My Blog List

Thursday 18 March 2010

Pembelajaran "Opend Ended"

Pembelajaran yang Open Ended atau Opend Ended Aproach adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk berfikir kreatif, inovatif, luas, sesuai dengan situasi dan kemampuan individu masing-masing siswa. Bagaimana caranya agar Pembelajaran yang Opend Ended ini berlangsung dengan baik?
Dalam Pembelajaran Opend Ended, sebisa mungkin dihindarkan untuk membatasi siswa. Artinya siswa diberi kebebasan dalam melakukan analisis, menggunakan cara yang ia suka dan kuasai. Dengan demikian guru dituntut untuk dapat memberikan kebebasan. Kebebasan artinya justifikasi benar atau salah dari guru sebisa mungkin dihindarkan. Artinya pembelajaran dipandang sebagai sebuah proses yang mana setiap siswa adalah sedang dalam proses menuju tingkat pemahaman yang lebih tinggi.
Agar pembelajaran ini berjalan sesuai rencana maka dalam penyampaian dalam kegiatan pembelajaran guru harus melibatkan murid secara penuh. Pertanyaan yang disusun pun adalah pertanyaan yang memilki banyak alternatif jawaban. Yang nantinya dengan sendirinya akan semakin mengerucut ke topik tertentu dan membahas hal tertentu sesuai dengan Standard Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK dan KD)

No comments:

Post a Comment