPM: 10144100193 saya masih bingung, dengan pernyataan "Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak". mohon untuk dijelaskan ya pak, terima kasih sebelumnya.
nama: endang lestari kelas: VII A2 npm: 09144100076
matematika merupakan ibu dari semua ilmu dimana matematika berasal dari bahasa latin yaitu manthanein atau mathema yang artinya belajar atau hal yang dipelajari,,yang mana matematika merupakan ilmu pasti..
matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. hal ini menjadi daya tarik yang bisa kita jadikan sebagai pemicu kreatifitas sebagai seorang pendidik. dengan keunikan sifat yang dimiliki oleh matematika, tidaklah menutup keungkinan bahwa akan muncul banyak diskusi menarik tentang matematika. sudah saatnya kita sadari bahwa hal yang dekat sekali dengan kita justru kadang terabaikan begitu saja. inilah kita, calon tenaga kependidikan..
nama : rini harti nim : 09144100149 kelas : a4 / 7
matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
Ilmu terbentuk karena manusia selalu berusaha berfikir lebih jauh tentang pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu itu dilakukan dan digunakan secara berulang-ulang oleh manusia sesuai dengan tempat, waktu dan kebutuhannya.
Ilmu terbentuk karena manusia selalu berusaha berfikir lebih jauh tentang pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu itu dilakukan dan digunakan secara berulang-ulang oleh manusia sesuai dengan tempat, waktu dan kebutuhannya. Ilmun adalah jawaban dari pertanyaan. Dan ilmu akan berkemabang bahkan akan mengalami perubahan karena adanya"proses pencarian" oleh manusia.
Nama : Hanik Setiyaningsih NPM : 10144100023 Kelas : A1
Matematika berasal dari bahasa Yunani yang memiliki pengertian sebagai studi dbesaran, struktur, ruang, dan perubahan. Konsep dalam matematika sangat abstrak. Menurut Juhaya S. bahwa ilmu itu mempunyai kriteria antara lain adanya kesesuaian antara konsep dengan benda sebenaranya. Sementara pada matematika antara konsep dan benda sebenarnya tidak ada kesesuaian. Dengan demikian disimpulkan bahwa matematika bukan merupakan ilmu. Pendidikan matematika dapat diartikan sebagai usaha sadar atau terencana dari pendidik untuk memberi pengalaman atau pemahaman kepada anak didik tentang obyek-obyek matematika. Obyek matematika antara lain konsep, fakta, dan prinsip. Berdasarkan definisi di atas dapat dikatakan bahwa agar anak didik mengalami peningkatan pemahaman tentang obyek-obyek matematika maka oleh pendidik mutlak membutuhkan suatu ilmu, yaitu ilmu pendidikan matematika. Dengan demikian pendidikan matematika merupakan ilmu.
Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun dalam intuisi. Sedangkan Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Matematika kan menjadi ilmu apabila ia dipelajari berulang-ulanng kapan saja dan dimana saja. Jadi ilmu itu tidak berbatas hanya dengan materi namun juga dalam keadaan apapun.
Saya mengambil kalimat dari alegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu: Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk bertanya, apa yang bisa membuat matematika itu bukan suatu ilmu.
Saya mengambil kalimat dari alegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu: Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk bertanya, apa yang bisa membuat matematika itu bukan suatu ilmu.
Saya mengambil kalimat dari alegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu: Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk bertanya, apa yang bisa membuat matematika itu bukan suatu ilmu.
Matematika akan menjadi ilmu jika konsep matematika dibangun dalam intuisi ruang dan waktu. Bangunan konsep matematika berdasarkan intuisi ruang dan waktu akan menghasilkan matematika sebagai ilmu yang bersifat sintetik a priori. Menurut Kant, ilmu pengetahuan mengandung tanggapan-tanggapan yang memberi pengetahuan baru, artinya mengandung tanggapan-tanggapan sintetik. Tetapi ilmu pengetahuan juga mengandung tanggapan-tanggapan yang bersifat umum, artinya mengandung tanggapan-tanggapan a priori. Tanggapan-tanggapan a posteriori sesungguhnya tergantung pada pengalaman yang senantiasa berubah-ubah, karena itu tidak mungkin bersifat umum, sehingga dapat disimpulkan tanggapan-tanggapan sintetik a priori merupakan syarat untuk adanya ilmu pengetahuan.
Nama : Tutut Sulistyo Putri kelas : A4 NPM : 09144100148
kata kant : Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Kata ku: Matematika adalah sebuah ilmu ketika kita membutuhkan matematika itu sendiri.. yang bisa diterapkan dalam kehidupan.
Matematika bisa menjadi ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Saya sangat setuju dengan kata-kata ini. Menurut saya matematika akan menjadi sebuah ilmu ketika berguna dan diterapkan dalam kehidupan kita. Jika dia hanya sebuah pengetahuan yang tidak digunakan atau diterapkan dia bukan merupakan ilmu.
saya sangat setuju dengan pendapat kant. saya suka dengan pendapatnya yang mengatakan Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
Nama : Ari Dwi Astuti Kelas : A3 NPM : 09144100106
matematika bisa dikatakan ilmu atau tidak tergntung sudut pandang masing-masing filsafawan melihatnya, menurut kant matematika akan menjadi ilmu jika dia dibangun diatas intuisi.Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI". jadi kemungkinan menurut kant bahwa matematika adalah ilmu
Nama : Astri Ayomi Kelas : A3 NPM : 10144100114 menurut saya matematika adalah ilmu yang dibangun diatas ruang dan waktu tetapi tidak bisa hanya ruang atau waktu saja. Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
Chatarina Sinta Krisnawati 09144100063 7A2 matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak, ini merupakan salah satu kalimat yang bisa benar-benar kita cari kebenarannya
Margaretha Retno Anggraeni 09144100028 7A1 Matematika menurut saya adalah Ilmu, karena matematika ilmu yang dapat kita pelajari dan juga ilmu yang sudah kita kenal tanpa proses belajar, karena dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari ilmu matematika.
Nama : Hanif Nurhalimah NPM : 10144100122 Kelas: A4-VII Matematika dapat disebut ilmu namun juga dapat disebut bukan ilmu. Matematika disebut ilmu jika ia dibangun di atas intuisi. Artinya, matematika akan menjadi ilmu jika ia di bangun di dalam kerangka ruang dan waktu. Ini berarti bahwa matematika dapat dikatakan sebagai ilmu jika ia bersifat sintetik a priori. Itulah yang dapat saya serap dari artikel "Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?" tulisan dari Dr Marsigit,MA yang saya baca ini. terimakasih. :)
Nama : Novika Ratna Nuriani NPM : 09144100026 Semester : VII A1
Dari pernyataan Immanuel Kant di atas dapat disimpulkan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik apriori. Sintetik apriori terjadi saat konsep-konsep itu diterapkan untuk masalah yang sesuai dengan ruang dan waktunya seorang pengguna matematika. Jika kita hanya memandang matematika hanya sebagai ilmu yang menggunakan penalaran tanpa pengalaman maka kita kan menciptakan jurang pemisah antara matematika dan kehidupan kita.
Matematika bisa menjadi sebuah ilmu, bisa juga bukan sebuah ilmu. untuk menjadikan matematika itu sebuah ilmu, maka matematika harus dibangun dalam kerangka ruang dan waktu. Yang dimaksud ruang dan waktu disini menurut saya adalah kehidupan sehari-hari, jadi cara menjadikan matematika itu menjadi sebuah ilmu yaitu dengan mengaplikasikan matematika dalam dunia yang nyata.
nama : Dwi Lestari npm : 10144100215 kelas : A4/VII Menurut saya matematika adalah ilmu. Karena ilmu adalah hal yang dapat bermanfaat. Dan matematika bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berkaitan dengan matematika.
Nama : Chusniatun NPM : 09144100014 Semester/Kelas : VII/A1
Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI dan matematika bukan sebagai Ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang KONSISTENSI yang ada pada dirinya
Nama: Esi Nofi Rahmawati NPM : 09144100017 Kls : VII A1 matematika adalah ibunya semua ilmu-ilmu karena ILMU MATEMATIKA selalu ada di kehidupan sehari-hari dari kita lahir hingga mati ilmu matematika selalu digunakan..
SITI ZAHIROTUSSADIYAH 09144100088 7A2 Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Itu berarti matematika terikat pada semestanya dan selalu berkembang.
Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di atas INTUISI, sedangkan hakekat intuisi itu adalah ruang dan waktu. Jadi matematika akan menjadi ilmu jika dibangun dengan kerangka ruang dan waktu.
Nama :Susiati
ReplyDeleteNpm :09144100021
Kelas :7a1
Menurut saya matematika adalah pengetahuan tetapi setelah diaplikasikan pada kehidupan maka matematika itu adalah ilmu
matematika memang bisa dikatakan sebagai ilmu juga bisa dikatakan buka sebagai ilmu. Matematika dikatakan ilmu jika dia dibangun berdasarkan pemikiran. Jika Imanuel Kant mengatakan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik apriori pada prinsipnya sintetik apriori itu didapatkan dengan melalui tiga tahap; tahap indrawi, akal budi, dan tahap rasional. Pada tahap rasional pengetahuan yang telah diperoleh dalam bidang akal dikatakan sebagai putusan sintetik apriori sedangkan akal diperoleh melalui bidang indrawi. Secara singkat tugas akal yaitu untuk memikirkan apa yang ditangkap oleh indrawi sedangkan apa yang ditangkap oleh indrawi tersebut adalah sebuah materi. Jadi, matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika materi yang ada bisa digunakan sebagai bahan untuk berfikir.
ReplyDeleteNama : Eko Purwanti
ReplyDeleteKelas : VII A2
NPM : 09144100057
Assalamu'allaikum Wr. Wb.
Matematika dikatakan ilmu jika pengetahuan yang didapatkan melekat pada matematika itu sendiri, sehingga unsur-unsur matematika itu melekat pada pengetahuan itu sendiri. jika saya boleh menyimpulakan saya lebih berpendapat bahwa matematika itu akan dikatakan sebagai ilmu jika dapat diterapkan dalam bahasa dan kehidupan sehari-hari, itulah ilmu matematika yang sebenarnya.
Wassalamu'allaikum Wr. Wb
Nama : Noraini
ReplyDeleteNPM : 09144100048
Kelas : VII A2
Menurut saya matematika adalah sebuah ilmu, karena dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyelesaikan dan memecahkan masalah yang ada kaitannya dengan ilmu matematika. Dan ilmu matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Sebagai contoh dalam teorema phytagoras yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ketika seseorang akan melewati lapangan sepak bola dengan jalan yang cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama.
Nama : Retno Wahyudi
ReplyDeleteNpm : 09144100066
Kelas : VII A2
Menurut sata matematika dapat sebagai ilmu tetapi matematika juga bisa berubah menjadi bukan ilmu. Matematika sebagi ilmu jika dibangun pada dimensi ruang dan waktu. Akan tetapi saya masih bingung kenapa matematika bisa berubah menjadi bukan ilmu? Mohon dijelaskan lebih detailnya agar mudah dipahami Pak. Terima kasih...
Nama : Dyah Oktariana
ReplyDeleteNPM : 09144100101
Kelas : VII A3
Menurut pendapat saya tentang elegi diatas yaitu menurut Kant, Pure Logic belumlah merupakan Ilmu. Karena Pure Logic bukan sebagai Ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang KONSISTENSI yang ada pada dirinya. Dari kedua pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa matematika belum merupakan ilmu.
Nurreta Eka Mawarsari (09144100058 / VII-A2)
ReplyDeletematematika bisa menjadi ilmu tetapi bisa tidak ?!!!
menurut saya matematika itu adalah ilmu.. sebuah ilmu yang bisa diterapkan setiap saat dalam kehidupan sehari-hari.. itulah ilmu.
Nama :Dela indrawati
ReplyDeleteNPM :09144100103
Kelas :7A3
Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Hakekat Intuisi adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya disimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
jadi matematika belum dikatakan ilmu jika dia belum bisa memberikan informasi apapun kecuali tentang konsistensi yang ada pada matematika itu sediri.
Nama : Tri Hartanto
ReplyDeleteNPM : 09144100080
Kelas :7A3
matematika disebut ilmu jika dia dibangun dalam ruang dan waktu. maka matematika akan menjadi sebuah pengetahuan yang kebenarannya diketahui hubungannya dengan intuisi dan cara memperoleh pengetahuanya tanpa memerlukan keahlian khusus.
Nama : Ruri Latifah
ReplyDeleteKelas : 7A1
npm : 09144100104
menurut saya matematika adalah sebuah ilmu, karena matematika sering dgunakan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, tadi di dalam artikel disebutkan matematika disebut ilmu jika dibangun dalam ruang dan waktu, jadi yg dimaksud ruang dan waktu disini menurut saya "kehidupan sehari-hari"
Nama : Anis Hidayatun
ReplyDeleteNPM : 09144100068
Kelas : VII A2
Setiap ilmu membutuhkan ruang dan waktu yang tepat agar ilmu itu benar-benar menjadi ilmu. Tidak hanya ilmu matematika, tetapi itu berlaku pada setiap ilmu kecuali ilmu yang Maha Kuasa yang tidak terbatas ruang dan waktu. Kaitannya dengan matematika, matematika merupakan sesuatu yang dibangun atas dasar pengalaman manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Nama : Sri Mustofiati
ReplyDeleteNPM : 10144100091
Kelas: VII/A4
matematika jika dibangun atas kerangka ruang dan waktu maka itulah matematika sebagai ilmu.
sedangkan matematika yang saya pelajari dan matematika yang ada di sekolah adalah matematika yang tidak memperdulikan ruang dan waktu.
Nama : Yuliana Astiti Mega Putri
ReplyDeleteNPM : 10144100104
Kelas: VII/A4
matematika bisa menjadi sebuah ilmu, bisa juga bukan sebuah ilmu, dari elegi ini saya mengetahui bahwa untuk menjadikan mateamtika suatu ilmu, maka matematika harus dibangun dalam kerangka ruang dan waktu.
Nama :Eny Windarsih
ReplyDeleteNPM : 09144100053
Kelas : VII A2
"matematika bisa menjadi ilmu, tetapi juga bukan ilmu",,,
matematika menjadi sebuah ilmu apabila dibangun dalam kerangka ruang dan waktu,,,
nah, lalu kenapa matematika dapat juga disebut bukan ilmu,,,,???
tolong penjelasannya,,,
Nama : Siti Muflikhatun
ReplyDeleteNPM : 09144100127
Kelas: VII A3
Dalam elegi ini di jelaskan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori, ilmu itu bermuladari sekedar tahu aja dilakukan observasi lebih lanjut baru berupa pengetahuan dikembangkan lagi baru berupa ilmu, kebenaran matematika hanya berupa simbol saja. Mulai dari filsafat, memang itulah filsafat, butuh ilmu untuk mencari ilmu, termasuk butuh hidayah untuk mencari hidayah.... filsafat berperan untuk mengurai suatu ilmu untuk menuju ilmu yang baru... dan pada titik puncaknya seharusnya kita menggunakan penguraian tersebut untuk menuju yang absolut, yang maha absolut kebenarannya yaitu Tuhan. Kebenaran matematika hanyalah berupa simbol, dan pada kenyataannya memang seperti itu karena menurut para idealis logisis matematika terlepas dari ruang dan waktu...... berbeda lagi jika yang mengatakan adalah realis....... maka tugas kita sebagai pendidik haruslah menempatkan matematika dalam posisi yang pas, apa lagi sekarang pendekatan pendidikan kita digadang-gadang akan menuju pendekatan yang konstruktifisme yang konstektual, so, pendidik ada baiknya mengikuti yang dikatakan dalam elegi ini " Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu".... agar pembangunan konsep matematika untuk tingkat sekolah menengah tidaklah menjadi sesuatu yang abstrak saja, tetapi terasa.
nama: heni rokhmawati
ReplyDeletekelas: A4/VII
NPM: 10144100204
Matematika dapat menjdi sebuah ilmu jika matematika itu bersifat sintetik apriori, jika di bangun dalam kerangka ruang dan waktu. matematika bermula dari sebuah informasi yang kemudian dilakukan penelitian lebih lanjut menjadi sebuah pengetahuan dan berkembang menjadi sebuah ilmu. serta haruslah di bangun dalam kerangka ruang dan waktu agar matematika itu menjadi jelas, menjadi lebih dapat di terima, di pelajri serta dipahami tidak abstrak.
Nama : ANDI PURNAMA
ReplyDeleteKelas : 7A2
NPM : 09144100077
ELEGI PEMBERONTAKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA.
Saya masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan Matematika dapat sebagai ilmu jika dibangun oleh intuisi ruang dan waktu. Apakah ini artinya matematika itu ilmu yang selalu berkembang sesuai dengan perkembangan ruang dan waktu pak?
NAMA : NUR KHANIFAH
ReplyDeleteKELAS: A4/VII
NPM : 10144100150
Sampai sekarang banyak orang yang masih memperdebatkan apakah matematika itu sebagai ilmu atau tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas intuisi. Hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebagai seorang calon pendidik tugas kitalah bagaimana kita bisa menempatkan matematika yang dibangun di dalam kerangka ruang dan waktu. Salah satu cara yaitu dengan mengaitkan matematika dalam dunia nyata sehingga matematika akan lebih bisa terlihat secra nyata dan bukan merupakan ilmu yang abstrak. Jika hal itu dapat terwujud maka tidak akan muncul istilah bahwa matematika itu sulit dan tidak dapat terpecahkan.
Nama: Deswa Wiji Rachmawati
ReplyDeleteKelas: VII/A4
NPM: 10144100136
matematika bisa menjadi sebuah ilmu, bisa juga bukan sebuah ilmu. untuk menjadikan matematika itu sebuah ilmu, maka matematika harus dibangun dalam kerangka ruang dan waktu. Yang dimaksud ruang dan waktu disini menurut saya adalah kehidupan sehari-hari, jadi cara menjadikan matematika itu menjadi sebuah ilmu yaitu dengan mengaplikasikan matematika dalam dunia yang nyata.
NAMA : NUNUNG RAHMANTO
ReplyDeleteNPM :09144100052/7A2
terlepas dari banyak materi matematika yang sampai sekarang ini saya belum tahu aplikasinya dalam kehidupan sehari2, namun menurut saya tidak sedikit pula materi matematika yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari2, jadi menurut saya matematika adalah sebuah ilmu.
Nama : Ristalina Rarasanti
ReplyDeleteKelas : A4
NPM: 10144100209
Matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika matematika itu bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata atau bisa dikatakan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga matematika itu menjadi lebih jelas dan tidak abstrak.
Nama : Ristalina Rarasanti
ReplyDeleteKelas : A4
NPM: 10144100209
Matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika matematika itu bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata atau bisa dikatakan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga matematika itu menjadi lebih jelas dan tidak abstrak.
NAMA :KUMOLOWATI HARIMURTI
ReplyDeleteNPM :10144100235
KELAS:A4
Menurut saya matematika itu bisa dikatakan sebagai ilmu jika dibangun di atas intuisi yaitu dibangun Ruang dan Waktu, artinya kita harus dapat menerapkan ilmu matematika itu dalam kehidupan sehari-hari. Jadi matematika dapat dikatakan sebagai ilmu.
MEGA PUSPITA PUTRI
ReplyDelete10144100203
A4
matematika memang seharusnya dibangun dalam intuisi ruang dan waktu agar menjadi sebuah ilmu, entah dengan konsep yang bersifat sintetik a priori atau dengan konsep yang mengarah pada pendekatan kontekstual. Masing-masing konsep yang dibangun menurut saya akan menjadikan matematika menjadi sebuah ilmu yang praktis bagi penggunanya, sesuai dengan konsep yang menurut mereka tepat dibangun untuk membuat matematika menjadi sebuah ilmu.
Jefti Mardayanti
ReplyDelete09144100110
7A3
Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Selain itu "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI". Berdasarkan pernyataan tersebut saya berpendapat matematika merupakan sebuah ilmu karena materi matematika dapat diaplikasikan dalam kehidupan
Nama : Arinta Ghifar Akbari
ReplyDeleteNpm. : 10144100194
Kelas : A4
Matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Dalam elegi ini (Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?) di jelaskan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori dan jika berada diatas intuisi matematika. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
wiwik triwahyuni
ReplyDelete10144100234
a4/5
Matematika adalah ilmu yang dibangun dalam kerangka ruang dan waktu. Saya masih belum mengerti maksud dari pernyataan tersebut, mohon dijelaskan. Tetapi menurut saya, matematika itu merupakan ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata, dan biasanya dituliskan secara symbolis.
Nama : Nevi Ristiana
ReplyDeleteNPM : 10144100222
Kelas : A4
Dalam artikel tersebut, terdapat pernyataan menurut Kant yang mengatakan bahwa,matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
Saya masih kurang jelas dengan pernyataan tersebut. Mengapa matematika akan menjadi ilmu jika dibangun dalam kerangka ruang dan waktu? Apakah ilmu matematika bersifat terbatas? Bukankah matematika itu bersifat luas ? maaf pak, atas ketebatasan pengetahuan dan pemahaman saya. Terimakasih.
Nama : Fitriana Purnamasari
ReplyDeleteNPM : 09144100086
Kelas : VII A2
Assalamu'alaikum wr wb
Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak.
Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
MasBied.com
Muhammad Zainal Abidin Personal Site
Konsep dalam matematika sangat abstrak. Sebagai contoh konsep lingkaran yang didefinisikan sebagai himpunan semua titik yang berjarak sama terhadap titik tertentu. Jadi ketika kita berbicara tentang lingkaran maka gagasan yang terbayang dalam pikiran kita persis sama dengan definisi lingkaran diatas, namun faktanya tidak ada satu benda pun yang persis memenuhi definisi lingkaran. Kita memperagakan lingkaran dengan uang logam atau tutup kaleng sebenarnya itupun bukan lingkaran tetapi hanya menyerupai lingkaran. Jadi konsep lingkaran dengan benda sebenarnya tidak ada kesesuaian.
Berpedoman pada pendapat Juhaya S. Praja pada bagian A di atas bahwa ilmu itu mempunyai kriteria antara lain adanya kesesuaian antara konsep dengan benda sebenaranya. Sementara pada matematika antara konsep dan benda sebenarnya tidak ada kesesuaian. Dengan demikian disimpulkan bahwa matematika bukan merupakan ilmu.
Terima Kasih
NAMA : MOCHAMAD SACHIRUDIN
ReplyDeleteNPM: 09144100038
KELAS : 7A1
Matematika dapat dipandang sebagai ilmu sekaligus bukan sebagai ilmu.
matematika dapat dikatakan sebagai ilmu jika berada diatas intuisi matematika. hakekat intuisi itu sendiri adalah kesadaran terhadap ruang dan waktu.
konsep matematika yang digunakan saat ini kebanyakan adalah konsep yang mutlak, dimana terbebas dari ruang dan waktu. dan matematika yang kita pelajari selama ini adalah pure logic yang menurut Khan bukan merupakan ilmu.
nama: Eni Wulandari
ReplyDeleteNPM: 09144100069
kelas: A2
matematika bisa dikatakan sebagai ilmu jika bersifat SINTETIK A PRIORI dan jika dibangun dalam KERANGKA RUANG DAN WAKTU.
nama : Anis Kristini
ReplyDeleteNPM : 09144100087
Kelas : 7 - A2
matematika itu ilmu atau bukan tergantung dari mana kita memandangnya.
Nama: Rohmat Yuliyanto
ReplyDeleteNPM: 09144100135
Kelas: 7.A4
Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun diatas intuisi. Arti intuisi yang dimaksud bukanlah kemampuan untuk mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari atau bisikan hati, tetapi intuisi menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.
Jadi Matematika adalah ilmu jika dibangun diatas ruang dan waktu tetapi tidak bisa hanya ruang atau waktu saja. Kenapa demikian??? karena ada kata "dan" sehingga tidak boleh hanya salah satu.
Nama:Nessawati Miramar
ReplyDeleteNPM: 10144100001
Kelas A1
Menurut saya bila matematika dipandang sebagai ilmu maka harus dipandang secara empiris yaitu bergantung pada bukti atau konsekuensi yang teramati oleh indera. Data empiris berarti data yang dihasilkan dari percobaan atau pengamatan.
Matematika itu bisa timbul jika di bangun oleh pengelolanya. Seperti penemuan rumus-rumus yang kemudian harus kita kembangkan.
ReplyDeleteNama : Sri Winarni
NPM : 09144100132
kelas : A4
Nama : Mukholis
ReplyDeleteNPM : 09144100138
Kelas: 7A4
"Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
Pandangan tersebut menyatakan bahwa matematika dibangun melalui intuisi dan logika.
Nama : Siswantini
ReplyDeleteNPM : 09144100117/ VII A3
Menurut pendapat saya setelah membaca dan memahami “elegi pemberontakan pendidikan matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?”. Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di atas intuisi dan matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di dalam kerangka ruang dan waktu.
Siti Nur Aenni
ReplyDelete09144100093
VII/A3
Matematika akan menjadi ilmu jika dia dibangun di dalam kerangka ruang dan waktu. Matematika dianggap sebagai ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang konstitensi yang ada pada dirinya.
Fitri Nugraheni
ReplyDelete09144100096
VII/A3
Matematika akan menjadi ilmu yang berguna jika dia dibangun di atas institusi, sehingga matematika akan menjadi ilmu jika dia bersifat sintetik apriori.
Nama : Eka Prasetyawati
ReplyDeleteNPM : 09144100109
Kelas :VII/A3
Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun di dalam ruang dan waktu, sehingga dapat disimpulkan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik a priori.
Matematika akan menjadi ilmu jika dia bersifat sintetik apriori yang di bangun atas intuisi dan logika
ReplyDeleteMei Indah Lestari
09144100049
VII/A2
matematika adalah suatu ilmu jika dilandasi oleh suatu intuisi yang mana dibangun dalam ruang dan waktu.
ReplyDeleteAgus sunaryo
09144100005/7A1
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletenama : puji harso
ReplyDeletekelas : 7A2
npm : 09144100054
Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
ReplyDeletenama: Endah Sri Setyaningsih
kelas:7A4
NPM: 091441001514
Matematika sebagai Ilmu maka harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
nama :rizqi kurnia W
ReplyDeletekelas : 7A4
NPM : 09144100150
matematika merupakan suatu ilmu jika di dalamnya dibangun intuisi ruang dan waktu, maka Kant menyimpulkan bahwa " Matematika akan menjadi ilmu jika dia bersifat SINTETIK APRIORI"
Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
ReplyDeleteNama : Rina Parwitasari
NPM : 09144100037
kelas : 7 A1
Nama : Tri Wijiningsih
ReplyDeleteNPM : 09144100120
Kelas: VII A3
Menurut pendapat saya, matematika itu adalah sebuah ilmu yaitu sebuah ilmu yang dapat menggambarkan simpulan-simpulan yang penting dan saat ini matematika juga digunakan diseluruh dunia sebagai alat penting diberbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran, ilmu sosial dan banyak bidang lainnya.
Maka dari itu bahwa matematika adalah Ilmu.
Menurut saya matematika itu adalah ilmu, yaitu ilmu pasti. Ilmu yang tidak dapat diperkirakan hasilnya. Sebagai contoh 1+1= 2, tidak boleh ditulis kira-kira 2.
ReplyDeleteNama : Siti Muna
NPM : 09144100003
Kelas : VII A1
Nama : Susanti
ReplyDeleteKelas : 7A3
NPM : 09144100091
Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6 : “Apakah Matematika itu ilmu?”
Setelah membaca elegi di atas pada intinya matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak, matematika bisa menjadi ilmu apabila matematika bersifat sintetik apriori.
Nama : Marisa nussliyanti
ReplyDeleteNpm : 0914410074
Kelas: 7 A2
MATEMATIKA ADALAH ILMU JIKA di bersifat sintesit apriori yang yang dibagun atas “instusi dan logika”
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteNama: Dede Rostianah
DeleteKelas : A4
NPM: 10144100193
saya masih bingung, dengan pernyataan "Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak". mohon untuk dijelaskan ya pak, terima kasih sebelumnya.
nama: endang lestari
Deletekelas: VII A2
npm: 09144100076
matematika merupakan ibu dari semua ilmu dimana matematika berasal dari bahasa latin yaitu manthanein atau mathema yang artinya belajar atau hal yang dipelajari,,yang mana matematika merupakan ilmu pasti..
ardiani pratiwi
ReplyDelete09144100009
7A1
matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
hal ini menjadi daya tarik yang bisa kita jadikan sebagai pemicu kreatifitas sebagai seorang pendidik. dengan keunikan sifat yang dimiliki oleh matematika, tidaklah menutup keungkinan bahwa akan muncul banyak diskusi menarik tentang matematika. sudah saatnya kita sadari bahwa hal yang dekat sekali dengan kita justru kadang terabaikan begitu saja. inilah kita, calon tenaga kependidikan..
nama : rini harti
ReplyDeletenim : 09144100149
kelas : a4 / 7
matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.
Apa definisi ilmu itu sendiri?
ReplyDeleteMatematika adalah sebuah ilmu.
Ilmu terbentuk karena manusia selalu berusaha berfikir lebih jauh tentang pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu itu dilakukan dan digunakan secara berulang-ulang oleh manusia sesuai dengan tempat, waktu dan kebutuhannya.
Nama: Nurul Safitri
ReplyDeleteKelas: 7a1
NPM: 09144100029
Apa definisi ilmu itu sendiri?
Matematika adalah sebuah ilmu.
Ilmu terbentuk karena manusia selalu berusaha berfikir lebih jauh tentang pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu itu dilakukan dan digunakan secara berulang-ulang oleh manusia sesuai dengan tempat, waktu dan kebutuhannya.
Ilmun adalah jawaban dari pertanyaan. Dan ilmu akan berkemabang bahkan akan mengalami perubahan karena adanya"proses pencarian" oleh manusia.
Nama : Hanik Setiyaningsih
ReplyDeleteNPM : 10144100023
Kelas : A1
Matematika berasal dari bahasa Yunani yang memiliki pengertian sebagai studi dbesaran, struktur, ruang, dan perubahan. Konsep dalam matematika sangat abstrak. Menurut Juhaya S. bahwa ilmu itu mempunyai kriteria antara lain adanya kesesuaian antara konsep dengan benda sebenaranya. Sementara pada matematika antara konsep dan benda sebenarnya tidak ada kesesuaian. Dengan demikian disimpulkan bahwa matematika bukan merupakan ilmu.
Pendidikan matematika dapat diartikan sebagai usaha sadar atau terencana dari pendidik untuk memberi pengalaman atau pemahaman kepada anak didik tentang obyek-obyek matematika. Obyek matematika antara lain konsep, fakta, dan prinsip.
Berdasarkan definisi di atas dapat dikatakan bahwa agar anak didik mengalami peningkatan pemahaman tentang obyek-obyek matematika maka oleh pendidik mutlak membutuhkan suatu ilmu, yaitu ilmu pendidikan matematika. Dengan demikian pendidikan matematika merupakan ilmu.
Nama : Yopin Saputri
ReplyDeleteKelas : A4
NPM : 10144100196
Matematika akan menjadi ilmu jika dibangun dalam intuisi. Sedangkan Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Matematika kan menjadi ilmu apabila ia dipelajari berulang-ulanng kapan saja dan dimana saja. Jadi ilmu itu tidak berbatas hanya dengan materi namun juga dalam keadaan apapun.
Nama :Auliya Rahmah
ReplyDeleteKelas :A3
NPM : 09144100095
Saya mengambil kalimat dari alegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu: Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk bertanya, apa yang bisa membuat matematika itu bukan suatu ilmu.
Nama :Auliya Rahmah
ReplyDeleteKelas :A3
NPM : 09144100095
Saya mengambil kalimat dari alegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu: Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk bertanya, apa yang bisa membuat matematika itu bukan suatu ilmu.
Nama :Auliya Rahmah
ReplyDeleteKelas :A3
NPM :09144100095
Saya mengambil kalimat dari alegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu: Menurut Kant, matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu. Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk bertanya, apa yang bisa membuat matematika itu bukan suatu ilmu.
nama: prita diah palupi
ReplyDeletenpm: 09144100111
kelas: 7A3
Matematika akan menjadi ilmu jika konsep matematika dibangun dalam intuisi ruang dan waktu. Bangunan konsep matematika berdasarkan intuisi ruang dan waktu akan menghasilkan matematika sebagai ilmu yang bersifat sintetik a priori. Menurut Kant, ilmu pengetahuan mengandung tanggapan-tanggapan yang memberi pengetahuan baru, artinya mengandung tanggapan-tanggapan sintetik. Tetapi ilmu pengetahuan juga mengandung tanggapan-tanggapan yang bersifat umum, artinya mengandung tanggapan-tanggapan a priori. Tanggapan-tanggapan a posteriori sesungguhnya tergantung pada pengalaman yang senantiasa berubah-ubah, karena itu tidak mungkin bersifat umum, sehingga dapat disimpulkan tanggapan-tanggapan sintetik a priori merupakan syarat untuk adanya ilmu pengetahuan.
Nama : Tutut Sulistyo Putri
ReplyDeletekelas : A4
NPM : 09144100148
kata kant : Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Kata ku: Matematika adalah sebuah ilmu ketika kita membutuhkan matematika itu sendiri.. yang bisa diterapkan dalam kehidupan.
Nama : Oktaviani
ReplyDeleteKelas : A4
Npm : 09144100133
Matematika bisa menjadi ilmu tetapi bisa tidak. Matematika akan menjadi ilmu jika dia dibangun di atas INTUISI. Saya sangat setuju dengan kata-kata ini. Menurut saya matematika akan menjadi sebuah ilmu ketika berguna dan diterapkan dalam kehidupan kita. Jika dia hanya sebuah pengetahuan yang tidak digunakan atau diterapkan dia bukan merupakan ilmu.
nama : Tri Haryani
ReplyDeletekelas : A4
NPM : 09144100133
saya sangat setuju dengan pendapat kant. saya suka dengan pendapatnya yang mengatakan Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
Nama : Ari Dwi Astuti
ReplyDeleteKelas : A3
NPM : 09144100106
matematika bisa dikatakan ilmu atau tidak tergntung sudut pandang masing-masing filsafawan melihatnya, menurut kant matematika akan menjadi ilmu jika dia dibangun diatas intuisi.Menurut Kant, hakekat Intuisi tidak lain tidak bukan adalah Ruang dan Waktu.Jadi Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu.Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI". jadi kemungkinan menurut kant bahwa matematika adalah ilmu
Nama : Ismiyati
ReplyDeleteNPM : 09144100035
Kelas : A1
Menurut saya matematika itu Ilmu, karena matematika itu adalah induk dari segala ilmu eksak yang lain.
nama: oko setyawan
ReplyDeleteNPM: 09144100078
kelas: A2
Menrut saya matematika itu adalah ilmu karena matematika sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak lepas dari aktivitas manusia.
Nama : Astri Ayomi
ReplyDeleteKelas : A3
NPM : 10144100114
menurut saya matematika adalah ilmu yang dibangun diatas ruang dan waktu tetapi tidak bisa hanya ruang atau waktu saja. Oleh karena Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI".
Chatarina Sinta Krisnawati
ReplyDelete09144100063
7A2
matematika bisa menjadi Ilmu tetapi bisa tidak,
ini merupakan salah satu kalimat yang bisa benar-benar kita cari kebenarannya
Margaretha Retno Anggraeni
ReplyDelete09144100028
7A1
Matematika menurut saya adalah Ilmu, karena matematika ilmu yang dapat kita pelajari dan juga ilmu yang sudah kita kenal tanpa proses belajar, karena dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari ilmu matematika.
Nama : Hanif Nurhalimah
ReplyDeleteNPM : 10144100122
Kelas: A4-VII
Matematika dapat disebut ilmu namun juga dapat disebut bukan ilmu. Matematika disebut ilmu jika ia dibangun di atas intuisi. Artinya, matematika akan menjadi ilmu jika ia di bangun di dalam kerangka ruang dan waktu. Ini berarti bahwa matematika dapat dikatakan sebagai ilmu jika ia bersifat sintetik a priori.
Itulah yang dapat saya serap dari artikel "Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?" tulisan dari Dr Marsigit,MA yang saya baca ini.
terimakasih. :)
INDAH PUSPITA DEWI (09144100027)
ReplyDelete7A1
Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI"
Sri Lestari Wahyu Anggraeni
ReplyDelete09144100151
7A4
matematika itu akan menjadi ilmu jika diletakkan di atas intuisi. jika bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
matematika merupakan ilmu yang disusun atas intuisi ruang dan waktunya, dan yang pasti dengan keteraturannya.
ReplyDeleteFarida Ulfah
09144100089
VII A2
Nama : Novika Ratna Nuriani
ReplyDeleteNPM : 09144100026
Semester : VII A1
Dari pernyataan Immanuel Kant di atas dapat disimpulkan bahwa matematika akan menjadi ilmu jika bersifat sintetik apriori. Sintetik apriori terjadi saat konsep-konsep itu diterapkan untuk masalah yang sesuai dengan ruang dan waktunya seorang pengguna matematika. Jika kita hanya memandang matematika hanya sebagai ilmu yang menggunakan penalaran tanpa pengalaman maka kita kan menciptakan jurang pemisah antara matematika dan kehidupan kita.
NAMA; ILHAM SANJAYA
ReplyDeleteNPM; 09144100062
KELAS 7A2
Matematika bisa menjadi sebuah ilmu, bisa juga bukan sebuah ilmu. untuk menjadikan matematika itu sebuah ilmu, maka matematika harus dibangun dalam kerangka ruang dan waktu. Yang dimaksud ruang dan waktu disini menurut saya adalah kehidupan sehari-hari, jadi cara menjadikan matematika itu menjadi sebuah ilmu yaitu dengan mengaplikasikan matematika dalam dunia yang nyata.
nama : Dwi Lestari
ReplyDeletenpm : 10144100215
kelas : A4/VII
Menurut saya matematika adalah ilmu. Karena ilmu adalah hal yang dapat bermanfaat. Dan matematika bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berkaitan dengan matematika.
Nama : Chusniatun
ReplyDeleteNPM : 09144100014
Semester/Kelas : VII/A1
Matematika sebagai Ilmu harus dibangun di dalam Intuisi Ruang dan Waktu maka pada akhirnya Kant menyimpulkan bahwa "Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat SINTETIK A PRIORI dan matematika bukan sebagai Ilmu maka dia tidak memberikan informasi apapun kecuali tentang KONSISTENSI yang ada pada dirinya
Nama : Ika Lilik Zulfah
ReplyDeleteNPM : 09144100033
Kelas: VII A1
Matematika adalah ilmu dari segala ilmu, sebab semua ilmu mencakup nilai matematika.
Nama: Esi Nofi Rahmawati
ReplyDeleteNPM : 09144100017
Kls : VII A1
matematika adalah ibunya semua ilmu-ilmu karena ILMU MATEMATIKA selalu ada di kehidupan sehari-hari dari kita lahir hingga mati ilmu matematika selalu digunakan..
SITI ZAHIROTUSSADIYAH
ReplyDelete09144100088
7A2
Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di dalam kerangka Ruang dan Waktu. Itu berarti matematika terikat pada semestanya dan selalu berkembang.
nama:nurhidayah
ReplyDeletenpm:09144100124
kelas:VII A3
Matematika akan menjadi Ilmu jika dibangun di atas INTUISI, sedangkan hakekat intuisi itu adalah ruang dan waktu. Jadi matematika akan menjadi ilmu jika dibangun dengan kerangka ruang dan waktu.